Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru SD Melalui Pengembangan Pembelajaran Berbasis ICT
Abstract
Pengembangan kompetensi pedagogik guru merupakan bagian penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Tujuan untuk memberikan bekal keterampilan dan pengetahuan kepada guru-guru SD agar mampu pemahaman guru terhadap konsep pedagogik berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dan aplikasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi; Metode yang digunakan dalam kegiatan dimaksud menggunakan metode ceramah dan video. Peserta mampu menguasai semua keterampilan. Strategi implementasi di sekolah harus dilakukan secara bertahap, dimulai dengan pelatihan dasar dan dukungan teknis yang memadai.
References
Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran. RajaGrafindo Persada.
Datunsolang, R., Sidik, F., & Erwinsyah,A. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educator:Directory of Elementary Education Journal, 2(2), 181-197
Depdiknas. (2008). Kajian kebijakan kurikulum: Pengembangan kompetensi guru dalam pemanfaatan ICT. Departemen Pendidikan Nasional.
Hera, E.M., &Widiatna, A.D. (2023). Analisis Manajemen Kompetensi Pedagogik Guru di Yayasan Santo Stanislaus Borong. Credendum:Jurnal Pendidikan Agama, 5(1), 48-57
Kemendikbud. (2021). Panduan pembelajaran tatap muka terbatas. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kusuma, N.F., Haerunissa, N., Harahap., A.T., Zainiza, M., Fzira, A., Hastuti., S., Koirina, N., Syafiq, M.A., Fitriyasari, M., &Amin, R. (2025). Best Practice Pembelajaran Abad 21, Naba Edukasi Indonesia.
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x
Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. (2007). Kementerian Pendidikan Nasional.
Rahmi, A.N., Buabara, H., Miyazaki, A.F.N., Rsumayadi., & Herman. (2024). Tantangan dan Solusi dalam Menghadapi Era Digital:Pendidikan Anak di Zaman Teknologi. Jupeis:Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 127-135
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suyanto, E., & Asep, D. (2010). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Erlangga.
UNESCO. (2011). ICT competency framework for teachers. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000213475
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Warsita, B. (2014). Teknologi pembelajaran: Landasan dan aplikasinya. Rineka Cipta.





