Pelatihan Penyusunan Assesmen Kurikulum Merdeka PAUD
Abstract
Kegiatan pengabdian bertujuan untuk membuat beberapa lembaga PAUD/TK yang di Pamekasan segera dapat mengimplementasikan atau memperbaiki penyusunan asesmen kurikulum merdeka PAUD. Target kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Meningkatkan mutu pendidikan di Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Menumbuhkan motivasi guru untuk pengembangan dan penerapan Penyusunan Asesmen Kurikulum Merdeka di satuan PAUD dan Menciptakan pemahaman pengelola PAUD/TK terhadap dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam Penyusunan Asesmen Kurikulum Merdeka di satuan PAUD. Metode yang dilakukan adalah dengan kegiatan workshop ini mampu memberikan gambaran secara konkrit terkait pelaksanaan penyusunan asesmen kurikulum PAUD sehingga diharapkan dapat memotivasi lembaga PAUD/TK untuk dapat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka PAUD dan untuk meningkatkan mutu lembaga masing-masing melalui penerapan “Pelatihan Penyusunan Asesmen Kurikulum Merdeka PAUD
References
Hukamak, Saiful, dkk, (2023). Konsep Pembelajaran Berbasis Paradigma Baru Pada Satuan PAUD Menggunakan Kurikulum Merdeka. Jurnal Obsesi, Vol.7 . No.5
Kementrian Pendidikan dan kebudayaan riset dan teknologi, (2022). Panduan Pembelajaran dan Asessmen PAUD. Dikdas dan Dikmen, BSKAP
Kementerian Agama. (2023). Asesmen Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka, Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikkan dan Keagamaan
Lestariningrum, Anik, dkk, (2023). Perencanaan Pembelajaran Kreatif Anak Usia Dini, Bandung: Widina Bhakti Persada
Permata Putri, Intan. (2023). Pengembangan Kurikulum dan Asesmen Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta: Jejak Pustaka
Prastyo, Danang. (2019). Asessmen Aanak Usia Dini. Malang: Madza Media
Sinaga, B. (2008). Paradigma Lama Kontra Paradigma Baru Pembelajaran Di Sekolah. Generasi Kampus, 1(2), 1–13.
Sitti Mania (2012). Pengantar Evaluasi Pengajaran, Alaudin University Press.