Pemberdayaan Persiapan Kerja melalui Pelatihan Soft Skill pada Siswa SMA Budi Mulia Karawang

  • Prakas Agrestian Universitas Paramadina
  • Achmad Yasir Munadi Universitas Paramadina
Keywords: pemberdayaan SDM, persiapan kerja, pelatihan soft skill

Abstract

Pemberdayaan ini didasarkan pada pentingnya peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui pengembangan soft skill untuk menghadapi tantangan dunia kerja, khususnya bagi siswa SMA yang tidak memiliki orientasi langsung terhadap kompetensi kerja seperti lulusan SMK. SMA Budi Mulia Karawang, yang berlokasi di tengah kawasan industri, menjadi fokus program ini karena masih tingginya tingkat pengangguran di daerah tersebut. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberdayakan siswa kelas XII melalui pelatihan soft skill seperti personal branding, pembuatan CV, professional grooming, dan praktik wawancara kerja, guna meningkatkan daya saing mereka di pasar kerja. Metode yang digunakan meliputi tiga tahap: (1) persiapan yang mencakup analisis kebutuhan, koordinasi dengan sekolah, dan penyusunan materi; (2) pelaksanaan terdiri dari workshop partisipatif dengan 148 siswa; dan (3) monitoring dan evaluasi melalui angket kepuasan peserta. Kegiatan ini mendapat respons positif dan antusiasme tinggi dari peserta, yang terlihat dari partisipasi aktif selama sesi serta hasil evaluasi melalui angket kepuasan. Materi professional grooming mendapatkan apresiasi tertinggi, diikuti oleh personal branding dan praktik wawancara kerja. Hal ini menunjukkan bahwa siswa sangat membutuhkan pelatihan keterampilan interpersonal serta persiapan diri secara menyeluruh sebelum memasuki dunia kerja. Kegiatan ini memiliki kontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Perlunya pelatihan soft skill bagi siswa SMA merupakan langkah strategis dalam mempersiapkan lulusan SMA agar lebih siap bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif, terutama di wilayah industri seperti Karawang.

References

Aini, R., & Iskandar, T. P. (2024). Peningkatan Kapasitas Personal Branding di Era Digital bagi Siswa Kelas XI SMA Pasundan 1 Bandung. Communnity Development Journal, 5(4), 6705–6708.

Alam, S. (2016). Tingkat Pendidikan dan Pengangguran di Indonesia (Telaah Serapan Tenaga Kerja SMA/SMK dan Sarjana). Jurnal Imiah BONGAYA (Manajemen & Akuntansi), XIX, 250–257.

Ardhana, A. Y. A., Syazeedah, H. N. U., Fitriyaningrum, R. I., & Gunawan, A. (2025). Analisis Ketidaksesuaian antara Pendidikan dengan Kebutuhan Dunia Kerja di Indonesia. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 3(4), 1020–1026.

Astuti, E. Z., Ernawati, A., Dolphina, E., Asmarani, R., Prasongko, A. B., & Abdullah, U. Z. (2024). Tingkatkan Keterampilan Komunikasi Visual Siswa-Siswi melalui Workshop Sinematografi di SMK Negeri 4 Semarang. Jurnal Abdidas, 5(4), 301–312. https://doi.org/10.31004/abdidas.v5i4.949

Bahtiar, S. M., Nurlaeli, A., & Kosim, A. (2023). Inklusivitas Sekolah Melalui Penerapan Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Multibudaya Dan Kultural (Di Sma Budi Mulia Telukjambe Timur Karawang). PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 6(4), 628–646. https://doi.org/10.31604/ptk.v6i4.628-646

BPS Karawang. (2023). Keadaan Ketenagakerjaan Kabupaten Karawang Agustus 2023. https://karawangkab.bps.go.id/pressrelease/2023/11/20/321/tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--kabupaten-karawang--agustus-2023-sebesar-8-95-persen.html

Dewani, S. L. (2024). Pengembangan Keterampilan Professional Grooming melalui Program Pelatihan Guru Tamu bagi Siswa SMK. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 4(02), 114–124.

Dewi, R. S., Lestari, N. D., Febriansyah, M. R., Faizal, M., Putri, D. A., Susanti, L., & Sunardi, D. (2023). Pelatihan Pembuatan CV Yang Menarik Menggunakan Aplikasi Canva Pada SMK Muhammadiyah 3, Tangerang. JPMIS : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera, 2(2).

Elu, D., & Rahmawati, I. (2024). Pengelolaan dan Perencanaan Sumber Daya Manusia dalam Kemajuan Perusahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 44–49. https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v4i1.135

Faishal. (2025). Relevansi Kurikulum Pendidikan Islam dengan Kebutuhan Dunia Kerja. Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(1), 84–111.

Firmansyah, R. M., Tyas Dwi, A., Saifudin, A. G., Ekonomi, F., Islam, B., & Pekalongan, I. (2022). Persaingan Jobseeker Bagi Freshgraduate di Era Milenial. Jurnal Sahmiyya, 1(1), 150–156.

Hermawan, A., Mufiedah, M., Madina, V., Santika, Z. M., Kasim, M. F., & Siagian, T. H. (2023). Kesenjangan Kondisi Pengangguran Lulusan SMK/MAK di Indonesia: Analisis Antargender dan Variabel-Variabel yang Memengaruhinya. Jurnal Ketenagakerjaan, 18(3), 262–277. https://doi.org/10.47198/jnaker.v18i3.246

Hikmah, Putro, S. G., Arfiany, & Awisna. (2023). Soft Skill dan Hard Skill Terhadap Kinerja : Pengaruh dan Penerapan Pada Karyawan Bank Sulselbar Makassar. Accounting Profession Journal (APAJI), 2(5), 142–143.

Khaydarsyah, Hamran, Amaliah, N. W., Pratomo, R. H. S., & Agung, E. A. (2024). Pelatihan Strategi MEmbangun Personal Branding bagi Siswa SMA. J. A.I: Jurnal Abdimas Indonesia, 693–699.

Mardiyati, B. D., & Yuniawati, R. (2015). Perbedaan Adaptabilitas Karir Ditinjau dari Jenis Sekolah (SMA dan SMK). EMPATHY, Jurnal Fakultas Psikologi, 3(1), 31–41.

Pabalik, D., Suaib, H., Helmi, N., & Purwanti, N. (2019). Peranan Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1), 99–109. https://doi.org/10.33506/jn.v5i1.903

Parinduri, R. Y., Derlini, Situmeang, M., Hariati, P., & Nurmayana. (2024). Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Tinggi Guna Meningkatkan Pola Pikir Bagi Siswa SMA. Communnity Development Journal, 5(3), 4587–4592.

Purbaningrum, D., & Sudarmanti, R. (2022). Supportive communication climate in the self-development of Generation Z. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 8(1), 029. https://doi.org/10.30813/bricolage.v8i1.3219

Purwanto, A., & Ahmad, F. A. (2025). Lima Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMA Budi Mulia Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 1435–1438. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.677

Purwoastuti, E., & Walyani, E. S. (2015). Perilaku dan Soft Skills Kesehatan: Panduan untuk Tenaga Kesehatan Perawat dan Bidan. Pustaka Baru Press.

Risyda, F., Betesda, Nuryadi, H., Sinaga, D., & Sultoni, R. M. (2024). Pembekalan Soft Skill dan Teknik Wawancara Kerja Guna Persiapan Terjun ke Dunia Kerja untuk Siswa SMK. Intisimas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Pembekalan, 1(1), 21–26.

Samanta, E. L. S., & Cahayani, A. (2024). Pengaruh Soft Skill, Hard Skill, dan Pengalaman Organisasi terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa FIABIKOM Angkatan 2020-2023. Jurnal Transaksi, 16(2), 13–27.

Saputra, A., Pratiwi, S., Alvia, L. R., Noviansyah, Nova, G. D. A., & Aini, H. (2025). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMA melalui Pelatihan Public Speaking di Desa Sinar Bhakti. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 4(1), 168–176. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v4i1.3873

Sari, R. Y., Qadri, H. Al, & Nellitawati, N. (2024). Peran sumber daya manusia dalam mendorong inovasi organisasi. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 3(2), 59–67. https://doi.org/10.47200/aossagcj.v3i2.2338

Sayuti, M. I. (2022). Penerapan Konsep Andragogi pada Pembelajaran Online sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kritis. Wahana Didaktika, 20(2), 310–320.

Shima, P., Permatasari, N. I., & Aleng. (2023). Soft skills: Tinjauan Kemampuan Kerjasama dan Komunikasi dalam Mempengaruhi Kinerja Pelaku UMKM. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 3(1), 111–120. https://doi.org/10.37366/master.v3i1.693

Susianita, R. A., & Riani, L. P. (2024). Pendidikan Sebagai Kunci Utama Dalam Mempersiapkan Generasi Muda Ke Dunia Kerja Di Era Globalisasi. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper Pendidikan Ekonomi UNIPMA Tahun 2024, 1–12.

Tiorina, M. M., Trihastuti, O., Retnaningrum, D., & Sugiharto, S. (2022). Pelatihan Pembuatan Curriculum Vitae Menggunakan Aplikasi CANVA Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Widya Husada Semarang. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 400–412.

Wahyuningsih, D. D., & Nugroho, I. S. (2024). Pelatihan Job Interview pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. SUBSERVE: Community Service and Empowerment Journal, 2(1), 75–80.

Published
2025-08-03
Section
Articles