Pelatihan dan Produksi Baglog untuk Diversifikasi Usaha UKM Budidaya Jamur Tiram di Pondok Pesantren Al-Ihsaniyah Abul Faidl

  • Ari Prasetyo Ari Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Kuncoro Diharjo Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Supriyadi Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Syamsul Hadi Universitas Sebelas Maret, Surakarta
Keywords: Pelatihan dan Produksi Baglog, UKM Budidaya, Pondok Pesantren Al-Ihsaniyah Abul Faidl

Abstract

Budidaya jamur tiram di Pondok pesantren salafiah Al-Ihsaniyah Abul Faidl mempunyai kapasitas 6 - 12 Kg per hari. Usaha jamur tiram yang berjalan di pondok pesantren yaitu dengan cara membeli media tanam dalam baglog, sehingga biaya produksinya menjadi lebih mahal.Keterbatasan keterampilan dan peralatan yang menyebabkan para santri harus membeli baglog. Kondisi seperti ini tentunya menghilangkan potensi insentif besar yang seharusnya bisa didapatkan pondok pesantren. Kegiatan pengabdian ini membekali keterampilan para santri untuk membuat baglog secara mandiri dan melaui pengabdian ini para santri juga dibuatkan teknologi mesin tepat guna untuk mengisi baglog secara otomatis. Hasil kegiatan ini adalah diselenggarakannya pelatihan produksi baglog jamur tiram dan mesin pengisi baglog otomatis. Dengan adanya program ini, pondok pesantren Al-Ihsaniyah Abul Faidl dapat memperluas usaha dengan adanya mesin pengisi baglog otomatis.

References

[1]http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/?content=data-pontren&action=list_pontren&prop=33&k=14&id=51
[2] Arif Didik Kurniawana dan Nuri Dewi Muldayanti. (2019). “Budidaya Jamur dan Pembuatan Media Tumbuh Jamur Tiram Untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa FKIP UM Pontianak “. Buletin Al-Ribaath 16. 79-84.
[3] Widyastuti, N, 2009.” Pengembangan Teknologi Bioproses Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) dan Jamur Shiitake (Lentinus edodes) sebagai Sumber Gizi dan Bahan Pangan Fungsional”, Orasi Pengukuhan Profesor Riset Bidang Bioteknologi Umum. BPPT-Jakarta, hal. 58.
[4] Djarijah, N.M., DjarijahA, S. (2001). Jamur Tiram Pembibitan, Pemeliharaan dan Pengendalian Hama-Penyakit. Kanisius. Yogyakarta.
[5] Widiyastuti, B. (2009). Budidaya jamur Kompos. Penebar Swadaya. Jakarta.
[6] Hardi Soenanto. (2000). Budidaya Jamur Tiram Edisi I. CV Aneka Ilmu. Semarang.
Published
2022-08-25
Section
Articles