Penguatan Literasi Digital di Era Artificial Intelligence Untuk Mendukung Sustainable Development Goals
Abstract
Literasi digital merupakan kompetensi dasar untuk memahami dan mengembangkan AI, sekaligus bekal penting keterampilan abad 21. Penguatan literasi ini mendukung SDG 4 yang menargetkan pendidikan berkualitas, inklusif, dan pembelajaran sepanjang hayat. Pentingnya literasi digital ini juga dirasakan oleh guru-guru di SMA Negeri 1. Meskipun sebagian guru sudah mulai menggunakan AI dalam pembelajaran, namun secara umum guru-guru belum mempunyai pengetahuan yang cukup tentang teknologi digital dan AI. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menguatkan literasi digital pada guru. Pengabdian ini diwujudkan dalam bentuk pelatihan. Kompetensi literasi digital diukur menggunakan lima aspek, yaitu: (a) pengetahuan dasar literasi digital dan AI, (b) keamanan data dan privasi, (c) deteksi hoax dan disinformasi, (d) UU ITE dan etika digital, dan (e) sikap proaktif. Pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah pelatihan untuk mengetahui efektifitas pelatihan. Hasil uji sampel berpasangan menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan pada setiap aspek. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan yang diberikan bisa diterima dan dipahami dengan baik. Aspek proaktif yang meningkat menunjukkan bahwa guru-guru menjadi lebih siap untuk membawakan literasi digital dan AI dalam pembelajaran di kelas.
References
Bakkenes, I., Vermunt, J. D., & Wubbels, T. (2010). Teacher learning in the context of educational innovation: Learning activities and learning outcomes of experienced teachers. Learning and Instruction, 20(6), 533–548. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2009.09.001
Cerutti, E., Garcia Pascual, A., Kido, Y., Li, L., Melina, G., Mendes Tavares, M., & Wingender, P. (2025). The Global Impact of AI. IMF Working Papers, 2025(076), 1. https://doi.org/10.5089/9798229008570.001
Gohr, C., Rodríguez, G., Belomestnykh, S., Berg-Moelleken, D., Chauhan, N., Engler, J.-O., Heydebreck, L. V., Hintz, M. J., Kretschmer, M., Krügermeier, C., Meinberg, J., Rau, A.-L., Schwenck, C., Aoulkadi, I., Poll, S., Frank, E., Creutzig, F., Lemke, O., Maushart, M., von Wehrden, H. (2025). Artificial intelligence in sustainable development research. Nature Sustainability, 8(8), 970–978. https://doi.org/10.1038/s41893-025-01598-6
Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2023). Artificial intelligence in education. In Data ethics : building trust : how digital technologies can serve humanity (pp. 621–653). Globethics Publications. https://doi.org/10.58863/20.500.12424/4276068
Kavak, M., & Rusu, L. (2025). Challenges and Opportunities of Artificial Intelligence in Digital Transformation: A Systematic Literature Review. Procedia Computer Science, 256, 369–377. https://doi.org/10.1016/j.procs.2025.02.132
Leon, M. (2025). AI-Driven Digital Transformation: Challenges and Opportunities. Journal of Engineering Research and Sciences, 4(4), 8–19. https://doi.org/10.55708/js0404002
Luckin, R., & Holmes, W. (2016). Intelligence Unleashed: An argument for AI in Education. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:115788480
Miao, F., Holmes, W., Ronghuai Huang, & Hui Zhang. (2021). AI and education: guidance for policy-makers. UNESCO. https://doi.org/10.54675/PCSP7350
Russell, S. J., & Norvig, Peter. (2021). Artificial intelligence : a modern approach. Pearson Education Limited.
Saini, M., Sengupta, E., Singh, M., Singh, H., & Singh, J. (2023). Sustainable Development Goal for Quality Education (SDG 4): A study on SDG 4 to extract the pattern of association among the indicators of SDG 4 employing a genetic algorithm. Education and Information Technologies, 28(2), 2031–2069. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11265-4
Vinuesa, R., Azizpour, H., Leite, I., Balaam, M., Dignum, V., Domisch, S., Felländer, A., Langhans, S. D., Tegmark, M., & Fuso Nerini, F. (2020). The role of artificial intelligence in achieving the Sustainable Development Goals. Nature Communications, 11(1), 233. https://doi.org/10.1038/s41467-019-14108-y
Voogt, J., & Roblin, N. P. (2012). A comparative analysis of international frameworks for 21 st century competences: Implications for national curriculum policies. Journal of Curriculum Studies, 44(3), 299–321. https://doi.org/10.1080/00220272.2012.668938
Wan, X., & Zhao, P. (2024). Research on the Impact of Artificial Intelligence on Corporate Competitive Advantage. Frontiers in Business, Economics and Management, 17(3), 438–443. https://doi.org/10.54097/as1w9764





