Pemberdayaan Kelompok Guru Sekolah Dasar Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui NICE (Nusantara Interactive E-Comic Berbasis Android)
Abstract
Kemampuan numerasi merupakan bagian penting dari literasi dasar yang harus dimiliki siswa untuk menghadapi berbagai permasalahan kehidupan nyata. Namun, hasil asesmen nasional dan studi internasional seperti PISA menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah pendekatan pembelajaran yang belum kontekstual dan minim penggunaan media yang relevan dengan kehidupan siswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan kelompok guru sekolah dasar dalam mengembangkan pembelajaran numerasi berbasis konteks budaya lokal melalui media NICE (Nusantara Interactive E-Comic Berbasis Android). Kegiatan dilaksanakan di SDN Sindurjan, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, selama enam bulan, dengan melibatkan 11 guru sebagai peserta. Metode pelaksanaan terdiri dari empat tahapan utama: observasi dan identifikasi kebutuhan, pelatihan penggunaan media NICE, pendampingan implementasi di kelas, serta evaluasi terhadap hasil pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam menyusun dan menerapkan pembelajaran numerasi kontekstual berbasis media digital dan etnomatematika. Siswa menunjukkan ketertarikan lebih tinggi terhadap materi numerasi, serta keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Pemberdayaan guru melalui pendekatan praktik langsung (learning by doing), penggunaan media berbasis budaya, dan pendampingan berkelanjutan terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Media NICE juga mendorong kolaborasi antar guru melalui komunitas belajar yang terbentuk selama kegiatan. Program ini menunjukkan bahwa pembelajaran numerasi yang menyenangkan, kontekstual, dan relevan sangat mungkin diwujudkan melalui inovasi berbasis teknologi dan lokalitas.
References
Chasanah, N., Sumarno, & Dwijayanti, I. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP STKIP Subang, 3. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i3.3408
Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 323. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37447
Gumilang, M. R., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 185. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860
Hamidah, I. S., Purnama, Z. rizka, Hermin, H., Tukan, K., & Wuwute, J. (2025). Pelatihan Literasi Numerasi Anak SD dengan Metode Kolaboratif Meningkatkan Kemampuan Siswa Secara Signifikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.59141/japendi.v6i2.7312
Ilmianita, A. R., & Ambarawati, M. (2025). Studi Literatur Etnomatematika: Konsep Matematika dalam Kearifan Lokal Budaya Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 6(1), 97–103. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v6i1.426
Kustantina, V. A., Nuryadi, N., & Marhaeni, N. H. (2022). Respons Siswa Terhadap Komik Matematika Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(1), 01. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i1.8029
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I) WHAT STUDENTS KNOW AND CAN DO. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi. EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.60004/edupedika.v1i1.1
Rachmawati, D. L., Wardani, P. S., & Oktafiah, Y. (2025). Transformasi Digital Dalam Pendidikan: Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Online dan Media Sosial. Jurnal Pengabdian Mandiri, 4(6). https://doi.org/https://bajangjournal.com/index.php/JPM
Silalahi, T. M., & Hartono. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus Pada Siswa SD Islam Terpadu Prima Mandiri. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 5(2), 24–30. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v5i2.1730





