KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita <p>KOMUNITA adalah jurnal yang menerbitkan karya ilmiah dalam bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Terbit 4 kali setahun yaitu bulan <strong>Februari, Mei</strong>, <strong>Agustus, dan November</strong></p> en-US admin@pelitanusa.or.id (Muhamad Akrom) akromyoums43@gmail.com (Komunita) Wed, 27 Aug 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Sastra, Kosakata, dan Gamifikasi: Sebuah Eksplorasi Literasi Bahasa Inggris untuk Anak https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/221 <p>Tujuan dari artikel pengabdian ini adalah untuk mengeksplorasi pemanfaatan sastra, khususnya dongeng dan permainan Tebak Kata sebagai alternatif pembelajaran kosakata yang efektif dan menyenangkan bagi anak-anak usia dini. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode terpadu (mixed method) dengan pendekatan Explanatory Sequential Design (pengumpulan data kuantitatif melalui survei kepada 20 mahasiswa pengajar dilanjutkan dengan pengumpulan data kualitatif melalui wawancara dengan 3 narasumber). Survei menggunakan skala Likert dan wawancara semi-struktural untuk menggali persepsi dari mahasiswa pengajar. Data dari keduanya dianalisis dengan analisis data terpadu (mixed-method analysis) dengan model analisis interaktif. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Masjid Al-Ikhlas, Prima Garden Estate, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, selama tiga minggu pada bulan April 2025. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa mayoritas pengajar (85%-90%) merasa bahwa penggunaan dongeng dan permainan Tebak Kata sangat efektif dalam membantu anak-anak mengingat dan memahami kosakata baru, serta meningkatkan minat mereka dalam belajar. Meskipun terdapat tantangan dalam menjaga fokus anak-anak dan mengajarkan kosakata yang lebih kompleks, metode ini terbukti lebih disukai oleh anak-anak dibandingkan dengan metode pengajaran konvensional.</p> Eliasanti Agustina Elia, Rahmat Setiawan, Fajar Susanto, Ferra Dian Andanty Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/221 Tue, 05 Aug 2025 00:00:00 +0000 Pendampingan Penguatan Literasi bagi Karang Taruna Desa Kandangmas untuk Mewujudkan Kandangmas Sebagai Desa Cerdas https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/176 <p><em>Kandangmas Village is one of the fostered villages of Muria Kudus University located in Dawe District, Kudus Regency, where one of the problems is the lack of development of youth organizations. Thus, the community service team intends to carry out activities with the aim of strengthening and improving the skills of youth organizations in literacy, numeracy, and digital literacy, so that it is expected to be able to apply them in the Kandangmas Village Community. The implementation method used in this activity is program socialization, training and application of technology, evaluation, and follow-up. Participants in this activity are members of the Kandangmas Village youth organization. The implementation of this mentoring activity is by providing training to youth organizations regarding the importance of literacy in everyday life. The results achieved from the implementation of this training are increasing the insight and skills of youth organizations regarding literacy, numeracy, and digital literacy, which can then be applied to the wider community to realize Kandangmas Village as a Smart Village that has an impact on the progress of the Indonesian nation</em>.</p> Nafi’ Inayati Zahro, Jayanti Putri Purwaningrum, Sugoro Bhakti Sutono, Riawan Yudi Purwoko Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/176 Sun, 03 Aug 2025 11:06:16 +0000 Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi Kampung Wisata Barokah di Desa Gerdu Kabupaten Karanganyar https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/193 <p><em>This study aims to improve the understanding and skills of Kampung Wisata Barokah social media managers in utilizing social media as an effective promotional tool. Social media has proven to be an efficient platform for reaching a wider audience at low cost, especially in the tourism sector. Although Kampung Wisata Barokah has great potential, its social media management is still suboptimal due to the limited knowledge and skills of its managers. Through a participatory approach, the community service team conducted a workshop consisting of three stages: preparation, implementation, and reflection. The training covered creative content creation, understanding social media platform features, and digital marketing strategies. Evaluation results using pre-tests and post-tests showed a significant increase in participants' understanding, from an average of 40% to 100% after the training. The workshop not only provided theoretical knowledge but also practical skills that could be directly applied in promoting tourist destinations. It is hoped that the social media managers of Kampung Wisata Barokah can utilize social media optimally to increase tourist visits and empower the local economy.</em></p> husna nur amalina, Hanifah Islamiyah, Adimas Maditra Permana, Ahimsa Adi Wibowo, Joko Suranto, Sri Herwindya Baskara Wijaya, Henricus Hans Setyawan Wibowo, Ina Primasari, Deniawan Tommy Chandra Wijaya Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/193 Sun, 03 Aug 2025 11:22:42 +0000 Pemberdayaan Petani Kopi Manggarai Timur melalui Optimisasi Pemasaran Berbasis Website Interaktif https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/223 <p><em>Indonesia is one of the world's leading coffee producers, offering a wide variety of flavors and characteristics across its regions, including the eastern part of the archipelago. One promising area is Rende Nao Village, located in Lamba Leda Timur District, East Manggarai Regency, which is known for its Colol coffee. Despite its high quality and strong market potential, the use of digital media for marketing remains limited. The East Manggarai Coffee Farmers Association (ASNIKOM) has established an official website; however, low levels of digital literacy and ineffective content management hinder efforts to expand market reach and build a strong digital product identity. In response to these challenges, this community engagement program was conducted to introduce the concept of an interactive website as an initial strategy to enhance the digital marketing capacity of local coffee farmers. The program employed a participatory and educational approach, involving discussions, needs assessments, and demonstrations of basic website features. Rather than focusing on advanced technical training, the initiative emphasized conceptual understanding and content planning based on local input. As a result, the program increased awareness of the potential of digital marketing and led to the development of an initial strategy for ASNIKOM’s website, laying the foundation for strengthening farmers’ digital competencies as an adaptive step toward sustainable and technology-based coffee marketing practices.</em></p> Septi Andryana, Teddy Mantoro, Ben Rahman, Aris Gunaryati, Mohammad Iwan Wahyuddin, Abdul Rahman Wijaya Putra Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/223 Sun, 03 Aug 2025 00:00:00 +0000 Kepemimpinan Dalam Kreativitas Mengubah Kain Perca Menjadi Produk Bernilai https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/189 <p>Proyek “Kepemimpinan dalam Kreativitas: Mengubah Kain Perca Menjadi Produk Bernilai” bertujuan untuk mengatasi permasalahan limbah kain perca di lingkungan Desa Blender serta meningkatkan kreativitas masyarakat, khususnya kelompok ibu PKK. Melalui pelatihan, penngumpulan bahan, dan proses produksi, warga setempat diajarkan untuk memanfaatkan kain perca bekas menjadi produk inovatif seperti dompet, bros dan aksesoris lainnya. Program ini tidak hanya mendukung kegiatan ekonomi berbasis kreativitas, tetapi juga berkontribusi pada pelestaarian lingkungan dengan mengurangi limbah kain perca. Tantangan utama meliputi pembiayaan, persaingan pasar, dan manajemen waktu, namun dengan kerjasama dan inovasi, proyek ini mampu mencapai target yang diharapkan. Diharapkan, hasil dari kegiatan ini dapat memberdayakan masyarakat sekaligus dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan ekonomi lokal.</p> Yopi Nisa Febianti, Risma Wati, Diana Anggraeni Aprianti, Agam Aditya Syamputra, Mita Mita, Kusuma Eni Pertiwi, Muhammad Azizul Kamaludin, Fauziyah Maharani, Firly Firly, Zurrich Guntur Perkasa Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/189 Sun, 03 Aug 2025 11:52:26 +0000 Pemberdayaan Persiapan Kerja melalui Pelatihan Soft Skill pada Siswa SMA Budi Mulia Karawang https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/194 <p>Pemberdayaan ini didasarkan pada pentingnya peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui pengembangan&nbsp;<em>soft skill</em>&nbsp;untuk menghadapi tantangan dunia kerja, khususnya bagi siswa SMA yang tidak memiliki orientasi langsung terhadap kompetensi kerja seperti lulusan SMK. SMA Budi Mulia Karawang, yang berlokasi di tengah kawasan industri, menjadi fokus program ini karena masih tingginya tingkat pengangguran di daerah tersebut. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberdayakan siswa kelas XII melalui pelatihan&nbsp;<em>soft skill</em>&nbsp;seperti&nbsp;<em>personal branding</em>, pembuatan CV,&nbsp;<em>professional grooming</em>, dan praktik wawancara kerja, guna meningkatkan daya saing mereka di pasar kerja. Metode yang digunakan meliputi tiga tahap: (1) persiapan yang mencakup analisis kebutuhan, koordinasi dengan sekolah, dan penyusunan materi; (2) pelaksanaan terdiri dari <em>workshop</em>&nbsp;partisipatif dengan 148 siswa; dan (3) monitoring dan evaluasi melalui angket kepuasan peserta. Kegiatan ini mendapat respons positif dan antusiasme tinggi dari peserta, yang terlihat dari partisipasi aktif selama sesi serta hasil evaluasi melalui angket kepuasan. Materi <em>professional grooming</em> mendapatkan apresiasi tertinggi, diikuti oleh <em>personal branding </em>dan praktik wawancara kerja. Hal ini menunjukkan bahwa siswa sangat membutuhkan pelatihan keterampilan interpersonal serta persiapan diri secara menyeluruh sebelum memasuki dunia kerja. Kegiatan ini memiliki kontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Perlunya pelatihan&nbsp;<em>soft skill</em>&nbsp;bagi siswa SMA merupakan langkah strategis dalam mempersiapkan lulusan SMA agar lebih siap bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif, terutama di wilayah industri seperti Karawang.</p> Prakas Agrestian, Achmad Yasir Munadi Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/194 Sun, 03 Aug 2025 22:48:54 +0000 Pengembangan UMKM VCO oleh PKK Bunulrejo dalam Mendorong Kemandirian Ekonomi https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/208 <p>Kelompok PKK RT 05 RW 07 Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, yang mayoritas warganya bekerja di sektor informal, terdampak signifikan oleh pandemi Covid-19. Untuk meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan, Jurusan Teknik Kimia melakukan program pengabdian masyarakat yang difokuskan pada pendampingan pengembangan UMKM berbasis VCO melalui berbagai strategi, seperti analisis awal kondisi usaha dan dilanjutkan dengan merumuskan rencana strategis dalam peningkatan kualitas produk serta kapasitas produksi, pelatihan teknis produksi dan manajemen, pemasaran, penguatan SDM, akses pasar, serta penerapan praktik berkelanjutan dan inovatif. Pendampingan ini bersifat menyeluruh dan berkelanjutan untuk meningkatkan kapasitas produksi, kualitas produk, dan daya saing kelompok ibu-ibu PKK dalam menghadapi tantangan ekonomi. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan ini adalah dengan ceramah, diskusi terkait manajemen rantai pasokan bahan baku hingga produk VCO, dan mendemonstrasikan teknik pembuatan turunan VCO serta analisa ekonomi. Hasil yang diperoleh dari program tersebut adalah masyarakat memiliki pengetahuan tentang pembuatan VCO dalam skala industri rumah tangga dengan baik, perhitungan analisa ekonomi dan metode pemasaran secara daring. Hasil posttest para peserta menunjukkan nilai yang signifikan dibanding nilai pretest setelah mengikuti program tersebut. Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini tidak hanya diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang manfaat dari pengolahan VCO, namun mampu meningkatkan potensi ekonomi bagi warga terdampak.</p> Mochammad Agung Indra Iswara, Yanty Maryanty, Ari Susanti, May Kurnia Pratiwi, Anugrah Windy Mustikarini, Tri Yulistyawati Evelina Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/208 Sun, 03 Aug 2025 23:00:44 +0000 Penyuluhan DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan dan Buang Obat dengan Benar) di Puskesmas Siliwangi Kabupaten Garut https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/204 <p>Tingkat pemahaman masyarakat tentang penggunaan obat yang tepat masih rendah, sehingga berisiko menyebabkan penyalahgunaan obat, medication error, dan pencemaran lingkungan akibat pembuangan obat yang tidak tepat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat melalui penyuluhan program DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, dan Buang Obat dengan Benar). Kegiatan dilaksanakan pada 19 April 2025 di Puskesmas Siliwangi, Kabupaten Garut, dengan melibatkan 46 peserta. Metode yang digunakan adalah penyuluhan berbasis partisipatif yang mencakup ceramah edukatif, distribusi leaflet, dan sesi tanya jawab. Materi yang disampaikan mencakup penggolongan obat, cara memperoleh obat secara legal, penggunaan obat sesuai aturan, penyimpanan yang benar, dan pembuangan obat yang aman. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dari peserta serta peningkatan pemahaman mereka terhadap pengelolaan obat di rumah. Sesi tanya jawab memperlihatkan keaktifan peserta dan menjadi indikator keberhasilan penyampaian materi. Program DAGUSIBU terbukti relevan dalam meningkatkan literasi kesehatan masyarakat dan mendukung upaya pencegahan penyalahgunaan obat. Edukasi semacam ini diharapkan dapat membentuk perilaku masyarakat yang lebih bijak, bertanggung jawab, dan rasional dalam penggunaan obat</p> Widia Salsabila Khoerunisa, Ruswanto Ruswanto Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/204 Sun, 03 Aug 2025 23:15:30 +0000 Revitalisasi Masyarakat Ekologis: Program Pengabdian Masyarakat melalui Aksi Sosial Reboisasi di Desa Nagrak Kabupaten Subang https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/213 <p><em>This paper aims to explain social action programs to encourage the revitalization of ecological communities that emphasize the ecological principles within a social framework to build a harmonious relationship between humans and their natural environment. In the Indonesian context, the real impacts of climate change, particularly forest destruction, have catalyzed various initiatives, including the Climate Village Program (ProKlim), which promotes community engagement in climate management. The methodology used in this program includes several stages, from preparatory activities and field analysis to implementation, involving collaboration between lecturers, students, and local communities. This social action was implemented in Nagrak Village in Ciater District, Subang Regency, as a study. The village faces challenges posed by climate change and environmental pressures stemming from tourism activities. To address these issues, social action was implemented in the form of a reforestation initiative, concentrating on planting 100 trees as a mitigation strategy and an effort to raise community awareness. The outcomes of this program go beyond restoring the ecological functions of the land; they also include increasing ecological literacy and empowering the community in addressing climate change. Tree planting is done with careful consideration of the needs of the local ecosystem, the adaptability of the tree species, and long-term sustainability. This program of activities concludes that ecological community revitalization initiatives through community-based collective action can serve as an effective model to mitigate climate change and foster more ecologically resilient communities.</em></p> Tomi Setiawan, John Alfarobi Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/213 Sun, 03 Aug 2025 23:27:50 +0000 Pendampingan Pembelajaran Menggunakan Media LEGO bagi Anak Usia Dini di TK SATAP SDK Olabolo https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/201 <p>The cognitive, motor and social emotional abilities of young children are greatly influenced by the stimulation provided through a learning process that is appropriate to their stage of development. One effective approach is through the use of concrete and fun learning media. LEGO media is an educational game tool that can stimulate children's creativity, logical thinking abilities and fine motor coordination. However, at SATAP SDK Olabolo Kindergarten, the use of this kind of learning media is not optimal, both due to limited resources and lack of teacher training in integrating LEGO media in the learning process. This service activity aims to improve the quality of learning at SATAP SDK Olabolo Kindergarten through intensive assistance to teachers and students in using LEGO media as a learning tool. The methods used in this activity include the initial observation stage, teacher training, direct assistance in the classroom, as well as joint evaluation and reflection. Teacher training focuses on understanding the concept of play-based learning, designing educational activities using LEGO, as well as strategies for facilitating children in directed play activities. Meanwhile, assistance to students is carried out through structured play and learning activities with the guidance of teachers and the service team. The results of the activity show that the use of LEGO media is able to increase children's involvement in learning activities, make it easier for teachers to convey basic concepts such as shapes, colors and patterns, and foster social skills such as cooperation and communication between children. Teachers also show an increase in creativity in designing interesting and meaningful learning. It is hoped that this activity can become a model for developing applicable and sustainable learning in schools, especially in areas with limited access to modern learning media</p> Konstantinus Dua Dhiu Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/201 Sun, 03 Aug 2025 23:52:48 +0000 Pendampingan Guru PJOK SD Dalam Desain Pembelajaran Penjas Melalui Tinju Tradisional “Sagi” Di Gugus Golewa Kabupaten Ngada https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/206 <p><em>Community service activities aim to enhance the capacity of elementary school physical education (PJOK) teachers in designing innovative, culturally rooted learning through the traditional martial art of “Sagi.” The main issue faced by the partner group elementary school teachers in the Golewa Cluster, Ngada Regency is the lack of knowledge and skills in teaching traditional sports, as well as the absence of structured teaching materials or instructional modules. To address this issue, the service team carried out a series of mentoring activities including: needs assessment, training in instructional design for basic “Sagi” boxing, and classroom-based teaching simulations. This approach is expected to improve teachers’ pedagogical competence and strengthen students’ character education by integrating local cultural values such as discipline, courage, and cooperation. Evaluation results showed an increase in teachers’ understanding of how to design and implement PJOK learning using “Sagi” boxing in a more contextual and engaging manner. The activity demonstrated that practice-based mentoring supported by digital media can effectively address the challenges of PJOK instruction in local contexts. It is also recommended that this program be replicated in other school clusters.</em></p> Bernabas Wani, Nikodemus Bate Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/206 Mon, 04 Aug 2025 00:07:21 +0000 Peran Pengenalan Investasi terhadap Ibu-Ibu PKK Taman Permata Cikunir, Bekasi Selatan https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/220 <p><em>This community service program aims to enhance financial and investment literacy among PKK mothers in Taman Permata Cikunir, South Bekasi. Using an educational approach tailored to community needs, the activity involved two main sessions covering basic investment concepts, household financial planning, and the risks of illegal investment schemes. Evaluation was conducted using pre-tests and post-tests to measure program effectiveness. Results showed an average increase of 26% in participants' understanding, with significant improvement in budgeting and investment risk topics. These findings highlight the importance of community-based educational interventions. Improved investment literacy is expected to empower PKK mothers to manage household finances wisely and select appropriate financial instruments. This initiative contributes to women’s economic empowerment and promotes a healthier, more sustainable local financial ecosystem.</em></p> Novia Utami, Teresia Angelia Kusumahadi Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/220 Mon, 04 Aug 2025 00:18:21 +0000 Pengembangan Eduwisata Kampoeng Toron Semalam Berbasis Ethnoscience Website untuk Meningkatkan Potensi Wisata Desa Blumbungan https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/202 <p>Kegiatan pengabdian ini memiliki kegiatan utama dalam penyuluhan pengembangan eduwisata Kampoeng Toron Semalam berbasis ethnoscience website untuk meningkatkan potensi wisata desa blumbungan. Kegiatan ini untuk memaksimalkan potensi tempat wisata dengan menggunakan konsep edukasi wisata, khususnya dalam materi IPA yang terdiri atas konsep kimia, fisika, dan biologi. Tahapan kem giatan dengan menggunakan beberapa pendekatan yang akan dilakukan pada pengabdian masyarakat ini, yaitu: Community Development, Pesuasif, Edukatif, Partisipatif, dan Normatif. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini adalah berhasilnya kegiatan pengabdian tentang penyuluhan pengembangan eduwisata Kampoeng Toron Semalam berbasis ethnoscience website untuk meningkatkan potensi wisata Desa Blumbungan. Hasil rata-rata persentase angket respon masyarakat pada indikator eduwisata 85% (Sangat Baik), manfaat 80% (Sangat Baik), dan Kelanjutan 83% (Sangat Baik) serta rata-rata persentase angket respon siswa pada indikator eduwisata 90% (Sangat Baik), manfaat 86% (Sangat Baik), dan Kelanjutan 88% (Sangat Baik).</p> Bagus Rendy, Aditya Rakhmawan Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/202 Mon, 04 Aug 2025 00:29:23 +0000 Edukasi Mitigasi Bencana Kebakaran di Kelompok Bermain (KB) Al-Furqon Kota Batu https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/203 <p>Kelompok Bermain (KB) Al-Furqon terletak di Kota Batu. Permasalahan utama pada KB Al-Furqon ialah keterbatasan dana untuk melaksanakan pembelajaran di luar sekolah karena dana yang ada hanya dapat digunakan untuk operasional belajar-mengajar di kelas. Jika dilihat dari kegiatan luar sekolah yang pernah dikerjakan, para siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran luar sekolah. Berdasarkan permasalahan ini, salah satu alternatif yang dapat dilakukan ialah dengan mengadakan kegiatan belajar di luar sekolah, yaitu edukasi mitigasi bencana kebakaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membangun kesadaran akan pentingnya keselamatan sejak dini. Analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pendidikan pada anak di usia dini akan sangat mempengaruhi kemampuan mereka dalam menghadapi segala sesuatu di masa mendatang. Anak-anak akan lebih mampu dan selalu siaga dalam mengambil keputusan untuk mecegah terjadinya kebakaran serta tindakan awal jika terjadi kebakaran. Dari berbagai tahapan yang telah dilakukan terbukti adanya peningkatan dalam kesadaran dan kesiapsiagaan mitigasi bencana kebakaran. Survei awal menunjukkan pemahaman guru yang terbatas, namun edukasi dan simulasi praktis, termasuk pengenalan APAR dan evakuasi, berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa serta guru. Tingginya partisipasi dan antusiasme dari guru dan siswa menandakan keberhasilan program dalam menanamkan pentingnya mitigasi kebakaran sejak dini.</p> Yehezkiel Septian Yoganata, Rofila El Maghfiroh, Nur Laily Lupita Sari, Aulia Rahman, Indah Ria Riskiyah, Novita Anggraini Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/203 Mon, 04 Aug 2025 00:40:24 +0000 Sustainable Waste Management melalui Eco-Entrepreneurship: Pelatihan untuk Mengubah Sampah Menjadi Berkah https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/207 <p><em>Household waste management in Pekanbaru, particularly plastic waste, remains a critical challenge with environmental and economic implications. This community service program aimed to empower housewives through eco-entrepreneurship training based on the 3R principles (Reduce, Reuse, Recycle). The program adopted a Participatory Action Research approach, integrating educational, persuasive, and participatory methods. The results revealed significant improvements in recycling behavior and the production of five types of marketable decorative products, including recycled mirrors and wooden racks. In addition to fostering environmental awareness, the program also created new household-level economic opportunities. These findings demonstrate that empowering communities through environmentally-based entrepreneurship can support behavior change and contribute to the achievement of Sustainable Development Goals, particularly SDG 5 and SDG 12.</em></p> Rifqa Gusmida Syahrun Barokah, Eva Astuti Mulyani, Mahmud Alpusari, Mitha Dwi Anggriani, Guslinda Guslinda, Neni Hermita, Munjiantun Munjiantun Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/207 Mon, 04 Aug 2025 01:48:54 +0000 Statistika Menyapa Sekolah: Inspirasi, Edukasi, dan Aplikasi Nyata dalam Meningkatkan Literasi Statistika dan Visualisasi Informasi di SMA Islam Al Mujaddid Kota Sabang https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/210 <p><em>Community service is an essential component of the Tri Dharma of Higher Education, aimed at making a tangible contribution to society. This activity sought to enhance statistical literacy and information visualization skills among students of SMA Islam Al Mujaddid Kota Sabang through campus education and infographics training. The activity was carried out on April 19, 2025</em> <em>, and was attended by 32 participants. The implementation method involved a participatory approach through interactive counseling and hands-on training. The results of the activity indicated an improvement in students’ understanding of statistics, as well as strong interest and skills in creating infographics and conveying information visually. This program successfully strengthened the synergy between higher education institutions and secondary schools. It also produced tangible outputs, including a basic training module and student-designed infographics. The activity opens up opportunities for further and continuous training initiatives.</em></p> Marzuki Marzuki, Akramul Ula, M Imam Bagus Lulhaq, Jefri Munandar, Hikmal Aprilian, Alfiandi Alfiandi, T Afrah Hifdhillah, Deni Saputra Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/210 Mon, 04 Aug 2025 02:58:54 +0000 Optimalisasi Penerimaan Pajak Daerah (Pajak Bumi dan Bangunan /PBB) di Nagari Magek Kabupaten Agam melalui Inovasi Pembayaran Berbasis Hasil Pertanian https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/212 <p>Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Nagari Magek, Kabupaten Agam, yang selama ini menghadapi permasalahan rendahnya kesadaran masyarakat dan ketidakakuratan data objek pajak. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) merupakan salah satu sumber penting Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berfungsi mendukung pembangunan infrastruktur dan layanan publik. Metode pendekatan yang digunakan bersifat partisipatif, edukatif, kolaboratif, dan berbasis bukti melalui wawancara, sosialisasi, pemetaan data pajak, serta diskusi kelompok bersama masyarakat dan pemerintah nagari. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa edukasi meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap PBB, dan inovasi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) &nbsp;menggunakan hasil panen pisang menjadi alternatif solusi yang relevan dengan kondisi lokal, mendukung ketahanan pangan sekaligus meningkatkan kepatuhan fiskal. Program ini juga menghasilkan luaran berupa modul sosialisasi dan peta tematik pajak. Kolaborasi antara universitas, masyarakat, dan pemerintah nagari menunjukkan efektivitas pengabdian berbasis pemberdayaan fiskal lokal yang dapat direplikasi di daerah agraris lainnya</p> Dwila Maresti, Titik Delmarsih, Arrum Komala Sari, Syarifah Zuhra, Muhammad Wafiq, Aga Arye Perdana, Rio Rahmat Yusran, Sri Wahyuni Riza, Yessi, Wenny Sofia, Afridian Wirahadi Ahmad Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/212 Mon, 04 Aug 2025 03:12:43 +0000 MENTORA: Inovasi Digital untuk Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Data https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/225 <p>Kegiatan Pelatihan dan Serah Terima Aplikasi MENTORA dilaksanakan oleh Grup Riset Applied Data Science and AI (DSAI) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melalui skema Pengabdian Kepada Masyarakat Hibah Grup Riset (PKM HGR-UNS) pada 10 Juli 2025 di D3 Teknik Informatika, Sekolah Vokasi UNS. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan efektivitas pengelolaan data pendampingan komunitas dengan memanfaatkan teknologi informasi. MENTORA adalah aplikasi digital inovatif yang dirancang untuk mendukung pemberdayaan masyarakat berbasis wilayah dengan fitur unggulan seperti Admin Center, Fasilitator Hub, Group Management, Community Management, Activity Management, Activity Insights Dashboard, dan Data Exporter. Pelatihan diikuti oleh admin dan fasilitator yang akan mengoperasikan aplikasi di lapangan untuk memastikan implementasi optimal. Acara ini juga menjadi momentum inisiasi kerja sama tridharma perguruan tinggi antara UNS dan Majelis Pemberdayaan Masyarakat PP Muhammadiyah. Diharapkan dengan hadirnya MENTORA, pengelolaan data pendampingan masyarakat menjadi lebih terstruktur, transparan, dan mendukung transformasi digital di komunitas.</p> Fiddin Yusfida, Hartatik Hartatik, Nurul Firdaus, Berliana Kusuma Riasti, Andy Supriyadi Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/225 Mon, 04 Aug 2025 03:36:58 +0000 Pendampingan Tata Cara Beribadah Bagi Mualaf Melalui Peran Aktif KUA Sebagai Lembaga Pembinaan Keagamaan https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/216 <p>Indonesia, dengan mayoritas penduduk muslim, memiliki dinamika sosial unik terkait fenomena mualaf. Proses transisi keagamaan ini sering diwarnai tantangan, terutama dalam memahami dan mengimplementasikan tata cara ibadah sesuai syariat, seperti salat dan puasa. Kondisi ini menyoroti urgensi pendampingan intensif dan terstruktur. Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai lembaga pemerintah di tingkat kecamatan memiliki potensi besar untuk berperan aktif dalam pembinaan mualaf. Meskipun studi sebelumnya membahas peran lembaga keagamaan dalam pembinaan umat, belum banyak kajian yang secara spesifik membahas model pendampingan tata cara beribadah bagi mualaf melalui optimalisasi peran aktif KUA. Artikel ini bertujuan merumuskan model pendampingan ibadah yang efektif bagi mualaf melalui peran aktif KUA dan mengevaluasi dampaknya terhadap peningkatan pemahaman dan praktik ibadah mualaf. Dengan menggunakan pendekatan <em>Asset-Based Community Development</em> (ABCD) melalui tahapan <em>Discovery, Dream, Design, Deliver</em>, dan <em>Destiny</em>, program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama dua minggu di Kecamatan Tegalrejo. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan praktik ibadah mualaf, didukung oleh pemanfaatan aset KUA (SDM kompeten, fasilitas, jaringan) dan semangat belajar mualaf. Model pendampingan yang terstruktur, praktis, dan adaptif terbukti efektif. KUA Tegalrejo berkomitmen untuk mengintegrasikan program ini ke dalam agenda rutin mereka, menunjukkan potensi keberlanjutan yang tinggi. Studi ini menegaskan peran krusial KUA sebagai pusat pembinaan mualaf yang efektif di Indonesia.</p> Muntamah, Laili Syarifa Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/216 Mon, 04 Aug 2025 13:27:45 +0000 Optimalisasi Arbitre Pentanque dalam Mendukung Pelaksanaan Kejuaraan Provinsi (KejurProv) Kalimantan Selatan https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/217 <p>Program Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Jasmani FKIP Universitas Lambung Mangkurat bekerja sama dengan Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kalimantan Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan minimnya jumlah arbitre (wasit) pétanque serta minimnya pengalaman dan pemahaman arbitre terhadap peraturan resmi cabang olahraga petanque. Solusi yang ditawarkan dalam program ini meliputi penyegaran melalui sosialisasi <em>Rules of the Game</em> dan <em>Technical Handbook</em> Kejuaraan Provinsi (Kejurprov), serta pelatihan dalam bentuk <em>coaching clinic</em> yang dikemas melalui simulasi mini turnamen. Kegiatan dilaksanakan pada 14–15 Juni 2025 di Kabupaten Tanah Laut dan diikuti oleh 26 arbitre dari 13 kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, dengan nilai rata-rata pengetahuan naik dari 79,2 (pre-test) menjadi 87,9 (post-test), serta peningkatan ketegasan dan kepekaan arbitre dalam pengambilan keputusan saat memimpin pertandingan. Program ini terbukti efektif dalam meningkatkan profesionalisme arbitre pentanque dan direkomendasikan untuk dilakukan secara berkelanjutan dalam rangka mendukung pelaksanaan Kejurprov Petanque Kalimantan Selatan yang tertib dan berkualitas.</p> Edwin Wahyu Dirgantoro, Rahmadi Rahmadi, Kuncoro Darumoyo, Muhammad Ridho Alifandi, Nisrina Nuraini, Lazuardy Akbar Fauzan Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/217 Mon, 04 Aug 2025 13:41:20 +0000 Pendampingan Pentas Seni Berbasis Projek Merdeka Belajar bagi Siswa SDN 4 dan SDN 6 Metro Timur https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/228 <p><em>This community‑service program implemented a project‑based art performance mentoring model for elementary students of SD 4 and SD 6 Metro Timur from 13 June to 13 July 2025. The one‑month program consisted of (1) needs analysis, (2) on‑site coaching clinics in each school, and (3) a culminating “Gelar Karya” showcase at Universitas Muhammadiyah Metro. Mixed‑method evaluation combining observation sheets, interviews, and a creativity rubric indicated (a) a 42 % increase in students’ self‑confidence scores, (b) improved collaboration between teachers and university mentors, and (c) the production of multidisciplinary artifacts (drama, books, local‑food products) aligned with the Merdeka Belajar framework. The model proves effective in cultivating 6C competencies and can be replicated in other schools with minimal cost.</em></p> Alfarisi, Ade Gunawan, Andi Widiono, Adya Rosa Prasasti, Titin Sarwendah, Fikriana, Bobi Hidayat Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/228 Mon, 04 Aug 2025 13:58:56 +0000 Penguatan Literasi Dasar Melalui Model Pembelajaran Kontekstual dan Problem Based Learning di Daerah Minim Akses Digital https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/224 <p><em>Literacy is a fundamental prerequisite for developing students’ academic competencies. However, the 2022 PISA survey revealed that Indonesian students’ reading literacy remains low, especially in remote areas such as SDN 4 Sembiran, which faces limited internet access and challenging socio-economic conditions. This community service aims to improve basic literacy skills through an integrated learning approach combining contextual teaching and problem-based learning, based on students’ ability grouping. The method involved eight literacy training sessions supported by participatory observation and formative evaluation. Results showed significant progress in students’ ability to recognize letters, write, read syllables, words, simple sentences, and comprehend texts. More advanced students were able to read short passages, answer text-based questions, and compose simple paragraphs. The main challenges were pronunciation of consonant clusters and mastery of silent letters, which were gradually overcome with consistent guidance and adaptive methods. This program highlights the importance of ability-based grouping, integration of contextually relevant teaching methods, and active literacy facilitation. Approaches linking learning materials to real-life contexts and problem-solving effectively enhanced students’ motivation and literacy skills in remote areas. Structured and sustainable learning strategies are key to successfully improving basic literacy across varying student abilities.</em></p> Suari Agung, Kadek Sukra Suantari, Luh Anggariyanti, Ni Putu Eka Octavia Darmayanti, Gusti Ayu Made Meirayanti, Komang Dedi Juniarta Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/224 Mon, 04 Aug 2025 14:26:28 +0000 Penguatan Kerukunan dan Sinergi Masyarakat Multi-Religi Berbasis Moderasi Beragama di Desa Tarokan, Kabupaten Kediri https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/192 <p><em>Interreligious harmony and societal synergy are critical in multicultural societies, particularly regions with significant religious diversity. This study focuses on Tarokan Village, Kediri Regency, where the community comprises multiple religious groups, including Islam, Hinduism, Christianity, and the indigenous Javanese belief system, Sapto Dharmo. Given the sensitivity of religious issues and their potential to disrupt social cohesion, fostering mutual understanding and cooperation among diverse religious groups is essential.Using Participatory Action Research (PAR), this community engagement initiative actively involved residents in problem identification, program implementation, and outcome evaluation. The PAR approach empowered the multi-religious community to design, execute, and assess collaborative activities aimed at strengthening social bonds, nurturing tolerance, and promoting religious moderation as a foundation for harmonious coexistence. Key outcomes of this initiative include the establishment of a communication forum comprising youth representatives, government officials, and religious leaders. This forum facilitated the development of a shared vision for maintaining interreligious harmony through joint socio-cultural and economic activities. By emphasizing collaboration and mutual respect, the initiative reinforced the notion that religious differences should be valued as part of a shared identity while serving as a unifying force for community development. The findings highlight the importance of participatory approaches in fostering sustainable interreligious harmony and offer a replicable model for similar multi-religious communities.</em></p> <p><em>Kerukunan antarumat beragama dan sinergi masyarakat merupakan hal krusial dalam masyarakat multikultural, terutama di wilayah dengan keragaman agama yang signifikan. Penelitian ini berfokus pada Desa Tarokan, Kabupaten Kediri, di mana masyarakatnya terdiri dari berbagai kelompok agama, termasuk Islam, Hindu, Kristen, dan kepercayaan lokal Jawa, Sapto Dharmo. Mengingat sensitivitas isu agama dan potensinya untuk mengganggu kohesi sosial, upaya meningkatkan pemahaman bersama dan kerja sama antarumat beragama menjadi sangat penting. Dengan menggunakan&nbsp;Participatory Action Research&nbsp;(PAR), program pengabdian masyarakat ini melibatkan warga secara aktif dalam identifikasi masalah, pelaksanaan program, dan evaluasi hasil. Pendekatan PAR memberdayakan masyarakat multireligi untuk merancang, melaksanakan, dan menilai kegiatan kolaboratif yang bertujuan memperkuat ikatan sosial, menumbuhkan toleransi, serta mempromosikan moderasi beragama sebagai dasar hidup berdampingan secara harmonis. Hasil utama dari inisiatif ini mencakup pembentukan forum komunikasi yang terdiri dari perwakilan pemuda, aparat pemerintah, dan tokoh agama. Forum ini memfasilitasi penyusunan visi bersama dalam menjaga kerukunan beragama melalui kegiatan sosial-budaya dan ekonomi yang dilakukan secara kolektif. Dengan menekankan kolaborasi dan saling menghargai, program ini memperkuat pandangan bahwa perbedaan agama harus dihargai sebagai bagian dari identitas bersama sekaligus menjadi pemersatu dalam pembangunan masyarakat. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan partisipatif dalam menciptakan kerukunan beragama yang berkelanjutan serta menyajikan model yang dapat direplikasi di komunitas multireligi lainnya.</em></p> <p>&nbsp;</p> Akhmad Jazuli Afandi, Gigih Wahyu Pratomo Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/192 Wed, 13 Aug 2025 10:58:57 +0000 Peningkatan Literasi Bahasa Inggris Siswa/i SD Negeri Cihuni III melalui Kegiatan Spelling Bee dan Storytelling https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/209 <p>Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dasar bahasa Inggris siswa kelas III di SDN Cihuni III melalui pendekatan fonik. Kegiatan dilakukan secara tatap muka selama delapan minggu dengan melibatkan tim dosen dan mahasiswa dari Program Studi PGSD dan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pelita Harapan, bekerja sama dengan Yayasan Komuniklasika. Metode fonik dipilih karena efektif dalam membangun keterampilan membaca awal dengan mengaitkan bunyi huruf dan kata. Kegiatan pembelajaran difokuskan pada pengenalan bunyi huruf, blending, vocabulary building, storytelling, dan kompetisi spelling bee. Hasil evaluasi menunjukkan lebih dari 80% siswa mengalami peningkatan kemampuan dalam membaca kata sederhana serta menunjukkan minat belajar yang lebih tinggi. Artikel ini merekomendasikan integrasi metode fonik dalam pembelajaran bahasa asing tingkat dasar di sekolah-sekolah dasar.</p> Wiputra Cendana, Debora Pratiwi Sibarani, Dince Bunda, Keren Hapkh Watulingas, C. Kiky Puspita Anggraeni, Yemima Wibisono Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/209 Wed, 13 Aug 2025 11:14:03 +0000 Penyuluhan Keterampilan Mediator Bagi Mahasiswa Hukum Keluarga Islam FAI UMJ https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/226 <table width="601"> <tbody> <tr> <td width="441"> <p>Kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ) dengan keterampilan dasar sebagai mediator dalam penyelesaian sengketa keluarga. Mediasi menjadi metode penyelesaian konflik yang semakin dibutuhkan dalam sistem hukum modern, termasuk dalam pengadilan agama. Kegiatan ini dilakukan melalui metode ceramah interaktif, studi kasus, dan simulasi mediasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman mahasiswa mengenai konsep dasar mediasi dan meningkatnya kemampuan mereka dalam menerapkan prinsip-prinsip dasar sebagai mediator. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mencetak calon praktisi hukum yang humanis dan solutif.</p> </td> </tr> </tbody> </table> Usman Alfarisi, Fakhrurazi Fakhrurazi, Nurhadi Nurhadi, Andi Hidayat, Siti Shofiyah, Ghamal Rio Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/226 Wed, 20 Aug 2025 23:23:00 +0000 Peningkatan Pemahaman Wakaf Produktif Bagi Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/227 <p>Wakaf produktif merupakan instrumen filantropi Islam yang berpotensi besar dalam mendorong pemberdayaan ekonomi umat. Namun, pada kenyataannya, tingkat pemahaman mahasiswa terhadap konsep dan praktik wakaf produktif masih rendah. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ) terhadap konsep wakaf produktif melalui penyuluhan, pelatihan, dan diskusi interaktif. Metode pelaksanaan meliputi tahap persiapan (penyusunan materi dan instrumen evaluasi), pelaksanaan kegiatan (pre-test, penyuluhan, simulasi, dan post-test), serta evaluasi hasil. Peserta kegiatan adalah mahasiswa program studi Hukum Ekonomi Syariah dan Ekonomi Syariah yang terlibat aktif dalam diskusi kelompok dan simulasi pengelolaan wakaf produktif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman peserta terhadap aspek konsep, hukum, mekanisme pengelolaan, hingga potensi pengembangan wakaf produktif. Evaluasi melalui pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan skor rata-rata sebesar 35%, diikuti dengan antusiasme peserta dalam mengajukan ide pengelolaan wakaf produktif berbasis kampus. Selain itu, peserta menyarankan adanya integrasi topik wakaf produktif ke dalam kurikulum dan kerja sama antara perguruan tinggi dengan lembaga nadzir profesional sebagai tindak lanjut keberlanjutan. Kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam penguatan kapasitas akademik dan keterampilan sosial mahasiswa dalam mendukung pembangunan ekonomi berbasis wakaf. Diharapkan kegiatan semacam ini dapat diimplementasikan secara berkala dan diperluas pada tingkat yang lebih luas di lingkungan perguruan tinggi.Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan model pendidikan wakaf yang aplikatif serta dapat menjadi rujukan dalam penguatan ekosistem wakaf di lingkungan akademik.</p> Endang Zakaria, Rikza Maulan, Muhammad Choirin, Mahliga Fitriansyah, Siti Shofiyah, Ghamal Rio Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/227 Wed, 20 Aug 2025 23:47:57 +0000 Pelatihan Penyusunan Instrumen Asesmen Numerasi Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Untuk Siswa Kelas Awal https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/234 <p><em>Assessment is an essential aspect of the learning process, especially at the early elementary school level. In line with the implementation of the Minimum Competency Assessment (AKM), teachers are required to be able to design contextual numeracy assessment instruments that align with students’ cognitive development and integrate HOTS-based approaches as well as local cultural elements. This study aims to describe the process and outcomes of mentoring programs in developing numeracy assessment instruments for early grade elementary school teachers. The method used is qualitative with a literature review approach, supported by findings from various previous mentoring practices. The results show that mentoring through workshops, simulations, gamification, and the use of digital technology can enhance teachers’ ability to create valid, contextual, and formative-aligned numeracy assessment items. Teachers also demonstrated increased understanding of numeracy literacy concepts and were able to produce instruments suitable for both diagnostic and summative assessments. Collaborative and participatory mentoring further strengthened teacher confidence and fostered the formation of professional learning communities. Mentoring is proven to be highly effective in improving the quality of numeracy assessment at the elementary level, both in terms of technical aspects of item development and pedagogical approaches used. It is recommended that mentoring be carried out continuously, with support from educational institutions and competent facilitators, and extended to other literacy domains. In this way, teachers can optimally contribute to achieving the goals of the Pancasila Student Profile and promoting more equitable quality basic education.</em></p> <p>&nbsp;</p> Wilibaldus Bhoke, Marselina Wea Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/234 Thu, 21 Aug 2025 00:05:46 +0000 Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Finetiks Untuk Mengurangi Doom Spending Pada Mahasiswa Melalui Edukasi Literasi Keuangan Digital https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/238 <p><em>This community service program aimed to enhance digital financial literacy among university students and reduce doom spending behavior through the utilization of the Finetiks application. The activities were conducted in a structured and participatory manner, involving interactive training sessions, case study discussions, application usage simulations, and evaluations using pre-test and post-test instruments. A total of 35 students from various faculties at the Islamic University of Malang, including participants from the Entrepreneurship Program, Tax Center, and supported by the LPKIB (Entrepreneurship Development and Business Incubator Institute), actively engaged in the program. The pre-test results indicated that only 6% of participants could correctly identify the characteristics of doom spending, and only five students reported regularly recording their personal finances. Following the program, significant improvements were observed: 97% of participants answered correctly on the post-test and demonstrated behavioral changes such as tracking daily expenses and creating personal financial plans. These findings suggest that a technology-based educational approach using Finetiks is effective in fostering financial awareness, self-discipline, and healthy financial habits among university students.</em></p> Naimatul Hasanah, Nuril Badria Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/238 Thu, 21 Aug 2025 00:17:48 +0000 Penguatan Politik Dan Manajemen Organisasi untuk Meningkatkan Kecakapan Pemuda Melalui Komunikasi dan Forming https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/249 <p><em>Strengthening youth as agents of change within the context of democracy and organization is an urgent need to create a more engaged and empowered society. This program aims to enhance political understanding, communication skills, and leadership character among the youth of Ranting IPK PB Selayang I. The methods used include interactive training and workshops encompassing three main components: the formation of political understanding through discussions and political simulations, the development of communication skills through practical exercises, and the building of leadership character through mentoring and leadership activities. Evaluation is conducted through interviews, surveys, and observations before and after the training. The results show that the integration of political understanding and communication skills within the community service program is effective in enhancing the political understanding and engagement of the youth. This community service program successfully creates youth who are more skilled, knowledgeable, and active in society. Strengthening political understanding, communication skills, and leadership character is an effective strategy to shape youth into smart and good citizens.</em></p> Muhammad Ardian, Indra Kesuma Nasution, Siti Hazzah Nur R, Suhendri Suhendri Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/249 Thu, 21 Aug 2025 00:31:07 +0000 Penguatan Jiwa Kepemimpinan dan Kewirausahaan pada Pemuda melalui Pemberdayaan Karang Taruna dan UMKM di Pangkalan Jati, Cinere, Depok https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/248 <p><em><span lang="IN">Pangkalan Jati in Cinere, Depok, is home to a vibrant youth population with potential reflected in youth organizations and growing local</span><span lang="EN-US">UMKM</span><span lang="IN">s. However, limited leadership capacity and entrepreneurial drive hinder the strategic role of youth in community development. This study explores the socio-economic dynamics of local youth and proposes an empowerment model focused on enhancing agency and independence. Using a qualitative approach, the research finds that while youth show strong enthusiasm and initiative, the lack of structured training, mentorship, and access to networks remains a significant barrier. Youth organizations and </span><span lang="EN-US">UMKM</span><span lang="IN">s can serve as platforms to foster leadership and entrepreneurship, especially when supported through collaboration among government, educational institutions, and civil society. Strengthening youth roles in this way supports the broader goals of the SDG</span><span lang="EN-US">’</span><span lang="IN">s, particularly in promoting empowered communities and inclusive economies.</span></em></p> Widayani Wahyuningtyas, Hairunnisa Br. Sagala, Nur Intania, Kharisma Wiati Gusti Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/248 Sun, 24 Aug 2025 06:25:22 +0000 Skrining Status Gizi Anak sebagai Upaya Pencegahan Masalah Gizi di Kasemen Serang https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/253 <p><em>Masalah gizi pada anak masih menjadi tantangan kesehatan masyarakat yang penting, terutama di daerah dengan akses terbatas terhadap informasi gizi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan melakukan deteksi dini masalah gizi pada anak usia 0-5 tahun di Desa Kasemen melalui skrining status gizi berbasis berat badan dan panjang badan Metode meliputi pengukuran berat dan tinggi badan, klasifikasi status gizi berdasarkan standar WHO, serta edukasi kepada orang tua. Sebanyak 105 anak dilakukan skrining, dengan hasil mayoritas memiliki status gizi normal (75,2%), namun masih ditemukan kasus stunting (14,3%), wasting (19%), dan kelebihan gizi (5,8%). Kegiatan ini menunjukkan bahwa skrining sederhana dan edukasi gizi berbasis komunitas dapat menjadi strategi efektif dalam deteksi dan pencegahan masalah gizi anak. Temuan ini menekankan pentingnya intervensi gizi yang berkelanjutan dan berbasis keluarga di tingkat komunitas.</em></p> Louisa Ivana Utami, Luluk Hermawati, Omat Rachmat, Yuda Nabella Prameswari, Ekawati Rini Wulansari, Nur Bebi Ulfah Irawati Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/253 Fri, 29 Aug 2025 05:22:22 +0000 Sosialisasi Proses Implementasi Deep Learning dalam Pembelajaran Bahasa: Mewujudkan Pengalaman belajar yang Bermakna, Reflektif, dan Menyenangkan https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/246 <p><em>21st-century learning demands mastery of critical thinking, creativity, communication, and collaboration skills. However, these skills are difficult to develop if the learning approach still focuses on lectures and memorization. Deep learning, which emphasizes meaningful understanding, reflection, and application in real life, is one potential strategy for bridging this gap. Unfortunately, most previous research has only examined deep learning in digital contexts, although many schools in Indonesia still have limited access to technology. The service aims to socialize the process of implementing deep learning that can be applied in classroom environments with limited access to technology, especially to describe student interactions that represent their skills in understanding, applying, and reflecting. With a socialization approach using two stages of activities, namely the process of implementing activities and evaluation, activities were carried out for grade 11 students at SMA Swadaya Karya Ciwidey, Bandung Regency. The results show that the application of deep learning-based learning encourages students to understand concepts more critically (such as distinguishing between laziness and procrastination), relate the material to authentic experiences, and develop reflective problem-solving strategies. College students also show improvements in engagement, self-awareness, and high-level thinking skills, even without the support of digital technology. This study underscores the importance of learning designs that focus on immersive learning experiences that are relevant to students' lives, even in the context of limited resources.</em></p> Martina Mulyani, Sri Widaningsih, Retno Wiyati, Alviaderi Novianti, Feniawati Darmana Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/246 Fri, 29 Aug 2025 11:58:35 +0000 Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Serta Menciptakan Peluang Kerja Baru Sesuai Prinsip SDGs 8 Dengan Memahami Kebiasaan Konsumen (Consumer Behavior) di Era Digital 5.0 https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/256 <p><span lang="IN">Era Digital 5.0 yang berorientasi<span class="apple-converted-space">&nbsp;</span></span><em data-start="209" data-end="224">human-centric</em><span class="apple-converted-space">&nbsp;telah mengubah perilaku konsumen melalui pemanfaatan teknologi seperti AI, Big Data, dan IoT, sehingga tren seperti&nbsp;</span><em data-start="341" data-end="360">green consumerism</em>,<span class="apple-converted-space">&nbsp;</span><em data-start="362" data-end="376" data-is-only-node="">storytelling</em>, ulasan online, dan pengaruh<span class="apple-converted-space">&nbsp;</span><em data-start="406" data-end="418">influencer</em><span class="apple-converted-space">&nbsp;menjadi faktor penting dalam keputusan pembelian. Pemahaman perilaku konsumen ini menjadi krusial bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan daya saing, omzet, dan membuka peluang kerja baru, sejalan dengan prinsip <em>Sustainable Development Goals</em> 8 (SDGs 8) yang menekankan pertumbuhan ekonomi inklusif dan pekerjaan layak. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Desa Karangsong, Indramayu, pada 11 Juni 2025 dengan metode penyuluhan partisipatif tatap muka yang melibatkan 26 pelaku UMKM. Materi mencakup analisis perilaku konsumen di era Digital 5.0, strategi pemasaran digital yang berfokus pada manusia, dan penguatan kapasitas bisnis. Hasilnya menunjukkan peningkatan kesadaran peserta terhadap perubahan perilaku konsumen digital dan strategi adaptasi bisnis, serta terjalinnya komitmen pendampingan lanjutan antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNJ dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Indramayu. Kegiatan ini efektif mendorong transformasi UMKM menuju pertumbuhan berkelanjutan sesuai target SDGs 8.</span></p> Fildzah Shabrina, Ringga Sentagi Asa Copyright (c) 2025 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/256 Sun, 31 Aug 2025 00:00:00 +0000