Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Serta Menciptakan Peluang Kerja Baru Sesuai Prinsip SDGs 8 Dengan Memahami Kebiasaan Konsumen (Consumer Behavior) di Era Digital 5.0
Abstract
Era Digital 5.0 yang berorientasi human-centric telah mengubah perilaku konsumen melalui pemanfaatan teknologi seperti AI, Big Data, dan IoT, sehingga tren seperti green consumerism, storytelling, ulasan online, dan pengaruh influencer menjadi faktor penting dalam keputusan pembelian. Pemahaman perilaku konsumen ini menjadi krusial bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan daya saing, omzet, dan membuka peluang kerja baru, sejalan dengan prinsip Sustainable Development Goals 8 (SDGs 8) yang menekankan pertumbuhan ekonomi inklusif dan pekerjaan layak. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Desa Karangsong, Indramayu, pada 11 Juni 2025 dengan metode penyuluhan partisipatif tatap muka yang melibatkan 26 pelaku UMKM. Materi mencakup analisis perilaku konsumen di era Digital 5.0, strategi pemasaran digital yang berfokus pada manusia, dan penguatan kapasitas bisnis. Hasilnya menunjukkan peningkatan kesadaran peserta terhadap perubahan perilaku konsumen digital dan strategi adaptasi bisnis, serta terjalinnya komitmen pendampingan lanjutan antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNJ dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Indramayu. Kegiatan ini efektif mendorong transformasi UMKM menuju pertumbuhan berkelanjutan sesuai target SDGs 8.
References
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. (2023). Banyaknya industri mikro dan kecil menurut kabupaten/kota (Unit), 2023. BPS Jawa Barat.
BPS Kabupaten Indramayu. (2024). Kecamatan Indramayu dalam angka 2024. BPS Kabupaten Indramayu.
Galdón-Salvador, J. (2024). Effect of social media influencers on consumer brand engagement and its implications on business decision making. El Profesional de la Información, 33(2). https://doi.org/10.3145/epi.2024.0210
Grimsgaard, W. (2023). Human-centred design is a design approach that involves designing products, services, systems and experiences that meet the core needs of... In Design and the social sciences. Routledge.
Huang, S. H., Wang, B. C., Li, X. Y., et al. (2025). Human-centric product conceptual design model and its feedback-based co-evolution method. Chinese Journal of Mechanical Engineering.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing management (16th ed.). Pearson.
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2021). E-commerce: Business, technology, society. Pearson.
McIntyre, A. (2008). Participatory action research. SAGE Publications.
Philip, K., & Armstrong, G. (2020). Principles of marketing. Prentice Hall.
Putri, N. L. I., & Hakim, I. (2024). New consumer landscape: Sebuah riset perilaku konsumen menuju Society 5.0. Jurnal Mirai Management.
Salas-Guerra, C. R. (2021). Impact of digital economic activity on regional economic growth: A case study from northern Minas Gerais between 2009 to 2018. arXiv. https://arxiv.org/
Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer behavior (12th ed.). Pearson.
SMERU Research Institute. (2022). Prospek ekonomi digital Indonesia terganjal ketimpangan keterampilan digital.
Statista Research Department. (2024). Digital consumer behavior trends. Statista.
United Nations. (2015). Transforming our world: The 2030 agenda for sustainable development. United Nations. https://sdgs.un.org/goals