Penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah Berbasis Ekonomi Syariah Melalui Program Pengembangan Kewirausahaan Moderat Di Batubara

  • Hasan Matsum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Ahsan UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Shitaa University Wisconsin Madison
  • Reni Ria Armayani Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: UMKM, Ekonomi Syariah, Moderasi Beragama, Kewirausahaan Moderat, Pemberdayaan Ekonomi.

Abstract

pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di Indonesia. Mewakili 99,99% dari total usaha, UMKM berkontribusi signifikan terhadap PDB dan distribusi pendapatan. Di Kabupaten Batubara, UMKM menghadapi tantangan seperti terbatasnya akses terhadap modal, infrastruktur, dan pengetahuan tentang ekonomi Syariah. Studi ini mengeksplorasi penguatan UMKM berbasis Syariah melalui program pengembangan kewirausahaan moderat, yang mengintegrasikan prinsip-prinsip ekonomi Islam dan moderasi beragama untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif. Program ini terdiri dari beberapa tahap sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. Sosialisasi memperkenalkan konsep-konsep kunci ekonomi Syariah dan moderasi beragama, dengan menekankan keadilan, kerja sama, dan praktik bisnis yang etis. Pelatihan menggunakan metode eksperiensial, yang memungkinkan peserta untuk mengatasi tantangan dunia nyata dan merumuskan solusi. Pendampingan melalui grup WhatsApp memberikan panduan berkelanjutan dan memperkuat implementasi praktis. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan penerapan prinsip-prinsip Syariah dan nilai-nilai moderasi peserta, yang tercermin dari peningkatan skor pasca-tes. Peserta melaporkan peningkatan etika bisnis, kepercayaan pelanggan, dan kohesi sosial. Tantangan seperti kesenjangan pendanaan dan pelatihan ditangani dengan rekomendasi yang ditargetkan, termasuk akses ke pembiayaan Islam dan pendidikan berkelanjutan. Studi ini menyoroti potensi integrasi ekonomi Syariah dan moderasi beragama untuk memberdayakan UMKM, berkontribusi pada pemerataan pembangunan ekonomi, dan mendorong ekosistem bisnis yang harmonis.

References

Aljufri, M Lutfi. “Tren Transformasi Digital ASEAN: Tantangan Keberlangsungan Ekonomi Digital Kawasan” (Skripsi Universitas Airlangga, 2019).

Anggraeni, L., Puspitasari, H., El Ayyubi, S., & Wiliasih, R. (2013). Akses UMKM terhadap pembiayaan mikro syariah dan dampaknya terhadap perkembangan usaha: Kasus BMT Tadbiirul Ummah, Kabupaten Bogor. Al-Muzara’ah, 1(1), 56–67.

Ariyadi. “Bisnis Dalam Islam” dalam Jurnal Hadratul Madaniyah, Vol.5, Issue I, 2018.

Armayani, Reni Ria. “Membangun Entrepreneurship Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Terhadap Rumah Makan Etnis Minang di Medan)”, http://repository.uinsu.ac.id/9077/1/PDF%20Penelitian%20Edukatif.pdf.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bardan, Abdul Basith. “Kominfo: potensi ekonomi digital Indonesia capai US$ 124 miliar pada tahun 2025”,

Battistella, C., Cagnina, M., Cicero, L., & Preghenella, N. (2018). Sustainable business models of SMEs: Challenges in yacht tourism sector. Sustainability,

(10), 3437.

Bocken, N. M., Short, S. W., Rana, P., & Evans, S. (2014). A literature and practice review to develop sustainable business model archetypes. Journal of cleaner

production, 65, 42-56.

Bocken, N., Short, S., Rana, P., & Evans, S. (2014). A value mapping tool for

sustainable business modelling. Corporate Governance, 13(5), 482-497.

Boons, F.; Lüdeke-Freund, F. Business models for sustainable innovation: State-ofthe-art and steps towards a research agenda. J. Clean. Prod. 2013, 45, 9–19.

Bommel, K. (2018). Managing tensions in sustainable business models: Exploring instrumental and integrative strategies. Clean. Prod. 45, 20–30.

Bukhari Alma. 2004. Kewirausahaan C et, VII. Bandung; Al Fabate.

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Cooper, D. R. dan Schindler, P. S. (2014). Business Research Method (Twelfth Edition). The McGraw-Hill Companies, Inc

Darussalam, Andi. “Paradigma Bisnis Islam Perspektif Hadis” dalam Jurnal TAHDIS, Vol.6, No.1, 2015.

Evans, S., Vladimirova, D., Holgado, M., Van Fossen, K., Yang, M., Silva, E. A., & Barlow, C. Y. (2017). Business model innovation for sustainability: Towards a unified perspective for creation of sustainable business models. Business Strategy and the Environment, 26(5), 597-608.

Fuadi, Debi S, et.al., ”Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial” dalam Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, No Vol 5, Maret 2021.

Harahap, Isnaini. “Ekonomi Pembangunan”, (Medan:Perdana Publishing, 2018).

Harahap, Sunarji. Pengantar Bisnis: Pendekatan Integratif-multidisipliner (Medan: FEBI UIN-SU Press, 2017).

Hardiati, Neni dan Ayi Yunus Rusyana (ed.). “Etika Bisnis Rasulullah Sebagai Pelaku Usaha Sukses Perspektif Maqasyid Syariah”, dalam Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(01), 2021.

Høgevold, N. M. (2011). A corporate effort towards a sustainable business model: a case study from the Norwegian furniture industry. European Business Review, 23(4), 392-400.

Hejazziey, D. (2009). Pemberdayaan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Lembaga Keuangan Syariah (LKS) Untuk Mengentaskan Kemiskinan dan Pengurangan Pengangguran. Al Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah.

https://doi.org/10.15408/aiq.v1i1.2452

Ihza, Khofifah Nur. “Dampak Covid-19 Terhadap UMKM (Studi Kasus UMKM Ikhwa

Comp Desa Watesprojo, Kemlagi Mojokerto)” dalam Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 1, No 7, Desember 2020.

Imsar, et. al., Ekonomi Mikro Islam (t.t.p, 2019).

Ismail Nawawi. 2009. Ekonomi Islam. Jakarta: CV. Putra Media Nusantara,

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima, Aplikasi luring resmi Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2016.

Kartawinata, B., Wijayangka, C., Dabinda, H., & Aprilia, S. (2020). Analisis Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Umkm) Sebelum dan Sesudah Memperoleh Pembiayaan dari Lembaga Keuangan Syariah. ECo-Buss, 2(2 SE-Articles). https://doi.org/10.32877/eb.v2i2.108

Kemenkominfo, Perkembangan Ekonomi Digital Di Indonesia, (Jakarta: Puslitbang Aptika dan IKP, 2019), h. 11-12.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil Dinkop dan UMKM Kota Medan, wawancara di Medan, tanggal 15 Juni 2021.

Lukman Hakim Saifuddin, 2019. Moderasi Beragama (Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia)

Menteri Koperasi dan UKM, 2015, Rencana Strategi Kementerian Koperasi dan UKM, Kemenkop Jakarta.

Goeffery G. Meredith, et al. kewirausahaan: Teori dan Praktik Ed.5.

Meylinda, Maudy Vena. 2017.“Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Minat Beli Melalui Sistem Online Shop. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar.

Morioka, S. N., Evans, S., & de Carvalho, M. M. (2016). Sustainable business model innovation: Exploring evidences in sustainability reporting. Procedia CIRP, 40, 659-667.

Morioka, S.N.; Bolis, I.; Monteiro de Carvalho, M. (2018) From an ideal dream towards reality analysis: Proposing Sustainable Value Exchange Matrix (SVEM) from systematic literature review on sustainable business models and face validation. J. Clean. Prod., 178, 76–88

Muh, Yunus. 2008. Islam dan Kewirausahaan Inivatif, Malang: UIN Press.

Muheramtohadi, S. (2017). Peran Lembaga Keuangan Syariah dalam Pemberdayaan UMKM di Indonesia. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1), 65–77.

Muzdalifa, Irma. et.al., 2018.“Peran Fintech Dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif Pada UMKM Di Indonesia (Periode Keuangan Syariah)” dalam Jurnal Masyarif al-syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol. 3, No. 1.

Nilasari, Ayunda Putri, et. al.,2019. “Strategi Pemberdayaan dan Kontribusi UMKM Menghadapi Ekonomi Digital”.

Neill, D.B. (2013). Using Artificial Intelligence to Improve Hospital Inpatient Care. IEEE Intell Syst, 28, 92-95. https://doi.org/10.1109/MIS.2013.51

Norvadewi. 2015. “Bisnis Dalam Perspektif Islam (Telaah Konsep, Prinsip, dan Landasan Normatif)” dalam Jurnal Al-Tijary, Vol. 1, No. 1, Desember.

Osterwalder, A., Pigneur, Y., 2010. Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. John Wiley & Sons, Hoboken, New Jersey.

Rahmani, Nur Ahmadi Bii. 2016. Metodologi Penelitian Ekonomi, (Medan: FEBI UIN- SU Press).

Richardson, J. (2008) The business model: An integrative framework for strategy execution. Strat. Chang. 17, 133–144.

Rini, H. Z. (2017). Peran Perbankan Syariah terhadap Eksistensi UMKM Industri Rumah Tangga Batik. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 1(1), 67–80.

Sayekti, Nidya Waras. 2018. “Tantangan Perkembangan Ekonomi Digital Di Indonesia” dalam Jurnal Info Singkat, Vol. X, NO. 05/I/Puslit.

Setiawan, Ahmad Budi. 2018. “Revolusi Bisnis Berbasis Platform Sebagai Penggerak Ekonomi Digital di Indonesia” dalam Jurnal Masyarakat Telematika dan Informasi, Vol 9, No 1, Jnauari-Juni.

Sekaran & Bougie, (2016). Research Methods for Business : A Skill Building Approach Seventh Edition. United States of America : Wiley

Tambunan, T. (2002). Usaha kecil dan menengah di Indonesia: beberapa isu penting. Salemba

Empat.https://books.google.co.id/books?id=uv7sAAAAMAAJ

Thomas W. Zimmerer dan Norman M. Scarborough, Enterpreneurship and the new venture

formation, New Jersey

Tracy S. J. (2013). Qualitative Research Methods collecting evidence, crafting analysis, communicating impact (versi elektronik). John Wiley & Sons, Ltd WWF, 2012. Living Planet Report 2012. Retrieved from the WWW, December 2012: http://awsassets.panda.org/downloads/1_lpr_2012_online_full_ size_single_pages_final_120516.pdf.

Wilantara, R. F. (2016). Strategi dan Kebijakan Pembangunan UMKM. Bandung: Refika Aditama.

Wirabrata, Achmad. “Prospek Ekonomi Digital Bagi Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi” dalam Jurnal Info Singkat, Vol. VIII, NO. 1 7/I/P3DI, September 2016.

Zimmerer, Thomas W., dan Norman M. Scarborough. (2016). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Published
2025-11-29
Section
Articles