https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/issue/feed KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 2025-12-02T02:19:09+00:00 Muhamad Akrom admin@pelitanusa.or.id Open Journal Systems <p>KOMUNITA adalah jurnal yang menerbitkan karya ilmiah dalam bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Terbit 4 kali setahun yaitu bulan <strong>Februari, Mei</strong>, <strong>Agustus, dan November</strong></p> https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/236 Edukasi Pembuatan Eco Enzyme dari Limbah Kulit Kopi untuk Pemberdayaan Kelompok Tani Alir Coffee 2025-11-29T03:37:12+00:00 Cucuk Evi Lusiani lusiani1891@polinema.ac.id Heny Dewajani heny.dewajani@polinema.ac.id Sigit Hadiantoro sghpolinema@yahoo.co.id Rosita Dwi Chrisnandari rositadwi86@polinema.ac.id Kadek Suarjuna Batubulan kadeksuarjuna87@polinema.ac.id Shabrina Adani Putri shabrina.polinema@gmail.com <p>Alir Coffee adalah sebuah bisnis yang bergerak dalam pengolahan kopi yang mengelola semua aktivitas pertanian seperti budidaya kopi, pemrosesan, hingga pemasaran. Salah satu kelompok tani Alir Coffee adalah Kelompok Tani Kopi Lereng Arjuna yang terletak di Desa Ketindan, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Wilayah Malang yang mencakup Kecamatan Lawang memiliki topografi yang menguntungkan untuk budidaya kopi sehingga cocok untuk mengembangkan bisnis ini. Namun, kelompok tani Lereng Arjuna menghadapi permasalahan tentang manajemen limbah, terutama limbah dari produk samping pengolahan kopi, yaitu kulit kopi. Salah satu alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengolah limbah kulit kopi menjadi <em>eco enzyme</em>, yang memiliki banyak manfaat. Sebagai bentuk Pengabdian pada Masyarakat (PPM), Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Malang (Polinema) mengadakan bimbingan teknis sebagai bentuk edukasi dalam membuat <em>eco enzyme</em> dari limbah kulit kopi untuk kelompok tani yang bermitra dengan Alir Coffee di Desa Ketindan, Kecamatan Lawang. Kegiatan ini sejalan dengan Rencana Strategis Polinema (Renstra Polinema 2021–2025) yang bertujuan untuk menciptakan iklim bisnis bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) termasuk kelompok tani Alir Coffee. Melalui kegiatan &nbsp;ini, para peserta diharapkan mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru tentang pemanfaatan limbah kopi menjadi <em>eco enzyme</em> sebagai solusi terhadap masalah lingkungan serta penguatan kolaborasi dengan pihak eksternal. Dengan cara ini, kelompok petani diharapkan mampu menghadapi tantangan pengelolaan limbah dan mempertahankan keberlanjutan industri kopi di masa depan. Kegiatan PPM dilaksanakan dengan lancar dari Juni hingga Agustus 2024. Para peserta sangat antusias dalam pelajaran praktis tentang pembuatan enzim ramah lingkungan melalui metode fermentasi langsung.</p> 2025-11-05T11:32:05+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/250 Pemberdayaan Kelompok Guru Sekolah Dasar Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui NICE (Nusantara Interactive E-Comic Berbasis Android) 2025-11-29T03:37:06+00:00 Wahju Tjahjo Saputro tsaputro@umpwr.ac.id Arum Ratnaningsih arum@umpwr.ac.id Teguh Wibowo riawanyudi@umpwr.ac.id Riawan Yudi Purwoko riawanyudi@umpwr.ac.id Jayanti Putri Purwaningrum jayanti_putri@umk.ac.id <p>Kemampuan numerasi merupakan bagian penting dari literasi dasar yang harus dimiliki siswa untuk menghadapi berbagai permasalahan kehidupan nyata. Namun, hasil asesmen nasional dan studi internasional seperti PISA menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah pendekatan pembelajaran yang belum kontekstual dan minim penggunaan media yang relevan dengan kehidupan siswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan kelompok guru sekolah dasar dalam mengembangkan pembelajaran numerasi berbasis konteks budaya lokal melalui media NICE (Nusantara Interactive E-Comic Berbasis Android). Kegiatan dilaksanakan di SDN Sindurjan, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, selama enam bulan, dengan melibatkan 11 guru sebagai peserta. Metode pelaksanaan terdiri dari empat tahapan utama: observasi dan identifikasi kebutuhan, pelatihan penggunaan media NICE, pendampingan implementasi di kelas, serta evaluasi terhadap hasil pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam menyusun dan menerapkan pembelajaran numerasi kontekstual berbasis media digital dan etnomatematika. Siswa menunjukkan ketertarikan lebih tinggi terhadap materi numerasi, serta keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Pemberdayaan guru melalui pendekatan praktik langsung (learning by doing), penggunaan media berbasis budaya, dan pendampingan berkelanjutan terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Media NICE juga mendorong kolaborasi antar guru melalui komunitas belajar yang terbentuk selama kegiatan. Program ini menunjukkan bahwa pembelajaran numerasi yang menyenangkan, kontekstual, dan relevan sangat mungkin diwujudkan melalui inovasi berbasis teknologi dan lokalitas.</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/257 Edukasi Cerdas Finansial: Pemberdayaan Siswa Melalui Edukasi Keuangan Sebagai Kemampuan Mengelola Uang Saku Di SMP Wahid Hasyim Glagah Lamongan 2025-11-29T03:37:04+00:00 Feni Yulianita Kusumawati feniyulianita8@gmail.com Fitriya Anjelina auliananda343@gmail.com Nanda Aulia Insani anjelinafitriya@gmail.com Evi Dwi Kartikasari evican91@gmail.com Achmad Farid Dedyansyah fariddedyansyah@ahmaddahlan.ac.id <p>Kemampuan dalam mengelola keuangan pribadi adalah keterampilan esensial yang perlu ditanamkan sejak usia remaja, khususnya pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini bertujuan meningkatkan literasi keuangan siswa kelas 8 di SMP Wahid Hasyim Glagah, Kabupaten Lamongan, melalui program edukasi dan sosialisasi mengenai pengelolaan uang saku yang bijak. Berdasarkan observasi awal, mayoritas siswa menunjukkan perilaku konsumtif yakni kurang memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, serta belum terbiasa menabung meskipun mereka menerima uang saku dalam jumlah yang cukup. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah penyuluhan interaktif dan diskusi partisipatif yang dilaksanakan selama satu bulan yakni pada bulan Mei 2024. Kegiatan terdiri dari empat tahapan utama: persiapan, edukasi, pelatihan, evaluasi dan refleksi . Hasil dari kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan kesadaran siswa dalam mengelola uang saku secara efektif. Siswa mulai mampu membuat perencanaan pengeluaran, mencatat penggunaan uang, serta menumbuhkan kebiasaan menabung. Edukasi ini memberikan dampak positif dalam membentuk perilaku finansial yang sehat dan bertanggung jawab sejak dini, serta menjadi pondasi kemandirian ekonomi di masa depan</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/262 Implementasi Aplikasi Cegah dan Rawat Stroke dalam Pencegahan dan Penanganan Stroke Berbasis Masyarakat 2025-11-29T03:37:02+00:00 Amila Amila mila_difa@yahoo.co.id Evarina Sembiring evarinasembiring123@gmail.com Immanuel Hormat Gunawan faisal257@gmail.com Agus Briel Putra Zebua agus456@gmail.com Zuraidah Mastura Daulay zuraidah123@gmail.com Rahma Tria Rayani Br. Ginting rahma123@gmail.com Habibah Dian Khalifah habibahdian7@gmail.com <p>Kasus Penyakit Tidak Menular (PTM), khususnya stroke, terus meningkat di wilayah Puskesmas Medan Sunggal, Stroke dapat dicegah melalui pola hidup sehat, manajemen stres, dan pengobatan teratur. Namun, stroke sering menimbulkan kondisi gawat darurat dan berdampak jangka panjang pada kehidupan pasien pasca stroke. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan meningkatkan kapasitas dan kemandirian masyarakat dalam mencegah, menangani kondisi kegawatdaruratan, serta merawat pasien stroke secara umum &nbsp;serta sosialisasi sistem informasi “GaWat Stroke” sebagai sarana bantu dalam pencegahan dan penanganan stroke secara mandiri, mempermudah pencatatan dan pelaporan data pasien bagi kader puskesmas. Metode pelaksanaan mencakup pemeriksaan kesehatan, edukasi, dan sosialisasi aplikasi berbasis digital. Hasil kegiatan menunjukkan rata-rata TD sistolik dan distolik 126.38 mmHg dan 73.78 mmHg, IMT 24.96 kg/m2, KGD sewaktu 134.33 mg/dL, kolesterol total 192.22 mg/dL&nbsp; Risiko rendah stroke &nbsp;sebesar 80%. &nbsp;Rata-rata skor pre-test sebesar 54,27 meningkat menjadi 73,69 pada post-test. Kegiatan ini mendorong terbentuknya komunitas sadar stroke yang berkelanjutan dan berbasis teknologi, mempercepat deteksi dini serta menurunkan angka PTM di wilayah kerja Puskesmas Medan Sunggal.</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/264 Enhancing Investment Literacy Level among people in Tasikmalaya 2025-11-29T03:37:10+00:00 Peter Peter peter@eco.maranatha.edu Dini Iskandar dini_djman@yahoo.com Martalena Martalena martalena@eco.maranatha.edu Tedy Wahyusaputra tedy.wahyusaputra@eco.maranatha.edu Herlina Herlina herlina@eco.maranatha.edu Bram Hadianto tan_han_sin@hotmail.com <p>Low investment literacy in the community can lead to society being exploited by fraudsters offering high returns for a short period, only to require the invested money later, as seen in some cases in Tasikmalaya. Therefore, socialization to open social minds is needed: The legal investment instruments are still in the capital market as the alternatives. Moreover, this service community educates members of society in Tasikmalaya, specifically those affiliated with the Christian Education Agency Foundation, who serve as participants. By utilizing a lecture and question-and-answer approach, this community service works. To test their comprehension, committee members shared a Google Form containing multiple-choice investment problems based on Lusardi and Mitchell (2009) to gather correct responses before and after the material presentation. After that, the proper responses are compared. As a result, the increase in the average correct answer ratio happens from 65.38% to 77.56% before and after material presentation, respectively. Therefore, community service is effective in enhancing their understanding of the subject matter. Through this activity, the risk of fraudulent investment can be significantly reduced, allowing people to choose a suitable instrument based on their risk profile, especially in Tasikmalaya.</p> 2025-11-05T23:15:38+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/266 Bazar Sekolah sebagai Media Edukasi Ekonomi Kreatif dalam Membangun Jiwa Enterpreneurship di Lingkungan Sekolah 2025-11-29T03:37:01+00:00 Riyana Riyana riyanayana715@gmail.com Riyani Riyani syabananaya27@gmail.com Putri Novita Sari syabananaya27@gmail.com Irma Indira syabananaya27@gmail.com Siti Musyarofah syabananaya27@gmail.com <p>Tujuan dari artikel pengabdian ini adalah untuk meninjau manfaat kegiatan <br>bazar sekolah sebagai media edukasi ekonomi kreatif dalam membangun jiwa <br>enterpreneurship di kalangan peserta didik jenjang sekolah dasar dan <br>menengah. Kegiatan ini berlaangsung di 2 sekolah berbeda yaitu di SMPN 3 <br>Babat dan SDN 1 Songo di Kabupaten Lamongan. Pendekatan yang digunakan <br>adalah partisipatif, melibatkan siswa, guru serta mahasiswa yang bertindak <br>sebagai pendamping yang memberikan bimbingan kepada siswa, dan melakukan <br>kolaborasi dengan guru melalui empat tahap utama yaitu, identifikasi, <br>perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Selama proses tersebut, siswa diajari <br>untuk menciptakan produk, mengelola keuangan sederhana, merancang strategi <br>promosi, serta menjual produk secara langsung di lingkungan sekolah. Hasil <br>dari kegiatan ini menunjukkan bahwa bazar dapat meningkatkan kemampuan <br>numerasi serta menumbuhkan keberanian, kreativitas, dan kerjasama di antara <br>siswa. Selain itu, siswa tampak lebih Sbersemangat dan lebih memahami konsep <br>kewirausahaan dengan lebih baik. Meskipun terdapat beberapa tantangan <br>dalam pelatihan awal dan pengorganisasian, bazar sekolah terbukti menjadi <br>metode yang relevan, menyenangkan, dan layak diintegrasikan sebagai bagian <br>dari pembelajaran berbasis proyek dalam kurikulum sekolah.</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/267 Pendampingan Guru Dalam Menerapkan Strategi Pengenalan Membaca Phonics Method 2025-11-29T03:36:59+00:00 Elisabeth Ngura elisabethngura@gmail.com Yasinta Maria Fono elisabethngura@gmail.com Maria Efrasia Odo vheralongi908@gmail.com <p><em>The purpose of this community service activity is to explain how to introduce vocabulary reading strategies through the phonics method to teachers at Kober Peupado Malanuza and to explain the output products generated through the phonics strategy in this community service activity. The phonics method is one of the reading methods, where "</em> <em>teachers instruct students on how letter sounds are produced and blended</em><em> and how to blend sounds together to form words. The phonics method is a reading technique that emphasizes the sounds (pronunciation) produced by the letters in a word. These sounds can differ from the letter names. Additionally, the advantage of this method is that it makes it easier for students to make automatic connections between words and sounds, allowing students to pronounce and read them independently." The outcome of this mentoring activity is that teachers are able to understand and apply basic literacy in accordance with the rules of good and correct Indonesian. One constraint of this activity is that teachers use old methods to pronounce letters, but this can be overcome with continuous practice</em></p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/268 LIMBAH CANGKANG KERANG HIJAU Ekonomi Sirkular di Pesisir: Studi Kasus Pemanfaatan Cangkang Kerang Hijau untuk Pakan Udang di Gresik 2025-11-29T03:36:57+00:00 Rikky Leonard rikkyleonard@ppns.ac.id Septaviola Dini Utami rikkyleonard@ppns.ac.id Prativi Khilyatul Aulia rikkyleonard@ppns.ac.id Alvalo Toto Wibowo rikkyleonard@ppns.ac.id Imaniah Sriwijayasih rikkyleonard@ppns.ac.id <p>The problem of coastal waste management in Gresik, especially green mussel shells, is a serious challenge that has an impact on the environment and the community's economy. This community service program aims to improve the circular economy in coastal areas, especially for residents of Banyuurip Village, Ujungpangkah, in the utilization of green mussel shells through Eco-entrepreneurship training based on the 3R principle. The community service program was carried out using a Participatory Action Research approach. The results of the community service program showed a significant increase of 65% in the behavior of recycling green mussel shell waste into shrimp feed, as well as increasing awareness in protecting the environment. This activity can create circular economic opportunities in coastal areas. This indicates that the community service program was successfully implemented through an environmentally based circular economy approach.</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/197 Meningkatkan Kesadaran Remaja Terhadap Stunting Melalui Psikoedukatif Di Lombok Timur 2025-11-29T03:37:08+00:00 Husnawati Husnawati husnawatipsi@gmail.com Nurholik Azizah husnawatipsi@gmail.com Hasaniah Zulfiani husnawatipsi@gmail.com <p><em>Stunting is a chronic nutritional problem that affects children's physical growth and cognitive development, and it remains a national priority issue in Indonesia. One of the key strategies for preventing stunting is to provide education to adolescent girls as future mothers, considering that their nutritional status greatly influences pregnancy outcomes and fetal growth. This community service activity aims to increase adolescent girls’ awareness of the importance of balanced nutrition and anemia prevention as a means of reducing stunting in future generations. The method used was socialization through interactive counseling sessions at several senior high schools in East Lombok Regency, targeting adolescents aged 14–18 years. The activities included material preparation, logistical arrangements, implementation of health education, and final reporting. The topics delivered covered balanced nutrition, anemia in adolescents, and the distribution of Iron-Folic Acid (IFA) tablets. The results showed that the counseling sessions effectively improved adolescents’ knowledge about stunting and the importance of adopting healthy lifestyle habits early on. Health education on stunting has proven to be a strategic approach to raising awareness and preparing adolescents for a healthy reproductive future. This activity is expected to serve as a model for involving adolescents in stunting prevention efforts, especially in East Lombok.</em></p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/271 Media Anatomy-Based Literacy Terintegrasi Multimodal Counseling sebagai Penguatan Kompetensi Guru dan Kepribadian Produktif di Pendowo Kudus 2025-11-29T03:36:54+00:00 Nur Mahardika nur.mahardika@umk.ac.id Siti Masfuah siti.masfuah@umk.ac.id Soni Adiyono soni.adiyono@umk.ac.id Fina Fakhriyah fina.fakhriyah@umk.ac.id <p><em>The Anatomy-Based Literacy Media Integrated Multimodal Counseling Program was designed in response to the lack of inclusive learning media for blind students in Pendowo Kudus, which results in low conceptual understanding and learning motivation as well as limited competence of guidance and counseling teachers in multisensorial technology. The community service methodology includes the development of tactile media such as 3D anatomical models, Braille books, and audio narratives teacher training in the use of inclusive media and multimodal counseling techniques, implementation in guidance sessions, and evaluation using quantitative (literacy tests, teacher competency surveys) and qualitative (interviews, observations of student personality) methods. The evaluation results show important achievements: understanding of anatomical concepts by blind students increased significantly through exploration of 3D tactile models, consistent with the finding that “blind students’ tactile perception is significantly more developed” and improves learning performance compared to conventional visual methods; teachers’ competence increased significantly in designing and using inclusive media and implementing multisensorial counseling effectively; and students’ productive personality aspects, such as self-confidence, independence, and creativity, developed positively. This confirms the effectiveness of the multimodal approach in strengthening teacher competency and facilitating the formation of productive personalities of blind students; thus, this program is recommended as an effective inclusive guidance and counseling service model to be replicated in other inclusive schools.</em></p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/273 Sosialisasi Edukasi Penanganan Pasca Panen Kopi Untuk Kelompok Tani Kopi Alir Coffee 2025-11-29T03:36:53+00:00 Mochammad Agung Indra Iswara mochammad.agung@polinema.ac.id Mufid mufid@polinema.ac.id Lintang Alivia Anggerta lintang.alivia@polinema.ac.id Ustman Syah Amrullah utsman.syah@polinema.ac.id Umi Anis Ro'isatin umi.anis@polinema.ac.id Ikhsan Setiawan ikhsan.setiawan@polinema.ac.id <p>Coffee is a favorite of the Indonesian people, especially with the increase in coffee business after the COVID-19 pandemic, so the demand for coffee raw materials from farmers has also increased. Residents of Ketindan village on the slopes of Mount Arjuna, under the guidance of Alir Coffee, take advantage of this condition by cultivating coffee, although the technology used is still simple, and post-harvest waste has not been managed properly. To improve production efficiency and waste management, the Department of Chemical Engineering – State Polytechnic of Malang held PpM activities, namely educating farmers through presentation methods and question and answer discussions, the activity ended by providing feedback to participants and handing over a set of Huller Coffee tools to increase the productivity of coffee farmers. Feedback data processing is done by the Likert scale method. The results of the PkM activity, show that residents are very enthusiastic in attending socialization activities and many participants in question and answer discussion sessions, while the Likert scale results obtained a percentage score of 95% which means that partners are very satisfied with this socialization activity. With the knowledge of post-harvest coffee management and processing, this activity is running smoothly and is expected to increase the knowledge of post-harvest coffee education, increase the economic potential for residents, and can be implemented sustainably.</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/277 Pendampingan Komunitas Studi Tafsir Al-Qur’an di PP. Tahfidz Ribathul Qur’an wa Qiraat Malang: Model Pemberdayaan Berbasis Community of Practice (CoP) 2025-11-29T03:36:51+00:00 Faridatus Sa’adah devi.wahyu@unisma.ac.id Devi Wahyu Ertanti devi.wahyu@unisma.ac.id Kukuh Santoso devi.wahyu@unisma.ac.id <p><em>This study examines the effectiveness of integrating a Community of Practice (CoP) with Participatory Action Research (PAR) to develop a Qur’anic Tafsīr Study Community at PP. Tahfidz Ribathul Qur’an wa Qiraat, Karangbesuki, Sukun, Malang. The scope covers the articulation of the knowledge domain, community governance, and the development of pedagogical artifacts. A qualitative PAR design was implemented in three cycles (plan–act–observe–reflect). Participants included six teachers and twelve students; data were gathered through in-depth interviews, participant observation, and documents (modules, session summaries, assessment rubrics). Data were thematically analyzed with iterative verification and member checking during reflective forums. Findings indicate: (1) a clarified domain and rotating roles (moderator, presenter, reference editor, note-taker) fostered meaningful participation; (2) reference literacy and argument structure improved through a shared formative rubric; (3) pedagogical artifacts—a micro-curriculum, study guidelines, rubric, and a shared artifact bank—supported continuity; (4) the integration of ḥifẓ and tafsīr emerged as a distinctive learning outcome; and (5) constraints in literacy and time were mitigated via senior–junior pairing, reading clinics, and time-boxing. In conclusion, the CoP–PAR model effectively strengthens collaborative, standards-based, and sustainable tafsīr practice and is suitable for replication. Future work should include longitudinal studies across semesters and lightweight digital platforms to archive artifacts and enable structured peer feedback.</em></p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/278 Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kodular untuk Peningkatan Keterampilan Guru SD Gugus Mentari 2025-11-29T03:36:49+00:00 Eka Sastrawati ekasastrawati@unja.ac.id Ahmad Syarif ahmad.syarif@unja.ac.id Andi Gusmaulia Eka Putri andigusmauliaekaputri@unja.ac.id <table width="601"> <tbody> <tr> <td width="441"> <p><em><span dir="auto" style="vertical-align: inherit;"><span dir="auto" style="vertical-align: inherit;">Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi di Komunitas Belajar Gugus Mentari KKG di Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi. Masih rendah, hanya 25% dari 74 guru yang mampu menggunakan media interaktif seperti Powerpoint, Youtube, dan Canva. Penguasaan teknologi pembelajaran merupakan indikator kunci kompetensi pedagogi guru di era digital. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru SD dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Android dengan menggunakan Platform Kodular. Kegiatan berlangsung pada tanggal 24-25 Juli 2024 di SDN 147/IV, Kota Jambi, dan terdiri dari dua tahap: pelatihan dan pendampingan. Pelatihan meliputi pengenalan antarmuka Kodular, konsep dasar pemrograman berbasis blok, dan pembuatan aplikasi sederhana. Pendampingan intensif meliputi perancangan, penambahan komponen, pengaturan properti, dan konstruksi blok logika, sehingga menghasilkan aplikasi media pembelajaran yang fungsional. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 60,18% peserta menilai materi sesuai, 71,62% mendapatkan wawasan baru terkait teknologi pembelajaran, dan 85% memberikan penilaian positif terhadap pendampingan yang diberikan oleh narasumber. Sebagian besar peserta mampu membuat aplikasi media pembelajaran interaktif yang relevan dengan kebutuhan siswa. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menguasai teknologi pembelajaran dan mendorong terciptanya media pembelajaran inovatif di sekolah dasar.</span></span></em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> </td> </tr> </tbody> </table> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/283 Edukasi Lingkungan: Plang Sampah Berbasis Waktu Terurai Hingga 450 Tahun di Kelurahan Tanjung Permai 2025-11-29T03:36:47+00:00 Vebiyola Sihombing 2203050015@student.umrah.ac.id Arnis Halawa 2203010001@student.umrah.ac.id Ihsyani Tasakhianur 2204010016@student.umrah.ac.id Fadlan Abdillah 2201010028@student.umrah.ac.id Raifa 2204020083@student.umrah.ac.id Abdurrahman Khalidy 2205040075@student.umrah.ac.id Yunita Safitri 2203030038@student.umrah.ac.id Rahmad Hidayad Taris 2204020076@student.umrah.ac.id Welby Putama Valensya 2201010025@student.umrah.ac.id Nico Gusti Wiranada 2201020043@student.umrah.ac.id Glory Yolanda Yahya gloryyolanda@umrah.ac.id <p>Program pengabdian masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Tanjung Permai difokuskan pada edukasi lingkungan dengan pemasangan plang informasi mengenai lamanya waktu terurai sampah organik dan anorganik. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak sampah, terutama plastik, yang membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, sosialisasi, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan keberhasilan pembuatan dan pemasangan plang edukasi serta penyediaan tempat sampah terpilah. Sosialisasi interaktif kepada masyarakat mendorong tumbuhnya kesadaran kolektif untuk memilah sampah, mengurangi pembakaran sampah, dan menjaga kebersihan lingkungan.</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/288 Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat melalui Pembinaan Kampung KB Teratai Kelurahan Telaga Asih, Cikarang Barat, Bekasi 2025-11-29T03:36:46+00:00 Ahmad Johari Adam johariadam26@gmail.com Hana Oktaviana hana.oktaviana@students.paramdina.ac.id <p>Pertumbuhan penduduk yang pesat menuntut peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui program pembangunan yang terintegrasi. Salah satu upaya pemerintah adalah pembentukan dan pembinaan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) yang bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pemberdayaan keluarga dan masyarakat. Artikel ini membahas kegiatan pembinaan Kampung KB Teratai di Kelurahan Telaga Asih, Cikarang Barat, Bekasi. Kegiatan dilaksanakan oleh Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) melalui tahapan persiapan, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi. Metode yang digunakan meliputi presentasi materi mengenai pengorganisasian kampung KB, penyusunan rencana kerja, serta diskusi partisipatif untuk mengidentifikasi masalah dan merumuskan solusi. Hasil pembinaan menunjukkan peningkatan pemahaman pengurus terhadap pentingnya perencanaan kerja yang sistematis dan partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan lingkungan. Rencana kerja yang dihasilkan mencakup pembaruan data keluarga, penyuluhan kesehatan, pengelolaan sampah, penyediaan layanan KB, pemenuhan gizi, serta peningkatan ketahanan pangan dan perbaikan infrastruktur drainase. Kesimpulannya, pembinaan ini berhasil memotivasi pengurus dan masyarakat untuk berperan aktif dalam meningkatkan kualitas hidup melalui program-program berkelanjutan yang terukur.</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/289 Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru SD Melalui Pengembangan Pembelajaran Berbasis ICT 2025-11-29T03:36:44+00:00 Elsinora Mahananingtyas priscadiantrapsi@gmail.com Jusak Syaranamual priscadiantrapsi@gmail.com Lisa M. Sahetapy priscadiantrapsi@gmail.com Prisca Sampe priscadiantrapsi@gmail.com Nandalita Nunuela priscadiantrapsi@gmail.com Mariana Ditboya Hukubun priscadiantrapsi@gmail.com Ananada Khoiriah priscadiantrapsi@gmail.com Indah Gloria Jalmav priscadiantrapsi@gmail.com <p>Pengembangan kompetensi pedagogik guru merupakan bagian penting dalam peningkatan mutu pendidikan.&nbsp; Tujuan untuk memberikan bekal keterampilan dan pengetahuan kepada guru-guru SD agar mampu&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; pemahaman guru terhadap konsep pedagogik berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dan aplikasi.&nbsp; Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi; Metode yang digunakan dalam kegiatan dimaksud menggunakan metode ceramah dan video. Peserta mampu menguasai semua keterampilan. Strategi implementasi di sekolah harus dilakukan secara bertahap, dimulai dengan pelatihan dasar dan dukungan teknis yang memadai.</p> <p>&nbsp;</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/290 Pengembangan Sistem Keselamatan Dan Peringatan Bahaya Dini Pada Aplikasi Sistem Navigasi Dan Pengujian Manuver Kapal Untuk Kapal Nelayan Tradisional Di Brondong Lamongan Jawa Timur Berbasis Internet Of Things 2025-11-29T03:36:42+00:00 Boedi Herijono rikkyleonard@ppns.ac.id Rikky Leonard rikkyleonard@ppns.ac.id Alvalo Toto Wibowo rikkyleonard@ppns.ac.id Dimas Pristovani Riananda rikkyleonard@ppns.ac.id Dyah Ratna Kusuma Mayang Sari rikkyleonard@ppns.ac.id <p><em>Safety Issues and Early Warning for Traditional Fishermen While Sailing in Brondong Lamongan, East Java. The purpose of the Community Service activity is that with the Simple tool, it is hoped that traditional fishermen in Brondong Lamongan, East Java will be guaranteed safety while sailing. The method applied is a participatory approach, which actively involves the community in every stage of the activity, from planning, implementation, to evaluation. Active participation from the community is very important to ensure the success and sustainability of the program, because the community has in-depth local knowledge about the potential and problems that exist in their area. The location of this Community Service is in the Brondong Lamongan Fishermen's Association, East Java. Based on the results of the Community Service, it can implement the Simple Tool as a Safety System and Early Warning for Traditional Fishermen While Sailing in Brondong Lamongan, East Java, so that it can be used to increase fishing productivity and safety for traditional fishermen which is a problem for these traditional fishermen.</em></p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/292 Increasing the Production Capacity of Mozzarella Cheese as a Pioneer for the Cheese Village at KU Mustarika Jaya Makmur, Ngantang 2025-11-29T03:36:38+00:00 Zakijah Irfin diana.rachmawati@polinema.ac.id Diana Rachmawati diana.rachmawati@polinema.ac.id Dwina Moentamaria diana.rachmawati@polinema.ac.id Sri Rulianah diana.rachmawati@polinema.ac.id Rosita Dwi Chrisnandari diana.rachmawati@polinema.ac.id R.N. Akhsanu Takwim diana.rachmawati@polinema.ac.id <p><em>Indonesia has significant potential in dairy cattle production, one example being in Dusun Tepus, Ngantru Village, Ngantang Subdistrict, Malang Regency. The business group “Mustarika Jaya Makmur” consists of dairy farmers producing fresh milk. Previously, the State Polytechnic of Malang (Polinema) provided solutions in the form of training on supply chain management, milk processing, and the application of production calculation tools to support efficiency. Considering the business potential of mozzarella cheese, the group increased its production capacity to 50 liters of fresh milk on a pilot scale to initiate the “Kampung Kedju” program, aimed at improving the villagers’ livelihoods. This Community Service Program (PPM) is expected to provide solutions through production enhancement, assistance in the use of equipment in accordance with standard operating procedures (SOP), and the implementation of Good Manufacturing Practices (GMP) in cheese production. The expected outputs include improved partner capacity, scientific publications, and copyright registration of a HACCP guideline.</em></p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/291 Membangun Generasi Penggerak Wisata Digital Tosari, Bromo Tengger Semeru: Pelatihan Public Speaking dan Konten Kreatif 2025-11-29T03:36:40+00:00 Muhammad Badaruz Zaman mbz@yudharta.ac.id Rio Asmoro Saputro mbz@yudharta.ac.id Irfan Maulana mbz@yudharta.ac.id <p><em>Tosari Village, located in the Bromo Tengger Semeru National Park area, has great potential for nature and cultural tourism. However, this potential has not been exposed to its full extent due to a lack of digital promotion. On the other hand, the younger generation, especially students, do not yet have adequate skills to lead tourism promotion.</em> <em>This issue is resolved by a community service initiative that aims to increase the younger generation's capacity in Tosari Village. The purpose of this activity is to train students at Baithani Christian Middle and High School in Tosari in creative content creation and public speaking. The methods used include situation analysis, intensive training, direct practice, and mentoring. As a result, students showed significant improvements in their understanding and abilities, ranging from confidence in public speaking to mastery of basic promotional content creation techniques.</em> <em>Tosari Village's reputation as a top travel destination has been enhanced by this program's success in creating a new generation of people who are prepared to lead digital tourism as tourism ambasador.</em></p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/294 Pelatihan Menyusun Modul Ajar Cerita Rakyat Berbasis Literasi Budaya Sasak 2025-11-29T03:36:36+00:00 Hilmiyatun hilmiya@hamzanwadi.ac.id Lalu Muhammad Fauzi hilmiya@hamzanwadi.ac.id Abdul Latif hilmiya@hamzanwadi.ac.id Baiq Iftihar Oktamayanti hilmiya@hamzanwadi.ac.id Fatanul Ikhsan hilmiya@hamzanwadi.ac.id <p>Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif dan keterampilan praktis kepada guru dalam menyusun modul ajar cerita rakyat berbasis literasi budaya Sasak yang kreatif, sistematis, dan sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 1 September 2025 di SMAS Ulil Albab NW Ld. Jaran, Lombok Timur, dengan melibatkan 72 guru bahasa Indonesia yang tergabung dalam MGMP Bahasa Indonesia SMA Swasta Lombok Timur. Metode pelatihan menggunakan pendekatan partisipatif dan praktis melalui ceramah interaktif dan workshop kolaboratif. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat kepuasan peserta sangat tinggi (93%), dengan 87.5% peserta berhasil menyusun modul ajar lengkap yang terintegrasi nilai-nilai kearifan lokal Sasak. Pelatihan tidak hanya berhasil membangun pemahaman konseptual tetapi juga mengembangkan kapasitas praktis peserta dalam mengembangkan bahan ajar berbasis budaya. Secara signifikan, kegiatan ini berhasil mentransformasi peran guru dari pengajar menjadi agen perubahan budaya, dengan 95% peserta menyusun rencana implementasi konkret di sekolah masing-masing. Meskipun menghadapi tantangan seperti keragaman pemahaman budaya dan variasi kemampuan teknologi, pendekatan diferensiasi dan pendampingan intensif berhasil mengatasi kesenjangan tersebut. Kegiatan ini telah menciptakan dampak berkelanjutan melalui terbentuknya komunitas pembelajaran profesional yang akan melanjutkan pelestarian warisan budaya Sasak melalui pendidikan formal.</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/297 Penguatan Akuntabilitas Laporan Keuangan Konsolidasi Sebagai Strategi Berkelanjutan BUMDes Kalongan Mandiri Jaya 2025-11-29T03:36:32+00:00 Iva Sofi Gunawati isofi@mail.unnes.ac.id Amir Mahmud isofi@mail.unnes.ac.id Nurdian Susilowati isofi@mail.unnes.ac.id <p><em>Strengthening consolidated financial reporting is a key factor in supporting the business sustainability of Village-Owned Enterprises (BUMDes). The Kalongan Mandiri Jaya BUMDes faces various challenges in managing its financial reports, such as limited accounting knowledge, an unintegrated reporting system, and minimal transparency and accountability. To address these challenges, a program to strengthen consolidated financial reporting is proposed through several strategic solutions, including accounting training for BUMDes managers, the implementation of an integrated financial reporting system, and strengthening internal controls to enhance transparency and accountability. The target outcomes of this program include improving accounting understanding for BUMDes managers, implementing consolidated financial reports, and improving the transparency and accountability system. The results of the research and community service programs demonstrate that the Kalongan Mandiri Jaya BUMDes is able to strengthen its financial governance, increase competitiveness, and ensure long-term business sustainability. Overall, this program received positive feedback from BUMDes managers. They believe the mentoring provided has opened new insights into the importance of accountability and transparency in fund management. Furthermore, this activity has also been proven to strengthen the capacity of BUMDes in compiling reports to external parties, including village governments, business partners, and financing institutions.</em></p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/296 Implementasi Program Inovasi Peningkatan Nilai Produk Olahan Limbah Organik Tempurung Kelapa di Desa Wisata Tinalah Kulon Progo 2025-11-29T03:36:33+00:00 Novi Irawati irawati_novie@yahoo.co.id Muhammad Zumar Rahafuna zumarrahafuna@stipram.ac.id Anggarani Pribudi anggaranipribudi@stipram.ac.id Hendi Prasetyo hendi@stipram.ac.id <p><em>Tinalah Tourism Village, Kulon Progo, has significant potential in utilizing local resources, including coconut shells, which have traditionally been considered waste. This community service program aims to increase the added value of coconut shells through product innovation in the form of handicrafts and other creative products that support the village's tourism identity. Implementation methods include outreach, training, production assistance, and digital-based marketing. The results of the activity show improved skills among residents in processing coconut shells, the creation of new products with economic value, and increased tourist interest in local souvenirs. This program supports the concept of a circular economy, community empowerment, and the development of sustainable tourism villages.</em></p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/295 Aktivasi Ruang Liminal Produktif melalui Edible Hydrofarm Vertikal di Permukiman Kota Jakarta 2025-11-29T03:36:35+00:00 Mona Anggiani Anggiani mona.anggiani@mercubuana.ac.id Nabila nabila@mercubuana.ac.id Ikhyandini Garindia Atristyanti ikhyandini.garindia@mercubuana.ac.id Naura Safa Sabina sabina@gmail.com Safana Ananta Syakinah syakinah@gmail.com <p>Kepadatan wilayah perkotaan sering menyisakan ruang liminal yang terabaikan, padahal berpotensi dimanfaatkan secara produktif. Di RT 004 RW 02 Kelurahan Palmerah, ruang semacam itu semula digunakan sebagai tempat pembuangan sampah daun kering, sehingga menurunkan kualitas visual lingkungan sekaligus menyia-nyiakan peluang pemanfaatan. Program edible hydrofarm diinisiasi untuk mengubah area terbengkalai tersebut menjadi kebun pangan vertikal yang menghasilkan sayuran segar bagi warga. Kegiatan berlangsung selama delapan bulan dengan melibatkan kelompok mitra non-produktif, sehingga tidak hanya memberdayakan masyarakat, tetapi juga mendorong interaksi sosial yang positif. Metode vertikal hydrofarm dipilih karena efisien di lahan sempit, hemat air, dan ramah lingkungan. Selain berkontribusi pada ketahanan pangan serta kesehatan melalui ketersediaan pangan segar, program ini diharapkan menciptakan ruang hijau yang bersih, tertata, dan fungsional. Dengan demikian, ruang liminal dapat bertransformasi menjadi pusat aktivitas sehat yang memberi manfaat nyata bagi masyarakat perkotaan.</p> <p>&nbsp;</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/301 Dari Limbah ke Berkah: Briket Batok Kelapa sebagai Sumber Pendapatan Masyarakat Desa 2025-11-29T03:36:30+00:00 Edi Ilimu ediilimu@gmail.com Dian Permana asopermana@gmail.com Yudi Priyatmo ediilimu@gmail.com Ansar ansarmawasangka840@gmail.com Nursamsir Nursamsir ediilimu@gmail.com Yahyanto Yahyanto ediilimu@gmail.com Musnajam Musnajam ediilimu@gmail.com Husin Husin ediilimu@gmail.com Indri Andriani ediilimu@gmail.com <p><em>The community service program in Gumanano Village, Mawasangka Subdistrict, Central Buton Regency aims to empower the community through the utilization of coconut shell waste into economically valuable products in the form of briquettes. Gumanano Village has abundant coconut potential; however, coconut shell waste has generally not been optimally utilized and is often discarded or burned, providing no added value. Through this program, training was provided along with the introduction of appropriate technology, including a coconut shell carbonizer, charcoal crusher, mixer, and briquette molding machine. The community was equipped with skills covering the entire production process, starting from raw material selection, processing, molding, to product packaging. The results of the program showed an increase in community knowledge and skills in managing coconut shell waste into environmentally friendly and marketable briquettes. In addition, the availability of production equipment supports work efficiency and product quality, thereby increasing the potential of briquettes as an alternative energy source as well as a new business opportunity for the community. Thus, this program is expected to improve household income, reduce environmental pollution, and promote economic independence for the people of Gumanano Village.</em></p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/305 Penerapan Rice Transplanter Semi Otomatis untuk Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas Pertanian dalam Mendukung Keberlanjutan Ketahanan Pangan 2025-11-29T03:36:28+00:00 Luthfi luthfi@aknacehbarat.ac.id Lilis Marlina lilismarlina@utu.ac.id Hilma Erliana hilmaerliana@aknacehbarat.ac.id Intan Wulan Sari intanwulansari@aknacehbarat.ac.id Riza Hasan rizahasan@aknacehbarat.ac.id Fathur Akhyat farthur@aknacehbarat.ac.id <p><em>This Community Service Program (PKM) is motivated by the problems of low productivity and inefficiency of rice farming in Woyla Barat District due to reliance on manual planting methods, high labor costs, and minimal technology adoption. The program aims to enhance production efficiency through the implementation of semi-automatic rice transplanters, reduce production costs, and strengthen farmers' capacity based on Islamic economic principles. The implementation method consists of five stages: socialization, technical training, technology application, mentoring, and sustainability evaluation, using a participatory approach involving 10 farmers from the Berkah Bersama Farmers Group. The results demonstrate significant efficiency improvements: cost savings of up to 77%, reduction in planting time from 6 days to 1 day per hectare, decrease in labor requirements by up to 83%, and increased crop productivity by 15–25%. The program also strengthened the farmers' group institution through a sharia-based cooperative model and the internalization of values such as justice, efficiency, and gratitude. The implication is the creation of a sustainable agricultural system that integrates modern technology with Islamic values, supporting local food security. The program concludes that the integration of technology and a sharia-based approach can economically and socially empower farmers, with potential for replication in other regions.</em></p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/308 Pemberdayaan Psikologis Anak Yatim melalui Pendekatan Psikolinguistik Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial dan Emosional 2025-11-29T03:36:26+00:00 Alfian Alfian ianalfi182@gmail.com Deny Surya Saputra alfian@esaunggul.ac.id Meiyanti Nurchaerani alfian@esaunggul.ac.id Ezik Firman Syah alfian@esaunggul.ac.id <p>This community service program is aimed at implementing a digital-based psycholinguistic approach to enhance the social and emotional competence of orphaned children at the Yayasan Yatim Geser Ya Poris Gaga, Tangerang. The program utilizes digital psycholinguistic media, which includes educational videos, reflective quizzes, and narrative-based exercises. The methodology employed in the program consists of five phases: socialization, training, digital media implementation, mentoring, and evaluation. The evaluation results indicate that the program successfully increased the social-emotional skills of the children by 20–25%, with active participation exceeding 80% in digital-based activities. Furthermore, the program also enhanced the caregivers' ability to utilize technology for the psychosocial development of the orphaned children. In conclusion, the implementation of a digital-based psycholinguistic approach has proven to be effective in improving the social and emotional competence of orphaned children, while also strengthening the caregivers' capacity to conduct psychosocial mentoring. This program offers an alternative technology-based empowerment model that can be adapted by other social institutions to support the psychosocial development of children facing similar challenges.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan psikolinguistik berbasis digital dalam meningkatkan kompetensi sosial dan emosional anak yatim di Yayasan Yatim Geser Ya Poris Gaga, Kota Tangerang dalam memanfaatkan media psikolinguistik berbasis digital yang meliputi video edukatif, kuis reflektif, serta latihan berbasis narasi. Metode yang diterapkan dalam pelaksanaan program terdiri dari lima tahapan, yakni sosialisasi, pelatihan, penerapan media Psikolinguistik digital, pendampingan, dan evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan keterampilan sosial-emosional anak sebesar 20–25%, dengan partisipasi aktif yang melebihi 80% dalam kegiatan berbasis digital. Selain itu, program ini juga meningkatkan kemampuan pengasuh dalam menggunakan teknologi untuk pembinaan psikososial anak-anak yatim. Kesimpulannya, penerapan pendekatan psikolinguistik berbasis digital terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi sosial dan emosional anak yatim, sekaligus memperkuat kapasitas pengasuh dalam melaksanakan pembinaan psikososial. Program ini menawarkan model alternatif pemberdayaan berbasis teknologi yang dapat diadaptasi oleh lembaga-lembaga sosial lainnya dalam rangka mendukung perkembangan psikososial anak-anak yang menghadapi tantangan serupa.</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/310 Penerapan Geolistrik dan Sistem Distribusi Air untuk Produksi Bata Berkelanjutan di Dusun Omputty, Kota Ambon 2025-11-29T03:36:25+00:00 Delpina Nggolaon dnggolaon@gmail.com Stevi Silahooy dnggolaon@gmail.com Aditya Ramadhan dnggolaon@gmail.com Samsul Bahri dnggolaon@gmail.com Zulfiah dnggolaon@gmail.com Gede Wiratma Jaya dnggolaon@gmail.com <p>Pengrajin batu bata di Dusun Omputty, Kota Ambon, menghadapi kendala keterbatasan air yang selama ini hanya bergantung pada tampungan air hujan. Kondisi ini menyebabkan produksi tidak stabil, khususnya pada musim kemarau. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk menerapkan teknologi geolistrik dalam menentukan lokasi potensial sumber air tanah dan membangun sistem distribusi yang efisien guna mendukung produksi bata berkelanjutan. Metode yang digunakan adalah <em>community development</em> melalui sosialisasi, pelatihan, pengukuran geolistrik, pengeboran, pemasangan sistem distribusi, serta evaluasi. Hasil pengukuran geolistrik menunjukkan adanya akuifer potensial pada kedalaman ± 9 meter yang aman dari intrusi air laut. Pengeboran berhasil mendapatkan sumber air tanah yang stabil, kemudian dialirkan melalui pompa menuju profil tank berkapasitas 2.200 liter dan disalurkan ke kolam pencampuran. Evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan, di mana produksi kelompok pengrajin meningkat dari rata-rata 3.000 bata per minggu menjadi 4.250 bata per minggu (naik ±41,67%). Dengan tersedianya air yang stabil, proses produksi dapat berlangsung konsisten dan lebih efisien. Program ini memberikan dampak positif bagi peningkatan produktivitas dan keberlanjutan usaha pengrajin bata di Dusun Omputty.</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/313 Penguatan Literasi Digital di Era Artificial Intelligence Untuk Mendukung Sustainable Development Goals 2025-11-29T03:36:23+00:00 Dhidhi Pambudi dhidhipambudi@staff.uns.ac.id Triyanto Triyanto dhidhipambudi@staff.uns.ac.id Laila Fitriana dhidhipambudi@staff.uns.ac.id Getut Pramesti dhidhipambudi@staff.uns.ac.id <p>Literasi digital merupakan kompetensi dasar untuk memahami dan mengembangkan AI, sekaligus bekal penting keterampilan abad 21. Penguatan literasi ini mendukung SDG 4 yang menargetkan pendidikan berkualitas, inklusif, dan pembelajaran sepanjang hayat. Pentingnya literasi digital ini juga dirasakan oleh guru-guru di SMA Negeri 1. Meskipun sebagian guru sudah mulai menggunakan AI dalam pembelajaran, namun secara umum guru-guru belum mempunyai pengetahuan yang cukup tentang teknologi digital dan AI. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menguatkan literasi digital pada guru. Pengabdian ini diwujudkan dalam bentuk pelatihan. Kompetensi literasi digital diukur menggunakan lima aspek, yaitu: (a) pengetahuan dasar literasi digital dan AI, (b) keamanan data dan privasi, (c) deteksi hoax dan disinformasi, (d) UU ITE dan etika digital, dan (e) sikap proaktif. Pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah pelatihan untuk mengetahui efektifitas pelatihan. Hasil uji sampel berpasangan menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan pada setiap aspek. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan yang diberikan bisa diterima&nbsp; dan dipahami dengan baik. Aspek proaktif yang meningkat menunjukkan bahwa guru-guru menjadi lebih siap untuk membawakan literasi digital dan AI dalam pembelajaran di kelas.</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/319 Pelatihan Olahan Pangan Lokal Ubi Ungu Spring Roll sebagai Produk Oleh-Oleh Unggulan di Desa Wisata Tinalah Kabupaten Kulon Progo 2025-11-29T03:36:19+00:00 Novi Irawati irawati_novie@yahoo.co.id Anggarani Pribudi noviirawati@stipram.ac.id Muhammad Zumar Rahafuna noviirawati@stipram.ac.id Edhy Sutanta noviirawati@stipram.ac.id Anak Agung Putu Susastriawan noviirawati@stipram.ac.id Slamet Hani noviirawati@stipram.ac.id <p>Keberadaan daya tarik desa wisata memberikan banyak peluang bisnis ekonomi &nbsp;bagi masyarakat setempat. Sumber bahan baku local yang melimpah dapat dioptimalkan pemanfaatan dengan menginovasi produk pangan local sebagai buah tangan wisatawan. Pelatihan pengolahan ubi ungu menjadi produk <em>spring roll</em> di Desa Wisata Tinalah berhasil membuka peluang pengembangan produk ekonomi kreatif berbasis potensi lokal, dengan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat, khususnya pelaku kuliner. Melalui lima tahapan kegiatan sosialisasi, pelatihan produksi, pelatihan pengemasan, pelatihan pemasaran, serta evaluasi dan pendampingan lanjutan masyarakat mampu menghasilkan produk olahan ubi ungu yang bernilai tambah, higienis, menarik, serta siap dipasarkan sehingga menjadi salah satu produk oleh-oleh yang unggul dan khas di Desa Wisata Tinalah.</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/324 Penggunaan Media Sosial Berbasis Digital Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berorientasi Deep Learning Bagi Guru SD 2025-11-29T03:36:17+00:00 Evi Rahmawati evirahmawati@upi.edu Rina Heryani rinaheryani@upi.edu Dwi Heryanto dwi_heryanto@upi.edu Tatat Hartati tatat@upi.edu Effy Mulyasari effy@upi.edu Rifki Gagak Bayu Prasetyo rifkigagakbp28@upi.edu Nur Syahrin Sabilah nursyahrinsabilahh@upi.edu Yuda Candra Sakti yyeces@gmail.com <p><em>This Community Service Program as motivated by the lack of teacher training and professional development. Many teachers do not have the opportunity to participate in regular training or professional development programs. As a result, many of them face difficulties in adopting more modern and effective teaching methods or technologies. The purpose of this Community Service Program is to improve teachers’ ability to develop and use effective learning media that align with students’ needs and interests. The method used in this community service program activity is socialization (delivering materials) and training for teachers on the use of digital-based social media in teaching Indonesian language with a deep learning orientation for elementary school teachers in Garut Regency, particularly those who are partners of the Primary School Teacher Education Study Program. The results of this Community Service Program indicate that elementary school teachers in Garut Regency are capable of developing and using digital-based social media in teaching Indonesian language with a deep learning approach. This training successfully enhanced teachers’ abilities to utilize social media as an innovative and interactive learning medium.</em></p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/330 Pelatihan Analisis Instrumen Penilaian Pembelajaran dengan Aplikasi AnBuso Di SMP Negeri 21 Banjarmasin 2025-11-29T03:36:16+00:00 Rabiatul Adawiah rabiatuladawiah@ulm.ac.id Sarbaini Sarbaini Sarbaini@ulm.ac.id Dian Agus Ruchliyadi dianagus@ulm.ac.id Wardiani Hiliadi wardiani.hiliadi@ulm.ac.id <p>Penilaian menjadi komponen esensial dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus menggunakan soal yang berkualitas. Untuk mengetahui apakah berkualitas tidaknya soal, harus dilakukan analisis terhadap soal tersebut. Namun faktanya guru jarang melakukannya&nbsp; termasuk guru di SMP Negeri 21 Banjarmasin. Kegiatan pelatihan ini bertujuan &nbsp;untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru tentang analisis butir soal dengan aplikasi Anbuso. Metode yang digunakan adalah: penyuluhan, demonstrasi dan difusi ipteks. Dari hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan yang dilaksanakan mempunyai pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan pengetahauan dan keterampilan peserta tentang instrumen penilaian. Data awal memperlihatkan masih banyak peserta berada pada kategori kurang dan sangat kurang, namun setelah pelatihan terjadi perubahan signifikan dengan meningkatnya jumlah peserta pada kategori sangat baik hingga mencapai 83%, &nbsp;tidak terdapat lagi peserta berkategori sangat kurang. Berdasarkan hasil yang dicapai, maka perlunya kegiatan serupa dilaksanakan di sekolah lain, agar semakin banyak guru yang terampil dalam menganalisis instrumen penilaian</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/332 Diseminasi Filsafat Pendidikan Islam Berdasarkan Pengalaman Praktis di Indonesia pada Forum Internasional di KIDU Malaysia 2025-11-29T03:36:14+00:00 Fahri Hidayat fahrihidayat@uinsaizu.ac.id Haniza Binti Khairuddin fahrihidayat@uinsaizu.ac.id Sumarto Sumarto fahrihidayat@uinsaizu.ac.id Syafryadin Syafryadin fahrihidayat@uinsaizu.ac.id Slamet Yahya fahrihidayat@uinsaizu.ac.id Risa Pratiwi fahrihidayat@uinsaizu.ac.id <p><em>Malaysia is one of the countries with the largest Muslim population in Southeast Asia after Indonesia. Kedah, often referred to as the “Serambi Makkah,” has a strong tradition of Islamic education. However, modernization requires institutions such as Kolej Islam Darul Ulum (KIDU) to renew their curricula to stay relevant to contemporary scientific development. The main challenge faced by the partner institution is designing an integrated curriculum that connects Qur’anic sciences with modern disciplines. Indonesia has extensive experience in knowledge integration through conceptual frameworks and institutional practices. This dissemination program aims to provide academic insights on democracy, the philosophical framework of Islamic education, and integrated curriculum development relevant to KIDU’s needs. The method used is collaborative and participatory through academic lectures, dialogic forums, and institutional exchange. The program began with the signing of a Memorandum of Understanding (MoU) between the Postgraduate School of UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU) and KIDU as a basis for strengthening the tridharma collaboration. KIDU presented its current academic policy through the development of an integrated curriculum based on a scientific exegesis of Juz 30. The presenter delivered three key themes: democracy and Islamic education in post-reform Indonesia, integrative curriculum characteristics, and the religious-nationalist orientation of Indonesian Islamic education. The results show strategic contributions to institutional capacity building, academic networking, and collaborative research prospects. The program implies the applicability of integrative models and the sustainability of transnational academic dialogue. In conclusion, this dissemination successfully created an exchange platform for developing modern Islamic curricula in Southeast Asia.</em></p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/334 Kolaborasi Internasional Unesa dan UiTM: Literasi Budaya Melalui Penulisan Cerita Berbasis Graphic Organizer 2025-12-02T02:19:09+00:00 Respati Retno Utami respatiutami@unesa.ac.id Ika Anggun Camelia ikacamelia@unesa.ac.id Meirina Lani Anggapuspa meirinaanggapuspa@unesa.ac.id Faradiba Liana Naser faradiba@gmail.com Arik Susanti ariksusanti@unesa.ac.id Prima Vidya Asteria primaasteria@unesa.ac.id Ajeng Dianing Kartika ajengkartika@unesa.ac.id Silvy Cinthia Adelia silvyadelia@unesa.ac.id <p>Literasi budaya lintas negara menjadi keterampilan penting di era globalisasi, terutama untuk memperkuat hubungan antarbangsa melalui pemahaman dan penghargaan terhadap keberagaman budaya. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan melalui kolaborasi antara Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Universitas Teknologi Mara (UiTM) Malaysia bertujuan untuk meningkatkan literasi budaya mahasiswa melalui penulisan cerita rakyat (folklore) menggunakan metode graphic organizer. Workshop ini dirancang untuk memperkenalkan teknik penulisan yang sistematis dan efektif, dengan tujuan untuk membantu mahasiswa memahami struktur dan alur cerita yang koheren serta menjaga esensi budaya dalam narasi. Pendekatan partisipatif dan kolaboratif yang diterapkan memungkinkan mahasiswa dari kedua universitas untuk saling bertukar perspektif budaya, memperkaya pemahaman mereka tentang tradisi dan cerita rakyat masing-masing negara. Melalui kolaborasi ini juga, mahasiswa tidak hanya meningkatkan keterampilan menulis, tetapi juga mengembangkan kemampuan komunikasi lintas budaya yang lebih efektif. Pendekatan ini juga memperkuat toleransi dan rasa saling menghargai, serta meningkatkan kerja sama internasional antar negara sebagai langkah penting dalam membangun hubungan yang lebih harmonis. Workshop ini berkontribusi dalam pencapaian SDGs Poin 4 dan 11 dengan menciptakan pendidikan yang inklusif dan berbasis kolaborasi lintas budaya, serta dengan membentuk komunitas yang lebih terbuka, inklusif, dan saling menghargai keberagaman budaya. Program ini berhasil memperkenalkan mahasiswa pada pentingnya peran budaya dalam hubungan internasional dan masyarakat global yang berkelanjutan.</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/335 Membangun Kesadaran Spiritual Dan Karakter Remaja Asrama Putra MC Melalui Meditasi Dan Refleksi Tertulis 2025-11-29T03:36:11+00:00 Marthen Wela marthenocarm@gmail.com Mediatrix Santi Gaharpung marthenocarm@gmail.com Antonia Rensiana Reong marthenocarm@gmail.com Ma. Clara Yureka W.I marthenocarm@gmail.com <p>Remaja asrama putra sering menghadapi tantangan dalam mengenali diri, mengelola emosi, dan membangun kesadaran spiritual akibat jarak dari keluarga, tekanan akademik, dan dinamika pergaulan. Penelitian pengabdian ini bertujuan untuk membangun kesadaran spiritual dan penguatan karakter remaja melalui kegiatan meditasi hening dan refleksi tertulis. Kegiatan dilaksanakan di Asrama Putra Monte Carmelo, Maumere, selama 16 kali pertemuan dengan pendekatan partisipatif dan kontemplatif. Evaluasi dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis refleksi tertulis peserta. Hasil menunjukkan peningkatan kesadaran spiritual, kemampuan refleksi diri, kedisiplinan, dan empati terhadap diri sendiri dan teman sebaya. Peserta mampu mengekspresikan pengalaman batin melalui tulisan dan berbagi secara terbuka. Temuan ini mengindikasikan bahwa meditasi hening dan refleksi tertulis efektif sebagai strategi penguatan spiritual dan karakter remaja asrama. Implikasi dari kegiatan ini mencakup rekomendasi penerapan program rutin yang mendukung perkembangan psikososial dan spiritual secara berkelanjutan</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/338 Penjabaran Nilai-Nilai Pancasila Melalui Media Ajar Berbasis Komik 2025-11-29T03:36:09+00:00 Melin Melin natasharahmadani51@gmail.com Sitti Nur Wahida natasharahmadani51@gmail.com Natasha Rahmadani natasharahmadani51@gmail.com Dede Sopiandy natasharahmadani51@gmail.com Slamet Hariyadi natasharahmadani51@gmail.com Sri Hariati natasharahmadani51@gmail.com <p>Tujuan dari artikel pengabdian ini yaitu untuk menyampaikan nilai- nilai Pancasila dengan menggunakan media ajar berbasis komik dengan ikut melibatkan siswa dalam pembuatan komik sehingga meningkatkan pemahaman serta keantusiasan siswa dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu pendekatan edukatif- partisipatif yang menekankan keterlibatan aktif antara tim pengabdian, dan siswa dalam proses pembelajaran nilai- nilai Pancasila. Hasil dari kegiatan pengabdian ini berdasarkan observasi dan evaluasi yang dilakukan, terlihat adanya peningkatan signifikan dalam antusiasme dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran berlangsung, komik yang dirancang dengan visual menarik dan cerita yang kontekstual mampu menarik perhatian siswa dan menjadikan materi yang sebelumnya dianggap abstrak menjadi lebih konkret dan mudah dipahami, dari data yang disajikan, peningkatan nilai siswa secara keseluruhan menunjukkan bahwa penggunaan media komik memberikan dampak positif terhadap hasil belajar, rata- rata kenaikan nilai berada dalam rentang 10 hingga 15 poin.</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/342 Pengembangan Desa Wisata Berbasis Pemetaan Digital Di Desa Rumahkay Kabupaten Seram Bagian Barat 2025-11-29T03:36:08+00:00 Alexander Yosep Elake elake.alex@gmail.com Frandy Akyuwen frandyakyuwen@gmail.com Erfin Elly erfin.elly@lecturer.unpatti.ac.id Dion Dollan Awayal dion.awayal@polikant.ac.id <p>Maluku merupakan daerah kepulauan dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah, seperti gunung, pantai, hutan tropis, dan terumbu karang yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai objek wisata. Salah satu wilayah yang menjanjikan adalah Desa Rumahkay di Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat. Desa ini memiliki potensi alam berupa hasil hutan, perkebunan, pantai, dan air terjun. Namun, potensi tersebut belum banyak diketahui masyarakat luas sehingga pengembangan Desa Rumahkay sebagai destinasi wisata masih kurang terpublikasi. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dilaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan tujuan menerapkan teknologi digital berupa GPS, Avenza Map, dan ArcGIS dalam pemetaan potensi sumber daya alam. Kegiatan ini menghasilkan peta informatif yang menunjukan potensi sumber daya alam Desa Rumahkay terutama objek wisata alam. Metode pelaksanaan mencakup sosialisasi, pelatihan pemetaan menggunakan GPS dan Avenza Map, dan survei pemetaan lapangan. Melalui pemetaan berbasis perangkat digital, berbagai potensi wisata alam Desa Rumahkay dapat terdokumentasi secara sistematis. Beberapa produk yang dihasilkan dari kegiatan ini meliputi peta jalur objek wisata alam air terjun yang menampilkan informasi grafis jalur tercepat menuju objek wisata alam tersebut serta peta fasilitas umum yang menggambarkan mengenai sebaran infrastruktur dan sarana pendukung yang tersedia bagi masyarakat maupun wisatawan. Adapun hasil evaluasi dari pelaksanaan kegiatan ini menunjukkan melalui metode pelatihan secara langsung <em>(learning by doing</em>) mampu secara signifikan meningkatkan pemahaman masyarakat dan ketertarikan masyarakat terhadap pengembangan Desa Rumahkay sebagai desa wisata yang berkelanjutan.</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/344 Membangun Jejak, Menggapai Puncak : Pengabdian Dalam Satu Langkah 2025-11-29T03:36:06+00:00 Rahmi Ramadhani Abdul Asis Rhmyrr@gmail.com Slamet Hariyadi adhyhariyadi88@gmail.com Jasrudin Jasrudin jasrudinusn@gmail.com Sri Hariati Srihariati282@gmail.com Dede sopiandy d2sopiandy@gmail.com Anastasia Anastasia av716832@gmail.com Mudassir Mudassir muddatsspd@gmail.com Hajar Aswar Sahranisahra283@gmail.com M. Haspedil Ikram haspedilikram05@gmail.co Hasrani Hasrani Sahranisahra283@gmail.com <p>Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertema “Gerakan Membangun Jejak, Menggapai Puncak: Pengabdian Dalam Satu Langkah” dilaksanakan di kawasan wisata alam Puncak Kapu Sani-Sani, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka. Program ini bertujuan meningkatkan kesadaran ekologis masyarakat sekaligus memperkuat peran mahasiswa sebagai agen perubahan dalam menjaga kebersihan lingkungan. Metode kegiatan menggunakan pendekatan partisipatif dan edukatif yang melibatkan mahasiswa, masyarakat, dan pengelola wisata secara aktif dalam setiap tahap pelaksanaan. Kegiatan utama meliputi observasi lapangan, pembuatan serta pemasangan papan plang jalan sebagai media komunikasi visual bertema lingkungan, dan kegiatan pembersihan kawasan wisata melalui kerja bakti bersama. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan partisipasi masyarakat dan terbentuknya kesadaran kolektif untuk menjaga kebersihan lingkungan. Papan plang yang dipasang berfungsi efektif sebagai penunjuk arah sekaligus media edukasi yang menyampaikan pesan moral untuk mencintai alam. Selain menciptakan lingkungan yang bersih dan tertata, kegiatan ini juga menumbuhkan nilai gotong royong, tanggung jawab sosial, dan kepedulian bersama terhadap kelestarian alam. Program ini menjadi bentuk nyata implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi serta contoh praktik baik (best practice) pengabdian masyarakat berbasis lingkungan yang berkelanjutan.</p> <p>&nbsp;</p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/349 Pendampingan Simulasi Penggunaan Instrumen Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) di Sekolah Dasar dan Menengah 2025-11-29T03:36:04+00:00 Robertus Lili Bile robertuslilibile16@gmail.com Yohanes Bayo Ola Tapo yohanesbayoolatapo@gmail.com Fransiskus Solanus Dopo frengkidopo56@gmail.com <p><em>This community service program aimed to enhance teachers’ and students’ understanding of the Indonesian Student Fitness Test (TKSI) as a standardized national fitness assessment. The program was carried out in five partner schools in Golewa District through participatory mentoring and direct simulation. The methods included socialization, training, and field practice involving teachers and students. Data were collected through observation, interviews, and documentation, and analyzed descriptively. The results showed improved teachers’ understanding of TKSI procedures, from equipment preparation to data recording, while students gained direct experience with standardized fitness testing. The simulation-based learning approach supported teachers in mastering technical skills and fostering awareness of physical fitness importance in schools. Outputs included a practical TKSI guide, baseline student fitness data, enhanced teacher competence, and strengthened collaboration between the university and partner schools. This program contributes to improving school-based fitness assessment quality and reinforces physical education’s role in promoting students’ healthy lifestyles.</em></p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/318 Pengembangan Teknologi Tepat Guna: Pembuatan Sensor Pendeteksi Api Sederhana sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat 2025-11-29T03:36:21+00:00 Valentina Collins valentinacollins@gmail.com Fransiska Imelia Puspitasari valentinacollins@uns.ac.id Miranda Miranda valentinacollins@uns.ac.id Dini Febriyanti valentinacollins@uns.ac.id Isnawi Nurjanah valentinacollins@uns.ac.id Helen Angel Sulistyo valentinacollins@uns.ac.id Oktavian Dias Firmansyah valentinacollins@uns.ac.id Mahmud Mahmud valentinacollins@uns.ac.id Ibrahim Mustapha Salisu valentinacollins@uns.ac.id Bara Yudhistira valentinacollins@uns.ac.id <p><em>Fire is a common disaster that can cause significant material and human losses. To improve community preparedness in Dukuh Sosogan, Rejosari Village, Gondangrejo District, Karanganyar Regency, a community service activity was conducted involving training on making a simple fire detection sensor. The sensor was assembled using basic electronic components such as photodiode, transistor, resistor, LED, buzzer, and a 9-Volt battery. Through socialization and training with the local youth organization (Karang Taruna) and village officials, the community was taught how to assemble, test, and use the sensor for early fire detection. The sensor demonstrated quick response and effective alarm signaling. This activity not only raised awareness and preparedness against fire hazards but also empowered local youth to independently develop appropriate technology. This program is expected to help prevent fires earlier and minimize their negative impacts.</em></p> 2025-11-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/263 Integrasi Teknologi Pada Tanaman Obat Dan Pengobatan Tradisional Di Tanjung Medan Sumatera Utara Berbasis Android 2025-11-29T03:36:03+00:00 Samsir Samsir samsirst111@gmail.com Juli Yani Yani yanijuli90@gmail.com Wahyu Azhar Ritonga wahyuazharrit@gmail.com Ridho Alfauzan Harahap yanijuli90@gmail.com Dewi Andriyani yanijuli90@gmail.com <p>Regional conditions The indigenous people of Tanjung Medan have a long tradition of using local plants as medicine for various diseases, including fever, cough, diarrhea, cancer, and diabetes. The people of Tanjung Medan use a variety of plants—up to 163 species from 56 families—to treat about 23 types of diseases. It is widely used to cure supernatural and natural diseases such as fever, cough, diarrhea, cancer, and diabetes. The dominant plant families include Zingiberaceae (ginger) and Rutaceae. But it is a problem of many neglected and even lost medicinal plants and medicine traditions now among the people of Tanjung Medan, especially in the current generation Z. The method used is participatory-based counseling which includes educational lectures, leaflet distribution, and question and answer sessions. The material presented included drug classification, how to obtain drugs legally, the use of drugs according to the rules, correct storage, and safe disposal of drugs. The results of the activity showed high enthusiasm from the participants and increased their understanding of drug management at home. The question and answer session showed the activeness of the participants and became an indicator of the success of the delivery of the material. The DAGUSIBU program has proven to be relevant in increasing public health literacy and supporting efforts to prevent the abuse of chemical drugs, but it is better to use traditional medicine from processed plants themselves. This kind of education is expected to shape a wiser, more responsible, and rational community behavior in the use of drugs.</p> 2025-11-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/285 Peran Mahasiswa KKN Dalam Pengembangan Pendidikan Anak-Anak Di SDN 005 Tanjung Permai 2025-11-29T03:36:01+00:00 Riska nurfadila riskanurfadila02@gmail.com Rahel Garzia Sinaga 2204010091@student.umrah.ac.id Hotmauli Silalahi 2205040072@student.umrah.ac.id Riska nurfadila 2203020009@student.umrah.ac.id Ammara Nurul Aulya 2204020129@student.umrah.ac.id Ayu Atikhah Adelia 2205020050@student.umrah.ac.id Jelita Anugrah Gusti 2204020090@student.umrah.ac.id Seren Natasea 2203030011@student.umrah.ac.id Andri Wijaya Ginting 2203050092@student.umrah.ac.id Siti Mayang Haniffah 2203050050@student.umrah.ac.id Yovi Artika 2203010014@student.umrah.ac.id <p>Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dampak mahasiswa yang berpartisipasi dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) terhadap pendidikan anak-anak di SDN 005 Tanjung Permai, Kabupaten Bintan. Program ini dimulai untuk mengatasi rendahnya nilai pemahaman, peningkatan insiden perundungan, dan kebutuhan akan pengembangan karakter di kalangan siswa sekolah dasar. Data diperoleh dengan menggunakan desain studi kasus kualitatif, yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap mahasiswa KKN, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program KKN secara efektif meningkatkan kemampuan literasi siswa, meningkatkan kesadaran untuk menghindari perundungan, dan memperkuat nilai-nilai kebangsaan melalui pendekatan pendidikan yang interaktif dan kolaboratif. Dengan keterbatasan seperti waktu, fasilitas, dan keterlibatan orang tua yang tidak konsisten, upaya ini menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan terbuka. Studi ini menunjukkan bahwa mahasiswa KKN berperan penting dalam pemberdayaan masyarakat, terutama di bidang pendidikan dan pengembangan karakter, dan bahwa keberhasilan jangka panjang membutuhkan kemitraan yang berkelanjutan dengan sekolah dan orang tua.</p> 2025-11-19T07:09:42+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/258 Peningkatan Kualitas Pembelajaran Vokal Melalui Pendampingan Penyusunan Buku Kurikulum pada Kursus Musik Griya Svara 2025-11-29T03:35:59+00:00 Kidung Sukma Asmarani kidungasmarani@mail.unnes.ac.id Dwi Purnamasari candra@mail.unnes.ac.id Nafik Salafiyah kidungasmarani@mail.unnes.ac.id <p><em>Griya Svara Banjarnegara is a music course institution with a strong commitment to providing high-quality music education. However, in practice, it faces several challenges, including a weak curriculum and the absence of well-structured teaching materials. This study aims to improve the quality of vocal learning at Griya Svara Music Course through assistance in developing a curriculum book. The method employed is participatory-based mentoring, involving instructors, managers, and music practitioners in designing the curriculum structure, basic competencies, teaching materials, and learning evaluation. The results show that this mentoring process produced a curriculum book containing structured learning from beginner to advanced levels, while also enhancing instructors’ teaching skills. The implementation of this curriculum has proven to clarify learning objectives, simplify the evaluation process, and increase students’ learning motivation. With the availability of the curriculum book, vocal learning at Griya Svara has become more systematic, measurable, and aligned with the needs of the music industry.</em></p> 2025-11-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/279 Diversifikasi Produk Pisang UMKM Desa Wadasmalang sebagai Strategi Kemandirian Masyarakat melalui Program KKN UNS 2025-11-29T03:35:58+00:00 Arifah Insani Sari Utami arifahinsanisu@staff.uns.ac.id Sunu Rizal Rahmad Nurhafidhi arifahinsanisu@staff.uns.ac.id Brian Winson jo arifahinsanisu@staff.uns.ac.id Mediana Novilasari arifahinsanisu@staff.uns.ac.id Munazah Munazah arifahinsanisu@staff.uns.ac.id Zahrotunnisa Zahrotunnisa arifahinsanisu@staff.uns.ac.id Nadin Luthfia Shafa arifahinsanisu@staff.uns.ac.id Lathifah Mustika Ayuningtyas arifahinsanisu@staff.uns.ac.id Kharisma Ingera Millennia arifahinsanisu@staff.uns.ac.id Garnetta Davida Octaviena arifahinsanisu@staff.uns.ac.id Khafsoh Khafsoh arifahinsanisu@staff.uns.ac.id <p>Desa Wadasmalang, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, memiliki potensi hasil bumi berupa pisang yang melimpah dengan produksi panen mencapai 2.836 kuintal per tahun dan menempati posisi keempat komoditas buah terbanyak di wilayah tersebut. Namun, pemanfaatannya masih terbatas pada produk keripik pisang sehingga nilai tambah ekonomi masyarakat belum optimal. Program KKN UNS ini bertujuan untuk pemberdayaan UMKM Desa Wadasmalang melalui diversifikasi produk lokal olahan pisang sebagai startegi mewujudkan kemandirian Masyarakat sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) pada tujuan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. Metode yang digunakan adalah pelatihan melalui praktik membuat eggroll pisang untuk meningkatkan nilai ekonomi produk pisang dan meningkatkan keterampilan masyarakat khususnya ibu-ibu di Desa Wadasmalang dalam pengolahan komoditas pisang sebagai produk UMKM lokal yang inovatif. Kegiatan pelatihan melibatkan partisipasi aktif ibu-ibu PKK di Desa Wadasmalang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta memperoleh keterampilan baru dalam mengolah pisang menjadi produk inovatif, memiliki wawasan tentang peluang pengembangan usaha skala rumah tangga, serta termotivasi untuk meningkatkan daya saing produk UMKM lokal. Dengan demikian, pelatihan diversifikasi produk berbasis pisang ini berkontribusi pada penguatan UMKM secara berkelanjutan dengan meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat Desa Wadasmalang.</p> 2025-11-28T23:01:28+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/293 Program Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) sebagai Solusi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Desa Lasori 2025-11-29T03:35:56+00:00 Sunyanti Sunyanti kkndesalasori2025@gmail.com Ismail Ismail ismaililax35206@gmail.com Anggun Anggun kkndesalasori2025@gmail.com Anisyah Anisyah kkndesalasori2025@gmail.com Nurfiza Filihi kkndesalasori2025@gmail.com Wa Ode Halumi kkndesalasori2025@gmail.com Alfin Alfin kkndesalasori2025@gmail.com Shilvyani Putri kkndesalasori2025@gmail.com Rany Rany kkndesalasori2025@gmail.com Andi Saputra kkndesalasori2025@gmail.com Rifaldi Rifaldi kkndesalasori2025@gmail.com M. Aimin kkndesalasori2025@gmail.com Abdul Muhaimin kkndesalasori2025@gmail.com M. Sabrin kkndesalasori2025@gmail.com <p>Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan potensi kelapa di Desa Lasori melalui pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO). Desa Lasori memiliki potensi kelapa yang melimpah, namun pengolahannya masih terbatas pada produk konvensional seperti kopra dan minyak kelapa biasa. Program ini melibatkan pelatihan kepada masyarakat mengenai teknik pembuatan VCO dengan metode sederhana, higienis, dan bernilai ekonomi tinggi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, serta terbukanya peluang usaha berbasis pengolahan kelapa. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat Desa Lasori mampu mengembangkan VCO sebagai produk unggulan desa yang mendukung pemberdayaan ekonomi lokal.</p> 2025-11-28T23:38:26+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/298 Penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah Berbasis Ekonomi Syariah Melalui Program Pengembangan Kewirausahaan Moderat Di Batubara 2025-11-29T03:35:54+00:00 Hasan Matsum hasanmatsum@uinsu.ac.id Muhammad Ahsan reniriaarmayani@uinsu.ac.id Shitaa Shitaa reniriaarmayani@uinsu.ac.id Reni Ria Armayani Hasibuan reniriaarmayani@uinsu.ac.id <p><em>pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di Indonesia. Mewakili 99,99% dari total usaha, UMKM berkontribusi signifikan terhadap PDB dan distribusi pendapatan. Di Kabupaten Batubara, UMKM menghadapi tantangan seperti terbatasnya akses terhadap modal, infrastruktur, dan pengetahuan tentang ekonomi Syariah. Studi ini mengeksplorasi penguatan UMKM berbasis Syariah melalui program pengembangan kewirausahaan moderat, yang mengintegrasikan prinsip-prinsip ekonomi Islam dan moderasi beragama untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif. </em><em>Program ini terdiri dari beberapa tahap sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. Sosialisasi memperkenalkan konsep-konsep kunci ekonomi Syariah dan moderasi beragama, dengan menekankan keadilan, kerja sama, dan praktik bisnis yang etis. Pelatihan menggunakan metode eksperiensial, yang memungkinkan peserta untuk mengatasi tantangan dunia nyata dan merumuskan solusi. Pendampingan melalui grup WhatsApp memberikan panduan berkelanjutan dan memperkuat implementasi praktis. </em><em>Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan penerapan prinsip-prinsip Syariah dan nilai-nilai moderasi peserta, yang tercermin dari peningkatan skor pasca-tes. Peserta melaporkan peningkatan etika bisnis, kepercayaan pelanggan, dan kohesi sosial. Tantangan seperti kesenjangan pendanaan dan pelatihan ditangani dengan rekomendasi yang ditargetkan, termasuk akses ke pembiayaan Islam dan pendidikan berkelanjutan. </em><em>Studi ini menyoroti potensi integrasi ekonomi Syariah dan moderasi beragama untuk memberdayakan UMKM, berkontribusi pada pemerataan pembangunan ekonomi, dan mendorong ekosistem bisnis yang harmonis.</em></p> 2025-11-29T00:05:08+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/299 Peningkatan Literasi Keuangan Berbasis Agama Islam: Program Pengembangan Pengelolaan Keuangan Melalui Komunitas UMKM Di Batubara 2025-11-29T03:35:52+00:00 Reni Ria Armayani Hasibuan reniriaarmayani@uinsu.ac.id Muhammad Roihan Nasution reniriaarmayani@uinsu.ac.id Nur Fadhilah Ahmad Hasibuan nurfadhilahahmad@uinsu.ac.id <p>Literasi keuangan syariah merupakan salah satu pilar penting dalam pengelolaan keuangan yang beretika dan berkelanjutan, khususnya bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan berbasis agama Islam di kalangan UMKM melalui program sosialisasi, edukasi, dan pendampingan di Kabupaten Batubara. Metode Community-Based Participatory Research (CBPR) digunakan dalam pelaksanaan program ini untuk memastikan keterlibatan aktif antara pelaku UMKM, masyarakat, akademisi, dan stakeholder lainnya. Kegiatan berlangsung selama empat bulan, mencakup tahapan identifikasi kebutuhan, pelatihan, pengumpulan data, serta analisis dampak.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan syariah awal di kalangan UMKM dan masyarakat masih rendah, dengan lebih dari 90% peserta belum memahami konsep dasar seperti riba, gharar, dan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan syariah. Program yang dilaksanakan berhasil meningkatkan kesadaran dan pemahaman peserta mengenai pentingnya literasi keuangan syariah. Peserta juga mulai mengaplikasikan prinsip-prinsip syariah dalam pengelolaan keuangan usaha, seperti pemisahan keuangan pribadi dan bisnis serta pemanfaatan produk keuangan berbasis syariah.</p> <p>Program ini juga mengidentifikasi tantangan seperti keterbatasan infrastruktur digital dan akses informasi yang perlu ditangani untuk mendukung keberlanjutan program. Dengan kolaborasi lintas sektor, pengembangan infrastruktur, dan pendampingan berkelanjutan, program ini berpotensi menjadi model strategis untuk meningkatkan literasi keuangan syariah dan mendukung inklusi keuangan yang lebih luas.</p> 2025-11-29T00:18:38+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/325 Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Seni Lukis di Taman Kanak-Kanak Khadijah Muara Bungo 2025-11-29T03:35:51+00:00 Iffah Pohan dedisyaputraaa@gmail.com Dedi Syaputra dedisyaputraaa@gmail.com Nikmatul Muafiroh dedisyaputraaa@gmail.com Forlen Veronika dedisyaputraaa@gmail.com Wida Siti Hasanah dedisyaputraaa@gmail.com Ana Lestari dedisyaputraaa@gmail.com Janihon Janihon dedisyaputraaa@gmail.com <p><em>Painting is an effective method for developing creativity and training fine motor skills in early childhood. This study aims to enhance the creativity of children at Khadijah Muara Bungo Kindergarten through painting activities using colored pencils and other similar tools. The research method involved observation and direct learning in the classroom, allowing the children's development to be observed in real time during the activities. The results of the study show that through painting activities, children are able to express their ideas and feelings more freely, train hand-eye coordination, and increase self-confidence. In addition, painting activities provide a fun learning atmosphere that is not boring and encourages a spirit of exploration. This activity also contributes positively to supporting children's cognitive, social, and emotional development, making it highly relevant for application in the learning process in early childhood education</em></p> 2025-11-29T00:41:45+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/331 Integrasi Lingkungan Alam Sekitar Untuk Meningkatkan Calistung Pada Usia Sekolah Dasar Di Desa Tebing Tanjung Selamat, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat 2025-11-29T03:35:48+00:00 Fatmawati Fatmawati fatmecincau22@gmail.com Dinda Puspita fatmecincau22@gmail.com Dhini Aulia fatmecincau22@gmail.com Febriano Agid Pratama fatmecincau22@gmail.com Gunawan Saputra fatmecincau22@gmail.com Nanda Mustika fatmecincau22@gmail.com Nurul Zannah fatmecincau22@gmail.com Novia Ayu Pratiwi fatmecincau22@gmail.com Salsabila Irsani fatmecincau22@gmail.com Yusrizal Yusrizal fatmecincau22@gmail.com <p><em>The ability to read, write, and count (Calistung) is a fundamental skill that elementary school students must master as a foundation for further learning. In Tebing Tanjung Selamat Village, Padang Tualang Sub-district, Langkat Regency, students' Calistung proficiency remains low due to the lack of varied teaching methods and the underutilization of the surrounding natural environment as a learning resource. This Community Service Program (PKM) aims to improve students’ Calistung skills through the integration of the natural environment into the learning process. The program was implemented through teacher training, the development of contextual learning modules based on the local environment, and direct assistance during learning activities. The results of the program show a significant improvement in students' Calistung abilities, as indicated by the increase in average pre-test and post-test scores. Active participation from teachers, students, and the local community played a key role in the program’s success. In addition to improving students' basic competencies, the program produced valuable outputs such as learning modules and best practices that can be replicated in other rural areas with similar characteristics. Environment-based learning has proven to be effective, enjoyable, and relevant for enhancing students’ basic skills in rural settings.</em></p> 2025-11-29T01:26:50+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/302 Pembuatan dan Sosialisasi Tong Sampah Minim Asap 2025-11-29T03:35:47+00:00 Hamid Wijaya hamidwijaya35@gmail.com Sarazudin sarazudin2415@gmail.com Vadil Siswanto wahitpuma1@gmail.com Faizul fzul40762@gmail.com Sahlan sahlandnda824@gmail.com Nur Isholiha runahilohsi@gmail.com Nur Vela nurvela55@gmail.com Rima Meylani rimameylani826@gmail.com Risma rismasmansa55@gmail.com Rusmin rusminn02@gmail.com Ela ellarahmi44@gmail.com Julizar Mulya Saputri julizarms0@gmail.com Hairun Nisa Purnama hairunnisapurnamaawardin@gmail.com Marvin pipinmawasangka@gmail.com Muhammad Safrin iyanbagea07@gmail.com Fisdayu amor4ya890@gmail.com <p>Pengelolaan sampah di Kelurahan Lakorua sebagian besar masih dilakukan dengan cara pembakaran terbuka. Hal ini menimbulkan asap pekat yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat dan mencemari lingkungan. Melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini, mahasiswa melaksanakan program kerja berupa pembuatan dan sosialisasi “Tong Sampah Minim Asap” sebagai inovasi sederhana untuk mengurangi polusi udara. Kegiatan dilakukan melalui observasi lapangan, diskusi dengan perangkat desa dan masyarakat, pembuatan tong dari drum bekas dengan sistem ventilasi, uji coba, serta sosialisasi kepada warga. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa tong sampah yang dibuat mampu mengurangi asap pembakaran dibanding cara konvensional. Masyarakat menyambut baik program ini dan berencana mengembangkannya secara mandiri.</p> 2025-11-29T03:15:27+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/337 Pemberdayaan Pokdakan Suka Maju Melalui Pemanfaatan Limbah Industri Dan Pengaman Kolam Dengan IOT 2025-11-29T03:35:45+00:00 Soegeng Herijanto unwiku80@gmail.com Tri Watiningsih unwiku80@gmail.com Wasito Wasito unwiku80@gmail.com Nur Grasela Mawardani unwiku80@gmail.com Okta Rian Maulana unwiku80@gmail.com <p><em>This Community Service Program (PKM) aims to empower the Suka Maju Fish Farming Group in Langgongsari Village, Banyumas Regency, through the utilization of industrial waste as an alternative feed ingredient and the application of Internet of Things (IoT) technology for pond security systems. The partners consist of 30 members from a combination of three Pokdakan: Ulam Sari, Mina Mandala, and Mugi Barokah. The implementation method uses a mentoring and training approach including institutional strengthening, cultivation management training, industrial waste-based feed formulation, and the installation of IoT devices as a pond monitoring system. The results of the activities show an increase in the understanding and skills of partner members in tilapia cultivation techniques, the provision of seed through the mina padi system, and the ability to utilize industrial waste as an alternative feed. IoT technology also improves the security of the cultivation ponds. This program contributes to institutional strengthening, increased production capacity, and the cessation of freshwater fish farming businesses.</em></p> 2025-11-29T03:30:32+00:00 Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat