Bazar Sekolah sebagai Media Edukasi Ekonomi Kreatif dalam Membangun Jiwa Enterpreneurship di Lingkungan Sekolah
Abstract
Tujuan dari artikel pengabdian ini adalah untuk meninjau manfaat kegiatan
bazar sekolah sebagai media edukasi ekonomi kreatif dalam membangun jiwa
enterpreneurship di kalangan peserta didik jenjang sekolah dasar dan
menengah. Kegiatan ini berlaangsung di 2 sekolah berbeda yaitu di SMPN 3
Babat dan SDN 1 Songo di Kabupaten Lamongan. Pendekatan yang digunakan
adalah partisipatif, melibatkan siswa, guru serta mahasiswa yang bertindak
sebagai pendamping yang memberikan bimbingan kepada siswa, dan melakukan
kolaborasi dengan guru melalui empat tahap utama yaitu, identifikasi,
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Selama proses tersebut, siswa diajari
untuk menciptakan produk, mengelola keuangan sederhana, merancang strategi
promosi, serta menjual produk secara langsung di lingkungan sekolah. Hasil
dari kegiatan ini menunjukkan bahwa bazar dapat meningkatkan kemampuan
numerasi serta menumbuhkan keberanian, kreativitas, dan kerjasama di antara
siswa. Selain itu, siswa tampak lebih Sbersemangat dan lebih memahami konsep
kewirausahaan dengan lebih baik. Meskipun terdapat beberapa tantangan
dalam pelatihan awal dan pengorganisasian, bazar sekolah terbukti menjadi
metode yang relevan, menyenangkan, dan layak diintegrasikan sebagai bagian
dari pembelajaran berbasis proyek dalam kurikulum sekolah.
References
Boldureanu, G., Ionescu, A. M., Bercu, A.-M., Bedrule-Grigoruță, M. V., & Boldureanu, D. (2020). Entrepreneurship Education through Successful Entrepreneurial Models in Higher Education Institutions. Sustainability, 12(3), 1267. https://doi.org/10.3390/su12031267
Dewi, N. W. R., Windayani, N. L. I., Arifin, Laia Bestari, & Sutajaya I Made. (2024). Membangun Jiwa Enterpreneurship dan Kreativitas di Sekolah Melalui Kegiatan Market Day Berorientasi Kearifan Lokal. Jurnal Ilmu https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta Pendidikan, 7, 100–112.
Faruq, U., & Bakar, M. Y. A. (2025). Pendidikan Sebagai Alat Transformasi Sosial Perspektif Filsafat lmu. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 4(1), 56–74. https://doi.org/10.55606/concept.v4i1.1759
Helmi, M., & Sofa, A. R. (2024). Melahirkan Generasi Berkarakter Unggul melalui Transformasi Sosial yang Berbasis Pendidikan, Nilai, dan Kolaborasi Masyarakat di MTs Miftahul Khoir Alastengah Besuk. Reflection : Islamic https://doi.org/10.61132/reflection.v2i1.431 Education Journal, 2(1), 186–199.
Magfiroh, Syarif, N., & Arifin, Z. (2024). Bazar Sekolah Sebagai Upaya Pembentukan Jiwa Enterpreneur Peserta Didik di Min 2 Kota Kediri.
Maknuni, J. (2021). Strategi Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 9–16. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.392
Pratiwi, N. K. A., Murpratiwi, S. I., Pramawati, I. D. A. A. T., Mulyawan, I. P. A., Putri, K. M. D.,
Suandana, N. P. W., Aristana, M. D. W., Suryawan, I. W. D., Agetania, N. L. P., & Antara, I. G.
M. Y. (2023). Sosialisasi Entrepreneur Untuk Generasi Z Di SMP Sapta Andika Denpasar. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian https://doi.org/10.59395/altifani.v3i3.386 Kepada Masyarakat, 3(3), 355–362.
Rachman, J. Z., & Maulidya, S. (2024). Pembelajaran Prakarya sebagai Sarana Pengembangan Keterampilan dan Kreativitas Siswa di MTsN 8 Jakarta. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1), 143–162. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i1.3502
Ranem, I. N., & Dewi, N. P. C. P. (2023). Membangun Jiwa Wirausaha Siswa Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Market Day. In Jurnal Manajemen dan Ekonomi (JME) (Vol. 1, Issue 2). https://www.jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/jme
Rina, L., Murtini, W., & Indriayu, M. (2019). Entrepreneurship Education: Is It Important for Middle School Students? Dinamika Pendidikan, 14(1), 47–59. https://doi.org/10.15294/dp.v14i1.15126 Surakarta.
Suci, P. H. (2020). Evaluasi Kurikulum Berbasis Entrepreneur di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 JRTI (Jurnal https://doi.org/10.29210/3003481000 Riset Tindakan Indonesia), 5(1), 6.
Vaughn, L. M., & Jacquez, F. (2020). Participatory Research Methods – Choice Points in the Research Process. Journal of Participatory Research Methods, 1(1). https://doi.org/10.35844/001c.13244
Wewe, M., Ngao, P., & Goan, B. (2024). PROFIL KOMPETENSI NUMERASI PADA SISWA SMP NEGERI 5 GOLEWA.
Yanti, A., & Mauliza, P. (2021). STERATEGI MENGEMBANGKAN JIWA ENTREPRENEUR KEPADA SISWA SEKOLAH MENEGAH PERTAMA (SMP). INFORMATIKA, 9(3), 102–108. https://doi.org/10.36987/informatika.v9i3.2191 |10 KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol. x, No.x Bulan Tahun
Yetti, F. D., & Rizal, S. (2025). Pelatihan Manajemen Keuangan Syariah untuk Guru dan Murid di MI Arrazaq Islamic School Rumbai Pekanbaru.





