Inovasi Buku Panduan Ruang Metamorfosa dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Norma Sosial Melalui Values Clarification Technique (VCT)

  • Fadhilah Aini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurul Husna UIN Sunan Gunung Djati, Bandung
Keywords: Inovasi Pendidikan, Buku Panduan, Norma Sosial, Values Clarification Technique (VCT)

Abstract

Abstrak: Pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter dan pemahaman norma sosial siswa. Studi ini memperkenalkan inovasi buku panduan "Ruang Metamorfosa", yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang norma sosial melalui Values Clarification Technique (VCT). Mengakui peran penting pendidikan dalam membentuk karakter dan kesadaran sosial siswa, buku panduan ini berfungsi sebagai alat pembelajaran interaktif dan reflektif. Buku ini menggabungkan studi kasus, kuis, dan diskusi kelompok yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, memungkinkan siswa untuk menghubungkan norma sosial dengan nilai-nilai pribadi mereka. Penelitian ini, menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, berfokus pada pengembangan dan evaluasi buku panduan terhadap pemahaman siswa mengenai norma sosial. Uji skala kecil dilakukan terhadap siswa di SD EKO Pasantren, Daarut Tauhiid di Bandung. Temuan menyoroti efektivitas buku panduan dalam mempromosikan keterlibatan aktif, pemikiran kritis, dan internalisasi norma sosial melalui media terintegrasi dan strategi VCT. Inovasi ini tidak hanya memberikan informasi tetapi juga mendorong siswa untuk mengeksplorasi dan mengklarifikasi nilai-nilai mereka, menumbuhkan pemahaman yang lebih dalam tentang harapan sosial dan perilaku bertanggung jawab di dalam masyarakat.

References

Adi, S. S., Rafky, S. R., & Ichsan, F. R. (2024). Peran Guru Dan Pendidikan Dalam Menumbuhkan Literasi Digital Dan Mendukung Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik , 1(3), 360–370. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jmia.v1i3.1462

Ahmad, S. (2019). Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen dalam pandangan Islam. El-Faqih : Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam, 5(1), 96–113. https://doi.org/10.29062/faqih.v5i1.54

Apriliani, Z. R. A., Riche, C. J., & Dadi, M. (2022). Inovasi Pembelajaran Sebagai Upaya Menyelesaikan Problematika Pendidikan Indonesia. Inovasi Kurikulum, 19(1), 44–53. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.42679

Arrahman, S., & Iqbal, M. (2023). Penanaman Nilai Norma Sosial dalam Menghadapi Westernisasi di Kehidupan Modern. AL Balagh: Jurnal Komunikasi Islam , 7(2), 1–12. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/balagh/index

Efridawati, H. (2023). PeranLingkungan Sosial Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Belajar Peserta Didik Di MIN 2 Padangsidimpuan. Dirasatul Ibtidaiyah, 3(1), 46–58.

Farisa Nalva, M., Yusuf, M. T., & Muhammad, A. (2019). Penerapan Pendekatam Value Clarification Teachnique (VCT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di SMA Negeri 1 Tikke Raya Kab. MAju Utara. Jurnal Ilmu Tarbiah , VIII(2), 239–251.

Kanisius, S. (2017). Media Visual dan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 160–171.

Lubis, N., Lbs, R. A., & Soraya, A. (2023). Penguatan Norma Perhadap Prilaku Peserta Didik Melalui Profil Pancasila di Kelas V SDN 098 Pidoli Mandaling Natal. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 20–29. https://jurnal.unupurwokerto.ac.id/index.php/pendasi/index

Maula, I., Irwandi, Avid, L. S., Dorce, S. S., & Rolly H. S. Rondonuwu. (2023). Pendidikan untuk Pemerataan Pembangunan: Memperjuangkan Hak Semua Anak. Journal on Education, 05(04), 13153–13165.

Mulkul, F. N., M, Y. T., & Muhammad, A. (2019). Penerapan Pendekatan Value Clarification Technique (VCT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di SMA Negeri 1 Tikke Raya Kab. Mamuju Utara. Juenal Ilmu Sosial, 8(2), 239–251.

Ningrum, O. :, & Rahayu, N. (2024). Analisis Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara Sebagai Landasan Di SekolahDasar Untuk Mencapai Terciptanya Joyfullearing. JMA), 2(12), 3031–5220. https://doi.org/10.62281

Nurazizah, N. S., & Supriyadi. (2024). Inovasi Penerapan Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di Pkbm Bina Cipta Ujungberung. Rayah Al-Islam, 8(4), 1658–1669. https://doi.org/10.37274/rais.v8i4.1115

Primayana, K. H., Lasmawan, W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72–79. http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/index

Rina, R. (2020). Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Al Tarbiah: Jurnal Pendidikan, 30(2), 111–123.

Saragih, C. S. (2023). Implementasi Nilai Pendidikan Pancasila Di Era Digital Pada Siswa SDN 101964 Jaharun A Kecamatan Galang. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(3), 41–51. https://doi.org/https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i3.273

Sara, P. T., & Mawardi. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Value Clarification Teachnique dalam Mengembangkan Sikap Siswa. Satya Widya, 32(2), 103–116.

Slamet, S. R., Daryono, G., Lelono, G., Olivia, F., Arianto, H., Puspita, A. I., Rizqi, R. C., & Aristi, F. A. (2024). Nilai dan Norma Sebagai Dasar Membangun Karakter. Jurnal Abdimas , 10(1), 75–85.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48.

Syamsul, A. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Multilateral, 16(1), 78–92. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Syintya, M., Syamsir, Eneline, R. V., Ulta, S. P., & Gading, N. N. (2023). Peran Budaya Dalam Membentuk Norma Dan Nilai Sosial: Sebuah Tinjauan Terhadap Hubungan Sosial dan Budaya. Jurnal Ilmu Ilmu Sosial , 3(11), 1–12.

Tri Haryanto, J. (2014). Local Wisdom Supporting Religious Harmony in Tengger Community, Malang, East Java, Indonesia. Jurnal Analisa, 21(2), 201–213.

Ulfah, N. S., & Andoyo, S. (2021). Penerapan Model VCT (Value Clarification Technique) dalam Pembelajaran Menulis Argumentasi Di Era Society 5.0. LITERASI Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Indonesia, 11(1), 30–42.

Published
2025-02-25