Pelatihan Menyusun Modul Ajar Cerita Rakyat Berbasis Literasi Budaya Sasak
Abstract
Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif dan keterampilan praktis kepada guru dalam menyusun modul ajar cerita rakyat berbasis literasi budaya Sasak yang kreatif, sistematis, dan sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 1 September 2025 di SMAS Ulil Albab NW Ld. Jaran, Lombok Timur, dengan melibatkan 72 guru bahasa Indonesia yang tergabung dalam MGMP Bahasa Indonesia SMA Swasta Lombok Timur. Metode pelatihan menggunakan pendekatan partisipatif dan praktis melalui ceramah interaktif dan workshop kolaboratif. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat kepuasan peserta sangat tinggi (93%), dengan 87.5% peserta berhasil menyusun modul ajar lengkap yang terintegrasi nilai-nilai kearifan lokal Sasak. Pelatihan tidak hanya berhasil membangun pemahaman konseptual tetapi juga mengembangkan kapasitas praktis peserta dalam mengembangkan bahan ajar berbasis budaya. Secara signifikan, kegiatan ini berhasil mentransformasi peran guru dari pengajar menjadi agen perubahan budaya, dengan 95% peserta menyusun rencana implementasi konkret di sekolah masing-masing. Meskipun menghadapi tantangan seperti keragaman pemahaman budaya dan variasi kemampuan teknologi, pendekatan diferensiasi dan pendampingan intensif berhasil mengatasi kesenjangan tersebut. Kegiatan ini telah menciptakan dampak berkelanjutan melalui terbentuknya komunitas pembelajaran profesional yang akan melanjutkan pelestarian warisan budaya Sasak melalui pendidikan formal.
References
Anjarwati, T., & Hidayat, M. S. (2025). Pembelajaran IPS Berbasis Cerita Rakyat Asal Usul Desa Sokaraja untuk Menanamkan Karakter pada Siswa. Jurnal Pendidikan Guru …, 24–38. https://ejournal.staialamin.ac.id/index.php/pgmi/article/view/322%0Ahttps://ejournal.staialamin.ac.id/index.php/pgmi/article/download/322/192
Bastian, A., Herlinawati, H., & Firdaus, M. (2024). Cultural Outreach: Integrasi Budaya Melayu dalam Pendidikan Modern. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 1431–1439. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.2193
Emda, A., & Hanim, N. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. JKA-Jurnal Kolaboratif Akademika, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.26811/mv0p5344
Ferando, M. F., Bardi, Y., Kristianus, Y., Mayeli, F. R., Rada, M. M., Mude, M. R., Penu, N., Du’a Bolor, S., Dan, K., Pendidikan, I., Kewarganegaraan, P., Kampus, A., Jenderal, J., Waioti, S., Nusa, M., & Timur, T. (2025). Pemanfaatan Cerita Rakyat sebagai Media Penguatan Literasi Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 3(1), 301–316. https://journal.aspirasi.or.id/index.php/Fonologi
Hatima, Y. (2025). Integrasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Journal of Humanities, Social Sciences, And Education (JHUSE), 5(1), 43. https://doi.org/10.58218/kasta.v5i1.1335
Kusumaningtyas, W., & Saputra, A. A. (2025). Membangun Pengetahuan: Pendekatan Teori Beralasan untuk Memahami Filosofi Pendidikan. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 3(4), 53–58. https://doi.org/10.31004/riggs.v3i4.475
Masykuri Hamdie, I., Iqbal Assyauqi, M., kunci, K., & Pendidikan Filsafat Pendidikan, T. (2024). Peran Filsafat Pendidikan dalam Pembentukan Kepribadian Holistik dan Muslim. Journal of Islamic Studies, 1(1), 1–14. https://mandarasajournal.com/index.php/mnd
Sabila, N., Safitri, D., & Sujarwo. (2025). Pelestarian Nilai Budaya Melalui Pendidikan Di Tengah Arus Globalisasi Preserving Cultural Values Through Education in the Midst of Globalization. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(4), 7641–7651. https://jicnusantara.com/index.php/jiic
Suryanto, E., Sumarwati, S., Anindyarini, A., & Hadiyah, H. (2024). Cerita Rakyat sebagai Sarana Berliterasi Kearifan Lokal: Pendekatan Ekologi Sastra. Indonesian Language Education and Literature, 9(2), 328. https://doi.org/10.24235/ileal.v9i2.14802
Uswatun Khasanah, Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Genuk Kemiri. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 60–64. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1611





