Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD
Abstract
Kegiatan pengabdian bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada para guru atau pengelola lembaga PAUD/TK dalam mempersiapkan lembaganya untuk menyusun modul ajar kurikulum merdeka PAUD, Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kabupaten Pamekasan ini diharapkan semua lembaga PAUD/TK bisa mendapatkan ilmu serta mendapatkan pemahaman mengenai penyusunan modul ajar kurikulum merdeka PAUD. Target kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Meningkatkan mutu pendidikan di Gugus 01 PAUD/TK Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan, menumbuhkan motivasi pengelola Taman Kanak-Kanak (TK) untuk berpartisipasi pada kegiatan penyusunan modul ajar kurikulum merdeka PAUD, mengaplikasikan hasil penelitian unggulan pada perguruan tinggi khususnya prodi PIAUD agar sesuai dengan kebutuhan pada lembaga PAUD, menciptakan pemahaman pengelola Taman Kanak-Kanak (TK) terhadap dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam penyusunan modul ajar kurikulum merdeka di Lembaga PAUD, menciptakan pemahaman guru mengenai cara penyusunan modul ajar kurikulum merdeka PAUD serta untuk mengetahui komponen-komponennya.Metode yang dilakukan adalah dengan kegiatan workshop ini mampu memberikan gambaran secara konkrit terkait terkait pelaksanaan penyusunan modul ajar kurikulum merdeka PAUD serta tahapan-tahapannya. Sehingga diharapkan dapat memotivasi lembaga PAUD/TK untuk meningkatkan mutu lembaga masing-masing melalui rancangan penyusunan modul ajar.
References
Lina Eka Retnaningsih, Ummu Khairiyah, Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Program Studi PGRA. Vol. 8 No. 2. 2022
Anwar, R, N. Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru di Lembaga PAUD Se-Kecamatan Madiun, Communautaire: Journal of Community Service. Vol. 1 No. 1. 2022
Dhelilik, “Modul Ajar Kurikulum Merdeka”, https://bertema.com, diakses 11 April 2023
Utami Maulida, Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka, Jurnal: Tarbawi, Vol. 5 No. 2 Agustus 2022
Kartikawati, dkk, (2022), Pengenalan Lapangan Persekolahan, Jawa Timur: CV. AE Media Grafika
Diana, 2022, MODEL I-TEACH (INCLUSIVE TEACHING) BAGI GURU PAUD, Jakarta: Prenamedia Group
Atika Sari,dkk. 2016. Pemahaman guru dalam Pembelajarantematik anak usia dini. FKIP Universitas Lampung
Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi AUD TK/RA dan Anak Kelas Awal SD/MI. Jakarta : Kencana
Anita Yus. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada media
Yaumi Muhammad. 2013. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran, Jakarta : Kencana