Penyuluhan Keterampilan Mediator Bagi Mahasiswa Hukum Keluarga Islam FAI UMJ
Abstract
Kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ) dengan keterampilan dasar sebagai mediator dalam penyelesaian sengketa keluarga. Mediasi menjadi metode penyelesaian konflik yang semakin dibutuhkan dalam sistem hukum modern, termasuk dalam pengadilan agama. Kegiatan ini dilakukan melalui metode ceramah interaktif, studi kasus, dan simulasi mediasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman mahasiswa mengenai konsep dasar mediasi dan meningkatnya kemampuan mereka dalam menerapkan prinsip-prinsip dasar sebagai mediator. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mencetak calon praktisi hukum yang humanis dan solutif.
References
Al Farisi, U., Zakaria, E., & Karimah, U. (2024). Urgensi Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin Dalam Mewujudkan Keluarga Harmonis. As-Syar'i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 6(2), 1206-1220.
Arundati, Y. P. G. A., Budianto, A. C., Natacha, E., Londe, M., Jursito, T. A., & Tang, V. G. (2023). Kompetensi Mediator Dalam Menyelesaikan Sengketa Sebelum Melaksanakan Proses Persidangan. Jurnal Pengabdian West Science, 2(07), 541-557.
Fitriansyah, M., Syofi'i, I., Shodiq, N. J. F., & Shofiyah, S. (2024). Sosialisasi Kesetaraan Gender: Upaya Konkret Menciptakan Lingkungan Pendidikan Yang Adil. Jurnal Pengabdian Adpiks, 2(2).
Ie, M., Henny, H., Fransiska, A., Angellika, V., & Salsabilla, Z. (2021). Dampak kepemimpinan transformasional dan pelatihan terhadap employee well-being: Keadilan organisasional sebagai mediator. Jurnal Manajemen Maranatha, 21(1), 55-66.
Imran, S. Y., Abdussamad, Z., Muhtar, M. H., Bakung, D. A., Wantu, F. M., & Mandjo, J. T. (2022). Pengenalan dan pelatihan mediasi sebagai upaya menyelesaikan perselisihan di masyarakat. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(3), 541-552.
Karimah, U., Shofiyah, S., Andriyani, L., Sudin, M., Fikri, A., Rahman, F. R., & Suhaya, A. (2022). Pelatihan Hardness Berbasis Bimbingan dan Konseling di Kalangan Santri Pondok Pesantren Darul Arqam Sawangan Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 29(2).
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. New Jersey: Prentice Hall.
Ma’Ruf, R., Junus, N., & Elfikri, N. F. (2025). Peran Mediator Dalam Menyelesaikan Perselisihan Hubungan Industrial Di Kota Gorontalo. SINERGI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 823-835.
Mulia, Siti Musdah. (2007). Paradigma Baru Hukum Islam. Yogyakarta: LKIS.
Mulyasa. (2016). Model Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, K. (2022). “Pendidikan Hukum Berbasis Kompetensi.” Jurnal Pendidikan Hukum Indonesia, Vol. 8 No. 1.
Nopliardy, R., Listiyani, N., & Munawar, A. (2020). Pelatihan Mahasiswa Fakultas Hukum Uniska Sebagai Tenaga Mediator Dalam Sengketa Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 6(2).
Ratnasari, M. D., & Sunuharyo, B. S. (2018). Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap Kinerja Karyawan melalui variabel mediator kemampuan kerja karyawan (Studi Pada Karyawan PT Petrokimia Gresik). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(1), 210-218.
Rofiq, Ahmad. (2014). Hukum Islam di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo.
Safrani, I. D. P. (2024). Manajemen Pelatihan Mediator Hubungan Industrial di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagakerjaan (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).
Sari, E., Ruwaidah, H., Suryadi, S., & Arum, W. S. A. (2021). Evaluasi Program Diklat Mediator Hubungan Industrial Ketenagakerjaan Kemenakertrans RI. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(03), 163-175.
Suyuti, Imam. “Urgensi Mediasi dalam Sistem Peradilan Agama.” Jurnal Hukum Islam, Vol. 5, No. 2.
Warman, M. A., & Dewiwarman, D. (2023). Analisis Peranan Mediator Dalam Prosedur Mediasi (Studi Berdasarkan Metode Pelatihan Mediator Dalam Lembaga P4M). Judakum: Jurnal Dedikasi Hukum, 2(2), 129-144.