Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru SD Melalui Pengembangan Pembelajaran Berbasis ICT

  • Elsinora Mahananingtyas Universitas Pattimura
  • Jusak Syaranamual Universitas Pattimura
  • Lisa M. Sahetapy Universitas Pattimura
  • Prisca Sampe Universitas Pattimura
  • Nandalita Nunuela Universitas Pattimura
  • Mariana Ditboya Hukubun Universitas Pattimura
  • Ananada Khoiriah Universitas Pattimura
  • Indah Gloria Jalmav Universitas Pattimura
Keywords: Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru SD, Pengembangan Pembelajaran Berbasis ICT

Abstract

Pengembangan kompetensi pedagogik guru merupakan bagian penting dalam peningkatan mutu pendidikan.  Tujuan untuk memberikan bekal keterampilan dan pengetahuan kepada guru-guru SD agar mampu        pemahaman guru terhadap konsep pedagogik berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dan aplikasi.  Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi; Metode yang digunakan dalam kegiatan dimaksud menggunakan metode ceramah dan video. Peserta mampu menguasai semua keterampilan. Strategi implementasi di sekolah harus dilakukan secara bertahap, dimulai dengan pelatihan dasar dan dukungan teknis yang memadai.

 

References

Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran. RajaGrafindo Persada.

Datunsolang, R., Sidik, F., & Erwinsyah,A. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educator:Directory of Elementary Education Journal, 2(2), 181-197

Depdiknas. (2008). Kajian kebijakan kurikulum: Pengembangan kompetensi guru dalam pemanfaatan ICT. Departemen Pendidikan Nasional.

Hera, E.M., &Widiatna, A.D. (2023). Analisis Manajemen Kompetensi Pedagogik Guru di Yayasan Santo Stanislaus Borong. Credendum:Jurnal Pendidikan Agama, 5(1), 48-57

Kemendikbud. (2021). Panduan pembelajaran tatap muka terbatas. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kusuma, N.F., Haerunissa, N., Harahap., A.T., Zainiza, M., Fzira, A., Hastuti., S., Koirina, N., Syafiq, M.A., Fitriyasari, M., &Amin, R. (2025). Best Practice Pembelajaran Abad 21, Naba Edukasi Indonesia.

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x

Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. (2007). Kementerian Pendidikan Nasional.

Rahmi, A.N., Buabara, H., Miyazaki, A.F.N., Rsumayadi., & Herman. (2024). Tantangan dan Solusi dalam Menghadapi Era Digital:Pendidikan Anak di Zaman Teknologi. Jupeis:Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 127-135

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suyanto, E., & Asep, D. (2010). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Erlangga.

UNESCO. (2011). ICT competency framework for teachers. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000213475

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Warsita, B. (2014). Teknologi pembelajaran: Landasan dan aplikasinya. Rineka Cipta.

Published
2025-11-10
Section
Articles