Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kodular untuk Peningkatan Keterampilan Guru SD Gugus Mentari
Abstract
Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi di Komunitas Belajar Gugus Mentari KKG di Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi. Masih rendah, hanya 25% dari 74 guru yang mampu menggunakan media interaktif seperti Powerpoint, Youtube, dan Canva. Penguasaan teknologi pembelajaran merupakan indikator kunci kompetensi pedagogi guru di era digital. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru SD dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Android dengan menggunakan Platform Kodular. Kegiatan berlangsung pada tanggal 24-25 Juli 2024 di SDN 147/IV, Kota Jambi, dan terdiri dari dua tahap: pelatihan dan pendampingan. Pelatihan meliputi pengenalan antarmuka Kodular, konsep dasar pemrograman berbasis blok, dan pembuatan aplikasi sederhana. Pendampingan intensif meliputi perancangan, penambahan komponen, pengaturan properti, dan konstruksi blok logika, sehingga menghasilkan aplikasi media pembelajaran yang fungsional. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 60,18% peserta menilai materi sesuai, 71,62% mendapatkan wawasan baru terkait teknologi pembelajaran, dan 85% memberikan penilaian positif terhadap pendampingan yang diberikan oleh narasumber. Sebagian besar peserta mampu membuat aplikasi media pembelajaran interaktif yang relevan dengan kebutuhan siswa. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menguasai teknologi pembelajaran dan mendorong terciptanya media pembelajaran inovatif di sekolah dasar.
References
Farihah Almaida, M., Anriani, N., & Rafianti, I. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Android Menggunakan Kodular Untuk. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2024(19), 337–350. https://doi.org/10.5281/zenodo.14121241
Furqon, M. A., Hidayat, M. A., Pandunata, P., Zarkasi, M., Nurdiansyah, Y., & Leba, K. (2024). Pelatihan Pemrograman Visual Kodular Bagi Siswa SMPS Mitra Patrang Jember. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 4(1), 134–148.
Hanum, A., & Sari, P. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kodular Berbasis Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Bagi Kelas 4 Sd. Academy of Education Journal, 14(2), 494–505. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1761
Hasibuan, N. H., Gusmania, Y., & Rahman, S. (2022). Efektivitas Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Kodular untuk Kemampuan Pemahaman Literasi Matematika Siswa SDS Edustar. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 501–510. https://doi.org/10.30606/absis.v4i2.1218
Hendrik, B., & Awal, H. (2023). Pelatihan Teknologi Internet pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(2), 76-81.
Kholifah, U., & Imansari, N. (2022). Pelatihan membangun aplikasi mobile menggunakan kodular untuk siswa smpn 1 selorejo. Abdimas Galuh, 4(1), 549–553.
Maryono, M., Kuntarto, E., Budiono, H., Sastrawati, E., & Noviyanti, S. (2024). Pelatihan Praktik Baik Penyusunan Modul Ajar yang Efektif Menggunakan Artificial Intelligence Di SDN 36/V Pembengis Kuala Tungkal. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 713–719.
Muyasir, M., & Musfikar, R. (2022). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Dasar Desain Grafis Berbasis Android Menggunakan Web Kodular. Journal Of Information Technology (JINTECH), 3(1), 22-28, 3(1), 45. http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0160738315000444%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0160738315000444%250Ahttp://eprints.lancs.ac.uk/48376/%255Cnhttp://dx.doi.org/10.1002/zamm.19630430112%250Ahttp://www.sciencedirect.com/
Prianbogo, A. A., & Rafida, V. (2022). Pengembangan modul elektronik berbasis Android dengan aplikasi Kodular pada mobile learning mata pelajaran penataan produk kelas XI BDP SMK. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(2), 1669–1678.
Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126.
Rosa Sinensis, A., Firdaus, T., & Riski, U. (2023). Peningkatan Literasi Digital Guru Melalui Pkm Workshop Pembuatan Media Interaktif Berbasis Android Di Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Oku Timur. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2178–2187. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1138
Sastrawati, E., & Novallyan, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pemahaman Konsep Trigonometri. Jurnal IJER, 2(2), 72–76.
Shindy Ekawati, F. B. (2022). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Kodular. Abdimas Langkanae Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 2(2), 216–222. https://www.kodular.io/.
Zulfah, M., & Sholeh, M. M. A. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira, 1(1).





