The Impact of Ethnomathematics on Contextual Mathematics Learning in Elementary School
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran etnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika kontekstual di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan ialah studi kepustakaan dengan tahapan Organize, Synthesize, dan Identify. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika merupakan salah satu solusi yang digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Selain itu etnomatemika juga dapat menghadirkan komponen-komponen pembelajaran antara lain konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, permodelan, refleksi dan penilaian otentik. Sehingga etnomatematika memudahkan siswa untuk belajar, karena konteks yang digunakan berupa budaya yang lazim siswa lihat, dengar dan lakukan sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika tentunya tidak hanya memberikan pengetahuan tentang konsep geometri saja, tetapi juga memberikan pengetahuan tentang budaya kehidupan masyarakat dimana siswa berada.
Abstract: This study aims to determine the role of ethnomathematics in the application of contextual mathematics learning in elementary schools. The research method used is literature study with organizing, synthesizing, and identifying stages. The results showed that ethnomathematics in the application of mathematics learning is one of the solutions used to increase students' interest in learning. In addition, ethnomathematics can also present learning components, including constructivism, asking questions, discovering, learning communities, modeling, reflection, and authentic assessment. So that ethnomathematics makes it easier for students to learn, because the context used is in the form of a culture that students commonly see, hear, and do as family and community members. Ethnomathematics-based contextual learning, of course not only provides knowledge about geometric concepts, but also provides knowledge about the culture of community life where students are located.
References
D’Ambrosio. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics.
Denning, P. J. (2016). Viewpoint Remaining Trouble Spots with Computational Thinking. 33–39. https://doi.org/10.1145/2998438
Dewi Murniati, L., Candisa Made, I., & Kirna Made, I. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa smp. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2), 114–124.
Hasibuan, M. Idrus. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning): Vols. II, No.01.
Hariastuti, R. M. (2014). Etnomatematika.
I Gusti Putu Suharta, I. G. P. S. and I. W. P. A. (2017). Ethnomathematics of Balinese Traditional Houses. 3(4), 47–56.
Ilma, R., & Putri, I. (2012). Desain Pembelajaran Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Permainan Tradisional Congklak Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 100–112. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i2.2642
Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Journal of Medives, 1(2), 74–81. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika
Kadir, A. (2013). Konsep pembelajaran kontekstual di sekolah. 13(3), 17–38.
Makonye, J. P. (2014). Teaching Functions Using a Realistic Mathematics Education Approach : A Theoretical Perspective. 7(3), 653–662.
Misdalina, M., Zulkardi, Z., & Purwoko, P. (2013). Pengembangan Materi Integral Untuk Sekolah Menengah Atas (Sma) Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 61–74. https://doi.org/10.22342/jpm.3.1.321.
Mulbar, U. (2012). Kata kunci : Desain Pembelajaran Matematika, Sistem Sosial Masyarakat. Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Dengan Memanfaatkan Sistem Sosial Masyarakat, 7(1), 1–6.
Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar,” IV(1), 21–31.
Richardo, R. (2017). Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118. https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125
Sudirman, Rosyadi, & Lestari, W. D. (2017). Penggunaan etnomatematika pada karya seni batik Indramayu dalam pembelajaran geometri transformasi. Pedagogy, 2(1), 74–85.
Ulum, B., Budiarto, M. T., & Ekawati, R. (2018). Etnomatematika Pasuruan: Eksplorasi Geometri untuk Sekolah Dasar pada Motif Batik Pasedahan Suropati. Mahasiswa Program Pascasarjana, Prodi Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Surabaya. 4(2).
Vitantri, C. A. (2017). Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1–14. http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jmpm/article/view/767/594
Zahroh, U. (1985). Penerapan Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. 1–17. http://blog.iain-tulungagung.ac.id/red-c/wp-content/uploads/sites/109/2018/04/RED-C_Penerapan-Pembelajaran-Etnomatematika.pdf
Amir, Zubaidah. Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Aswaja Pressindo.