Peningkatan Literasi Bahasa Inggris Siswa/i SD Negeri Cihuni III melalui Kegiatan Spelling Bee dan Storytelling

  • Wiputra Cendana Universitas Pelita Harapan
  • Debora Pratiwi Sibarani Universitas Pelita Harapan
  • Dince Bunda Universitas Pelita Harapan
  • Keren Hapkh Watulingas Universitas Pelita Harapan
  • C. Kiky Puspita Anggraeni Universitas Pelita Harapan
  • Yemima Wibisono Universitas Pelita Harapan
Keywords: metode fonik, literasi dasar, bahasa Inggris, sekolah dasar

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dasar bahasa Inggris siswa kelas III di SDN Cihuni III melalui pendekatan fonik. Kegiatan dilakukan secara tatap muka selama delapan minggu dengan melibatkan tim dosen dan mahasiswa dari Program Studi PGSD dan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pelita Harapan, bekerja sama dengan Yayasan Komuniklasika. Metode fonik dipilih karena efektif dalam membangun keterampilan membaca awal dengan mengaitkan bunyi huruf dan kata. Kegiatan pembelajaran difokuskan pada pengenalan bunyi huruf, blending, vocabulary building, storytelling, dan kompetisi spelling bee. Hasil evaluasi menunjukkan lebih dari 80% siswa mengalami peningkatan kemampuan dalam membaca kata sederhana serta menunjukkan minat belajar yang lebih tinggi. Artikel ini merekomendasikan integrasi metode fonik dalam pembelajaran bahasa asing tingkat dasar di sekolah-sekolah dasar.

References

Ayu, Niputu, and Cahaya Putri. 2023. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PHONICS (FONIK) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 DI SDN JREBENG KIDUL KOTA PROBOLINGGO.”

Dimas Atmawijaya, Tito, Anita Sari, Laksmy Kusumoriny, Purwanti Taman, and Erni Susianti Nainggolan. 2020. “CONSOLIDATION OF POETRY, STORY TELLING, AND SPEECH FOR THEIR COMPETITION AT JAMPANG ENGLISH VILLAGE BOGOR.” Vol. 2. www.e-journal.metrouniv.ac.id.

Heri, Sepriyadi. 2024. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Di Sekolah.”

Sangian, Frisly M, S T G Kaunang, and Arthur M Rumagit. 2024. “Development of Interactive Multimedia Learning English for Primary School Grade 6 Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar Kelas 6.” Jurnal Teknik Informatika 19 (3): 239–50.

Sari, Iva Zuli, and Supriyanto. 2020. “PENGARUH PROGRAM LITERASI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BACA SISWA DI SMP ISLAM TERPADU AT-TAQWA SURABAYA.” Jurnal Manajemen Pendidikan.

Tri Haryadi, Agus. 2024. “Peran Media Sosial Dalam Mendorong Transparansi Dan Akuntabilitas Administrasi Publik-.” Indonesian Research Journal on Education Web Jurnal Indonesian Research Journal on Education. Vol. 4.

Published
2025-08-13
Section
Articles