Pelatihan Analisis Instrumen Penilaian Pembelajaran dengan Aplikasi AnBuso Di SMP Negeri 21 Banjarmasin
Abstract
Penilaian menjadi komponen esensial dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus menggunakan soal yang berkualitas. Untuk mengetahui apakah berkualitas tidaknya soal, harus dilakukan analisis terhadap soal tersebut. Namun faktanya guru jarang melakukannya termasuk guru di SMP Negeri 21 Banjarmasin. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru tentang analisis butir soal dengan aplikasi Anbuso. Metode yang digunakan adalah: penyuluhan, demonstrasi dan difusi ipteks. Dari hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan yang dilaksanakan mempunyai pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan pengetahauan dan keterampilan peserta tentang instrumen penilaian. Data awal memperlihatkan masih banyak peserta berada pada kategori kurang dan sangat kurang, namun setelah pelatihan terjadi perubahan signifikan dengan meningkatnya jumlah peserta pada kategori sangat baik hingga mencapai 83%, tidak terdapat lagi peserta berkategori sangat kurang. Berdasarkan hasil yang dicapai, maka perlunya kegiatan serupa dilaksanakan di sekolah lain, agar semakin banyak guru yang terampil dalam menganalisis instrumen penilaian
References
Black, P., Harrison, C., Lee, C., Marshall, B., & Wiliams., D. (2003). Formative and summative assessment : Can they serve learning together ? The American Educational Research Association, January, 1–17. http://www.kcl.ac.uk//depsta/education/hpages/pblackpubs. html
Heriyati, H., Munasiah, *Munasiah, & Zikriah, Z. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Anbuso Dalam Penilaian Hasil Belajar Di Sd Negeri Sukamaju Baru 1 Depok. JURNAL PADI (Pengabdian MAsyarakat Dosen Indonesia), 6(2), 15–19. https://doi.org/10.51836/jpadi.v6i2.599
Ida, F. F., & Musyarofah, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al-Mu’Arrib: Journal of Arabic Education, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v1i1.2100
Indriani, N., Sutamah, S., Maharani, A. P., Wahyuni, N., Afi, D. A., Bahri, F. F., & Rahma, S. N. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan Instrumen Asesmen Autentik Higher Order Thinking Skill Di Mi Sidoarjo. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(6), 596–607. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.171
Jurakulovna, T. M., Shavkatovna, R. G., & ... (2022). Organization of the process of preschool education and upbringing based on a student-centered approach. … of Early Childhood, 14(03), 10058–10062. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V14I3.1169
Majma, T., Taftazani, T., Haifa, N. H., Safira, N., & Putri, H. E. (2025). Analisis Kualitas Butir Soal Pemahaman Siswa Kelas 1 SD Materi Penjumlahan dan Pengurangan Menggunakan Tes Buatan Guru Berbasis Program Anates. 8(1), 150–159. https://doi.org/10.56338/jks.v8i1.6666
Misda, S. (2023). Analisis Butir Soal Literasi Membaca pada Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Siswa Smk. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(2), 467–481. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.7589
Muhson, A., Lestari, B., & Baroroh, K. (2016). Pengembangan Software Analisis Butir Soal Yang Praktis Dan Aplikatif. February. https://doi.org/10.17977/jip.v20i2.4618
Zikriah dkk. (2025). Sosialisasi Software Anbuso Untuk Instrumental Tes Pada Guru- Guru Sd Negeri Mekarjaya 7 Depok. 8, 1–7.
Quaigrain, K., & Arhin, A. K. (2017). Using reliability and item analysis to evaluate a teacher-developed test in educational measurement and evaluation. Cogent Education, 4(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2017.1301013
Rizqa, M., Andrina, M., Lestari, P. P., Indriyani, K. F., & Hidayanti, U. (2025). Analisis Butir Soal Tes Kemampuan Siswa pada Mata Pelajaran Manajemen Perkantoran. Urnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 4(3), 337–346. https://doi.org/10.54259/diajar.v4i3.4029
Savika, H. I., & Zuhriyah, I. A. (2024). Peran Analisis Butir Soal terhadap Kualitas Soal, Kompetensi Guru, dan Prestasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. PANDU: Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 2(2), 43–51. https://doi.org/10.59966/pandu.v2i2.856
Silva Quiroz, J., Lázaro, J. L., Miranda Arredondo, P., & Canales Reyes, R. (2018). El desarrollo de la competencia digital docente durante la formación del profesorado. Opcion, 34(86), 423–449.
William, D. (2011). Formative Assessment: Definitions And Relationships Dylan Wiliam, Institute of Education, University of London. Assessment for Learning: Origins and Antecedents For, 1–26. http://eprints.ioe.ac.uk/6806/1/Wiliam2011What2.pdf
Yan, Z., Li, Z., Panadero, E., Yang, M., Yang, L., & Lao, H. (2021). A systematic review on factors influencing teachers’ intentions and implementations regarding formative assessment. Assessment in Education: Principles, Policy and Practice, 28(3), 228–260. https://doi.org/10.1080/0969594X.2021.1884042





