Penguatan Strategi Pemasaran Berbasis WEB Bagi Home Industry Cokelat Tempe “Golden King” Pasca Pandemi COVID-19

  • Dedi Saputra Universitas BSI Kampus Pontianak
  • Eva Meilinda Universitas BSI Kampus Pontianak
  • Yulia Yulia Universitas BSI Kampus Pontianak
Keywords: UMKM; Digital Marketing; Pandemi Covid-19

Abstract

Pengembangan UMKM menjadi sangat strategis dalam menggerakkan perekonomian nasional, khususnya bagi peningkatan pendapatan sekelompok masyarakat berpendapatan rendah. Mitra Sasaran dalam kegiatan pengabdian masyarakat adalah Industri Rumah Tangga dengan kepemilikan usaha bersifat individu. Bidang usaha yang dijalankan mitra adalah usaha makanan ringan oleh-oleh kekinian Kalimantan Barat berupa Coklat Tempe dengan merk “Golden King”. Mitra tersebut ingin memperluas jaringan penjualannya minimal di tingkat Kota Pontianak bahkan Kalimantan Barat dengan menggunakan media Teknologi Digital Marketingg. Dimasa pandemi Covid-19 lalu usaha industri rumah tangga mengalami permasalahan terutama dari faktor pemasaran produk. Salah satu alternatif untuk melakukan pemasaran adalah dengan memanfaatkan teknologi, khususnya media Digital. Digital Marketing adalah suatu usaha untuk melakukan pemasaran sebuah brand atau produk melalui dunia digital atau internet. Tujuannya adalah untuk menjangkau konsumen maupun calon konsumen secara cepat dan tepat waktu. Selain itu untuk mendapatkan data yang akurat mengenai keuntungan yang diperoleh dari penjualan produknya, mitra ingin membuat usahanya terkelola dengan baik dan luas. Analisa sementara dari hasil survey didapatkan beberapa permasalahan. Permasalahan yang dialami mitra adalah (a) Jaringan pemasaran yang kurang luas dalam memasarkan produknya, (b) Tidak adanya media promosi dan penjualan yang efektif dan efisien, (c) Kurangnya pengetahuan Wirausaha dalam mengelola dan mengembangkan usahanya. Solusi dalam Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah (a) Pelatihan Digital Marketing, (b) Pembuatan media Teknologi Digital Marketing berupa Website dalam mempromosikan dan menjual produk secara daring, (c) Pelatihan Kewirausahaan dalam upaya mengembangkan usaha, dan (d) Pelatihan manajemen keuangan dalam mengatur keuangan usaha yang dijalani.

References

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 88–92.
Adila, D. R. (2019). Proses kematangan emosi pada individu dewasa awal yang dibesarkan dengan pola asuh orang tua permisif. UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Ali, M. H. (2020). PENERAPAN ETIKA BISNIS DAN STRATEGI MANAJEMEN SAAT PANDEMI COVID-19 BAGI UMKM. Eco-Entrepreneur, 6(1), 34–42.
Anggraeni, F. D. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha" Emping Jagung" di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1286–1295.
Awali, H. (2020). URGENSI PEMANFAATAN E-MARKETING PADA KEBERLANGSUNGAN UMKM DI KOTA PEKALONGAN DI TENGAH DAMPAK COVID-19. BALANCA: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14.
Diniaty, D., Kusumanto, I., Roza, F., Husna, F. D., Hartati, M., & Nofirza, N. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Ikan Salai Patin Pada Kelompok Xyz Analysis Strategy Marketing In An Effort To Increase Sales Salai Patin Fish At Xyz Group. Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 6(1), 109–120.
Justitia, A., Werdiningsih, I., Effendy, F., & Taufik, T. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi UMKM Jasa Laundry menuju UMKM Go Digital. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 60–72.
Kalil, A., Mayer, S., & Shah, R. (2020). Impact of the COVID-19 crisis on family dynamics in economically vulnerable households. University of Chicago, Becker Friedman Institute for Economics Working Paper, 2020–143.
Luntungan, W. G. A., & Tawas, H. N. (2019). Strategi Pemasaran Bambuden Boulevard Manado: Analisis SWOT. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4).
Nelwan, O. S., & Artika, T. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan dan Nilai Nasabah terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Capital Indonesia Tbk Cabang Wisma Kodel. Jurnal STEI Ekonomi, 27(01), 80–99.
Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59–64.
Purwanto, A. (2020a, September). Potret dan Tantangan UMKM di Indonesia.
Purwanto, A. (2020b, September). Potret dan Tantangan UMKM di Indonesia.
Rinanto, Y., Arthasyach, M. A. A., & Saputra, P. R. (2023). Grand Design Pengembangan Desa Wisata Berbasis Potensi Lokal (Studi Kasus di Desa Kedawung, Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen). KOMUNITA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 183–188.
Rumiyati, R., & Syafarudin, A. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, bauran pemasaran, terhadap kepuasan nasabah bank era covid-19. Insight Management Journal, 1(2), 32–42.
Saputra, D., Jayanti, W. E., Meilinda, E., & Dharmawan, W. S. (2022). PELATIHAN KETERAMPILAN CONTENT CREATOR BAGI ANAK ASUH PANTI ASUHAN AHMAD YANI PONTIANAK. Mafaza: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 172–182.
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Cano Ekonomos, 6(1), 51–58.
Published
2024-02-29
Section
Articles