Analisis Capaian Siswa Indonesia pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi

  • Susilahudin Putrawangsa Universitas Islam Negeri Mataram
  • Uswatun Hasanah Universitas Nahdlatul Ulama NTB
Keywords: Literasi Baca, Literasi Matematika, PISA 2018

Abstract

Salah satu program yang diikuti oleh pemerintah Indonesia untuk mengukur daya saing siswa Indonesia adalah melalui Programme for International Student Assessment (PISA). Bagaimana trend capaian siswa Indonesia pada PISA? Sejauh mana perubahan kurikulum berdampak pada hasil PISA siswa Indonesia? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan diulas dalam kajian ini. Pembahasan pada kajian ini difokuskan pada dua aspek pengukuran PISA, yaitu literasi baca (reading) dan literasi matematika (mathematics). Temuan dari penelitian ini menegaskan bahwa secara umum hasil PISA siswa Indonesia sejak PISA 2000 hingga PISA 2018 pada aspek membaca dan matematika menunjukkan trend yang menurun dan masih jauh dari standar minimum untuk dapat menjadi warga negara yang mempu berpartisipasi secara aktif dan konstruktif dalam pembangunan peradaban. Perubahan kurikulum selama ini tidak mampu berbuat banyak untuk mendongkrak kemampuan literasi baca dan metematika siswa Indonesia. Bahkan perubahan kurikulum tersebut berdampak negatif terhadap hasil PISA, dimana trend hasil PISA siswa Indoensia pada aspek baca dan matematika sejak tahun 2000 hingga 2018 menunjukkan trend yang menurun meskipun telah tiga kali perubahan kurikulum selama periode tersebut. Oleh karena itu, pemerintah perlu mengkaji dan melakukan perubahan kurikulum secara radikal yang menitikberatkan pada penguatan aspek Literasi baca dan literasi matematika (numerasi) siswa.

References

Kharizmi, M. (2021). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. Jurnal Ragam, 2(3).

Mo, J. (2019). How does PISA define and measure reading literacy? https://doi.org/doi:https://doi.org/10.1787/efc4d0fe-en

Manurung, L. (2019). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(2), 88-95.

OECD. (2019a). Country Note of Programme for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2018: Indonesia OECD. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

OECD. (2019b). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.1787/b25efab8-en

OECD. (2019c). PISA 2018 Results (Volume I). https://doi.org/doi:https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Strategi dan tingkat kepekaan bilangan siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah operasi bilangan bulat. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 15-28.

Putrawangsa, S., & Syawahid, M. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222-240. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121

Published
2022-03-29