PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat dunia pendidikan berevolusi menjadi lebih luwes. Perkembangan media sosial membuat kinerja menjadi lebih cepat, tepat, dan akurat, sehingga dapat meningkatkan produktivitas yang dihasilkan. Salah satu yang menjadi pengguna media sosial terbanyak saat ini adalah para pelajar atau siswa atau mahasiswa. Karena dengan menggunakan media sosial, para siswa dapat dengan mudah berkomunikasi jarak dekat maupun jauh tanpa harus terbatas ruang dan waktu untuk berjumpa. Dengan perkembangannya yang sangat pesat, sehingga menjadikan media sosial sebagai media pembelajaran yang banyak digunakan oleh pendidik saat ini. Selain untuk memanfaatkan keberadaan media sosial, juga untuk mengeksplorasi kreativitas dalam mengembangkan pembelajaran yang lebih efektif dan fleksibel.
References
Anwar, A. S., Leo, K., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Abad 21 Melalui Media Sosial. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3044–3052. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V5i8.795
Apriansyah. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Di Sumsel. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 1(2).
Clark, R. C., & Mayer, R., E. (2008). E-Learning And The Science Of Instruction (Second Edition). Pfeiffer.
Dina Dahniary Solekah & Siri Wahyuni, “Pemanfaatan Media Sosial dalam Proses Pembelajaran di SMPN 1 Mojo Kediri”, Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJES), Vol. 2, No. 1, Juni 2019.
İşman, A., Çaglar, M., Dabaj, F., & Ersözlü, H. (2005). A New Model For The World Of Instructional Design: A New Model. Turkish Online Journal Of Educational Technology - Tojet, 4(3).
Jati, P. P. (2016). Pt . First Position Group. Pengaruh, Analisa Whatsapp, Aplikasi Kinerja, Terhadap Pada, Karyawan. Https://Bahankuliahkomputer.Files.Wordpress.Com/2016/04/Analisa-Pengaruh-Aplikasi-Whatsapp.Pdf
Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial Beserta Implikasinya Ditinjau Dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36–44. Https://Doi.Org/10.22146/Buletinpsikologi.22759
Nasrullah, R. (2016). Media Sosial (Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi). Pt Remaja Rosdakarya.
Nation. (2001). Pengaruh Media Sosial Bagi Proses Belajar Siswa. Journal Of The American Chemical Society, 123(10), 2176–2181. Https://Cursa.Ihmc.Us/Rid=1r440pdzr-13g3t80-2w50/4. Pautas-Para-Evaluar-Estilos-De-Aprendizajes.Pdf