EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan dan Pembelajaran https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika <p>EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan dan Pembelajaran</p> en-US gunawansupiarmo@gmail.com (M. Gunawan Supiarmo) jurnaledupedika@gmail.com (Edupedika) Thu, 20 Feb 2025 12:00:21 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V MI NW Majuwet https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika/article/view/145 <p>Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul etnomatematika berbasis budaya lombok yang teruji validitas isi dan respon pengguna yang baik. Jenis penelitian ini adalah <em>Research and Development</em> (R&amp;D), berdasarkan model penelitian dan pengembangan 4D. Tahapan yang dilakukan yaitu tahap pendefinisian (<em>Define</em>), tahap perencanaan (<em>Design</em>), tahap pengembangan (<em>Develop</em>), dan tahap menyebaran (<em>Disseminate</em>). instrument pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi lembar validasi, angket minat minat belajar, lembar angket respon pengguna dan guru. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis validitas ahli media dan materi, analisis uji keefektifan dan analisis respon siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul Modul Berbasis Pendekatan <em>Contextual Teaching and Learning</em> dinyatakan valid berdasarkan uji validitas. Hasil analisis data ahli materi memperoleh hasil 92 dengan kategori sangat valid, ahli media memperolaeh hasil 97 dengan kategori sangat&nbsp; valid, uji coba skala kecil 94% dengan kriteria sangat setuju, ujicoba skala besar 95,4% dengan kriteria sangat setuju, uji kepraktisan oleh guru 98% dengan kriteria sangat praktis dan hasil nilai rata-rata uji keefektifan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap minat belajar siswa setelah menggunakan modul dalam proses pembelajaran yaitu 91,6 dalam kategori sangat efektif. Sehinga dapat disimpulkan bahwa Modul Berbasis Pendekatan <em>Contextual Teaching and Learning</em> ini layak digunakan.</p> Sabahul Khair Copyright (c) 2025 EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan dan Pembelajaran https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika/article/view/145 Thu, 20 Feb 2025 09:17:56 +0000 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Inkuiri Terbimbing Tema Ekosistem Kelas V SDN 01 Teko https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika/article/view/146 <p>Hasil pembelajaran yang telah dilakukan diperoleh bahwa permasalahan siswa belum menguasai hasil pembelajaran materi menganalisis hubungan antar kompon enekosistem dan jaring makanan di lingkungan sekitar. Penelitian dilakukan melalui serangkaian kegiatan yang berupa siklus yang mengacu pada model spiral dari Kemmis dan Tagart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berdampak positif dalam upaya meningkatkan hasil belajar baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Hasil penelitian upaya meningkatkan hasil belajar siswa tema Ekosistem melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas V SDN 01 Teko menunjukkan aspek kognitif meningkat dariprasiklus diperoleh sebesar 25%, siklus I diperoleh sebesar 55%, dan siklus II diperoleh sebesar 80%. Hasil belajar afektif ditunjukkan dengan peningkatan positif keaktifan dan tanggung jawab siswa terhadap penugasan. Pada ranah psikomotorik, model pembelajaran inkuirimampu meningkatkan keterampilan merumuskan masalah dan berhipotesis, mengumpulkan data, menyimpulkan, dan mengkomunikasikan temuan.</p> Howin Hendria Santana Copyright (c) 2025 EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan dan Pembelajaran https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika/article/view/146 Thu, 20 Feb 2025 09:26:06 +0000 Impelementasi Kurikulum Mardeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Siswa https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika/article/view/148 <p>Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan fokus pada pengembangan karakter dan kompetensi siswa, termasuk aspek spiritual, moral, sosial, dan emosional, melalui pendekatan yang fleksibel dan relevan pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Mata pelajaran PAI mendukung pembentukan karakter siswa dengan menekankan nilai-nilai integritas, kejujuran, dan kepedulian. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah metode kepustakaan (library research), yang berfokus pada pengumpulan dan analisis data dari berbagai referensi seperti buku, artikel, dokumen, dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas bagi guru dalam mengembangkan pembelajaran yang berfokus pada kompetensi, karakter, dan kreativitas siswa, terutama dalam membentuk nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran PAI yang meliputi elemen-elemen penting seperti Al-Qur’an Hadis, akidah, akhlak, fikih, dan sejarah peradaban Islam. Kurikulum ini membantu siswa tidak hanya menguasai materi agama, tetapi juga mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, sehingga membentuk karakter yang religius, bertanggung jawab, dan peduli terhadap sesama dan alam sekitar.</p> M. Turmuzi Tahir Copyright (c) 2025 EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan dan Pembelajaran https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika/article/view/148 Thu, 20 Feb 2025 09:27:28 +0000 Mendorong Peranan Orang Tua dalam Memaksimalkan dan Mendukung Perkembangan Anak pada Usia Dini https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika/article/view/142 <p>Peran orang tua merupakan faktor penting dalam proses tumbuh kembang anak. Orang tua berperan dalam memastikan anak sehat dan aman dengan menyediakan sarana dan prasarana untuk mengembangkan keterampilan dan karakter sosial dan media untuk menanamkan nilai-nilai sosial dan budaya sedini mungkin. Orang tua memberikan kasih sayang, penerimaan, penghargaan, pengakuan, dan arahan atau bimbingan kepada anaknya. Hubungan antara orang tua dan anak sangat penting untuk membangun kepercayaan pada orang lain dan diri sendiri. Hal ini juga dapat membantu perkembangan sosial, emosional dan kognitif anak. Penelitian menunjukkan bahwa hubungan orangtua-anak yang hangat, terbuka, dan komunikatif; memiliki batasan usia yang wajar; dan mengkomunikasikan mengapa anak tidak boleh melakukan sesuatu akan meningkatkan kepercayaan diri dan prestasi di sekolah dan masyarakat.</p> Marsahip Copyright (c) 2025 EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan dan Pembelajaran https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika/article/view/142 Thu, 20 Feb 2025 00:00:00 +0000 Peran Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika/article/view/147 <p>Penelitian ini bertujuan guna menganalisis peran permainan tradisional dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Penelitian ini mempergunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode studi literatur atau kepustakaan.&nbsp; Data yang didapatkan bersumber dari hasil penelitian, buku, dan data yang relevan, selanjutnya literatur dan hasil tersebut dideskripsikan atau dianalisis kembali. Adapun jumlah literatur yang digunakan yaitu 8. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwasanya permainan tradisional berperan penting dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini. Keterkaitan permainan tradisional terhadap sosial emosional anak usia dini terlihat berdasarkan peningkatan kemampuan interaksi dengan lingkungan social, teman sebaya, keterampilan membangun hubungan dengan lingkungan.</p> Mashar Copyright (c) 2025 EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan dan Pembelajaran https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika/article/view/147 Thu, 20 Feb 2025 09:26:57 +0000 Inovasi Buku Panduan Ruang Metamorfosa dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Norma Sosial Melalui Values Clarification Technique (VCT) https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika/article/view/140 <p><strong>Abstrak</strong>: Pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter dan pemahaman norma sosial siswa. Studi ini memperkenalkan inovasi buku panduan "Ruang Metamorfosa", yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang norma sosial melalui Values Clarification Technique (VCT). Mengakui peran penting pendidikan dalam membentuk karakter dan kesadaran sosial siswa, buku panduan ini berfungsi sebagai alat pembelajaran interaktif dan reflektif. Buku ini menggabungkan studi kasus, kuis, dan diskusi kelompok yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, memungkinkan siswa untuk menghubungkan norma sosial dengan nilai-nilai pribadi mereka. Penelitian ini, menggunakan pendekatan Research and Development (R&amp;D) dengan model ADDIE, berfokus pada pengembangan dan evaluasi buku panduan terhadap pemahaman siswa mengenai norma sosial. Uji skala kecil dilakukan terhadap siswa di SD EKO Pasantren, Daarut Tauhiid di Bandung. Temuan menyoroti efektivitas buku panduan dalam mempromosikan keterlibatan aktif, pemikiran kritis, dan internalisasi norma sosial melalui media terintegrasi dan strategi VCT. Inovasi ini tidak hanya memberikan informasi tetapi juga mendorong siswa untuk mengeksplorasi dan mengklarifikasi nilai-nilai mereka, menumbuhkan pemahaman yang lebih dalam tentang harapan sosial dan perilaku bertanggung jawab di dalam masyarakat.</p> Fadhilah Aini, Nurul Husna Copyright (c) 2025 EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan dan Pembelajaran https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika/article/view/140 Tue, 25 Feb 2025 00:00:00 +0000