Self-Efficacy Santri dalam Penggunaan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pesantren Dengan Pendekatan Saintifik
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana self-efficacy santri setelah menggunakan modul pembelajaran berbasis pesantren dengan pendekatan saintifik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan menggunakan pendekatan pre experimental design. Pendekatan pre experimental design yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis one group pretest-posttest study. Hasil analisis angket self-efficacy menunjukkan bahwa terdapat peningkatan self-efficacy santri antara sebelum dan sesudah menggunakan modul. Hasil analisis sumber self-efficacy setelah menggunakan modul diperoleh bahwa sumber mastery experience dan social persuasions berada pada kategori tinggi, sumber vicarious experience berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan sumber physiological state berada pada kategori sedang. Hasil analisis skor seluruh angket menunjukkan self-efficacy santri berada pada kategori tinggi setelah pemakaian modul.
Abstract: The goal of this research is to assess students' self-efficacy after utilizing Islamic boarding school-based mathematics learning module with scientific approach. The research method used in this research using a pre experimental design approach.The pre experimental design approach used in this study used the type of one group pretest-posttest study. The examination of the self-efficacy questionnaire revealed that students' self-efficacy increased between before and after using the module. After using the module, the sources of mastery experience and social persuasion were in the high category, sources of vicarious experience were in the very high category, and sources of physiological state were in the medium category, according to the results of the self-efficacy sources analysis. After using the module, the students' self-efficacy was in the high category, according to the results of the analysis of all the questionnaire scores.
References
Azwar, S. (2015). Tes Pretasi (Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar) (II). Pustaka Pelajar.
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy The Exercise of Control. W. H Freeman and Company.
Çikrikci, Ö. (2017). The Effect of Self-efficacy on Student Achievement. In E. Karadag (Ed.), The Factors Effecting Student Achievement: Meta-Analysis of Empirical Studies (hal. 95–116). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-56083-0_6
Fitri, I. (2017). Peningkatan Self Efficacy Terhadap Matematika Dengan Menggunakan Modul Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Bangkinang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 25–34. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.17
Hasanah, S. I. (2014). Sumber Belajar Matematika dari Lingkungan Alam Sekitar Berbasis Pondok Pesantren. INTERAKSI, 9(1), 28–31. http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/article/view/518
Ikashaum, F., & Noer, S. hastuti. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Strategi PQ4R untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-Efficacy Siswa. LINEAR: Jurnal of Mathematic Education, 1(1), 22–32.
Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 24–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/th.v1i2.375
Liawati, R. (2020). Profil Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Self-Efficacy. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 382–391.
Misnasanti, & Jailani. (2020). Meningkatkan Self Efficacy Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Mandalika. Mandalika Mthematics and Educational Journal, 2(2), 110–121. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jm.v2i2.1781
Nani, D., Rezeki, S., & Herlina, S. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning ( PBL ) untuk Meningkatkan Self Efficacy dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Aksiomatik : Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 7(3), 57–65.
Santrock, J. W. (2018). Educational Psychology (6th ed.). https://public.ebookcentral.proquest.com/choice/publicfullrecord.aspx?p=5493829
Usher, E. L., & Pajares, F. (2009). The Impact of Self-Efficacy, Achievement Motivation, and Self-Regulated Learning Strategies on Students’ Academic Achievement. Contemporary Educational Psychology, 34(1), 89–101. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2008.09.002
Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati. (2017). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 7(2), 130–143.
Yusuf, M. (2011). The impact of self-efficacy, achievement motivation, and self-regulated learning strategies on students’ academic achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 2623–2626. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.158