Penjabaran Nilai-Nilai Pancasila Melalui Media Ajar Berbasis Komik
Abstract
Tujuan dari artikel pengabdian ini yaitu untuk menyampaikan nilai- nilai Pancasila dengan menggunakan media ajar berbasis komik dengan ikut melibatkan siswa dalam pembuatan komik sehingga meningkatkan pemahaman serta keantusiasan siswa dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu pendekatan edukatif- partisipatif yang menekankan keterlibatan aktif antara tim pengabdian, dan siswa dalam proses pembelajaran nilai- nilai Pancasila. Hasil dari kegiatan pengabdian ini berdasarkan observasi dan evaluasi yang dilakukan, terlihat adanya peningkatan signifikan dalam antusiasme dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran berlangsung, komik yang dirancang dengan visual menarik dan cerita yang kontekstual mampu menarik perhatian siswa dan menjadikan materi yang sebelumnya dianggap abstrak menjadi lebih konkret dan mudah dipahami, dari data yang disajikan, peningkatan nilai siswa secara keseluruhan menunjukkan bahwa penggunaan media komik memberikan dampak positif terhadap hasil belajar, rata- rata kenaikan nilai berada dalam rentang 10 hingga 15 poin.
References
A’raf, A. M., & Retnoningsih, S. (2025). Analisis Efektivitas dan Desain Komunikasi Visual pada Media Komik Digital sebagai Media Pembelajaran Nilai Karakter. ARDVIS : Artistik Riset Desain, Komunikasi Visual, Inovasi Dan Seni, 1(2), 22–29. https://ardvis.upnjatim.ac.id/index.php/ardvis/article/view/23
A, A. O., Putri, A. I., Matthew, K., & Universitas, H. (2025). Krisis Identitas Pada Generasi Muda Karena Dampak Globalisasi Dan Media Sosial. September, 1–17. https://doi.org/10.11111/nusantara.xxxxxxx
Agus Arifandi 1, M. Sulthon Masyhud 2, Trias Martha Anggraini3, M. L. (2012). Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 329.
Akbar, M. S. F., Satibi, O., & Hasanah, U. (2023). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PENERAPAN SILA PANCASILA BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN PPKN SEKOLAH DASAR. Kompetensi, 16(1), 160–167.
Dewi, D. G. M. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2024). Media Komik Digital Berbasis Kontekstual Muatan PPKn Materi Pengamalan Sila Pancasila untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(3), 318–326. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.78869
Fajriati, N., Yuliawati, E., Muttaqin, A., & Sari Dewi, R. (2025). Analisis Tantangan Ontologis, Epistemologi, Dan Aksiologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(2 SE-Artikel), 1648–1655. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2948
Najwa, A., Dewi, R. S., & Lestari, R. Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di SMA Negeri 3 Kota Serang. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1637–1646. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2809
Naufal, D., & Lucky, A. (2024). Analisis Kejahatan Siber Sniffing Pada Media Sosial Whatsapp ( Studi Kasus Kurir Paket Bodong ). 8(2), 373–384.
Ngazizah, N., & Laititia, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Komik Berbasis Budaya Lokal untuk Penguatan Karakter Sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1258–1263. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Novitriyani, K., Iswahyudi, D., & Yulianti. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS APLIKASI CANVA MATERI NILAI-NILAI PANCASILA. 10.
Putri, N. A. (2025). PENGARUH MEDIA E-KOMIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS 5A DI SD INPRES BTN IKIP I Nurul. 10, 167–186.
Reinita, R., Waldi, A., Zuardi, Z., S, F., Eliyasni, R., Anggraeni, A., & Syarif, M. I. (2024). Pelatihan Media Komik Digital: Tingkatkan Kompetensi Guru Realisasikan Profil Pelajar Pancasila. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(2), 249–254. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i2.721
Rosalina, A., Aka, K. A., & Handayani, A. D. (n.d.). Media E-Comic Strip Pada Materi Teks Narasi Siswa. 184–190.





