Membangun Jejak, Menggapai Puncak : Pengabdian Dalam Satu Langkah
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertema “Gerakan Membangun Jejak, Menggapai Puncak: Pengabdian Dalam Satu Langkah” dilaksanakan di kawasan wisata alam Puncak Kapu Sani-Sani, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka. Program ini bertujuan meningkatkan kesadaran ekologis masyarakat sekaligus memperkuat peran mahasiswa sebagai agen perubahan dalam menjaga kebersihan lingkungan. Metode kegiatan menggunakan pendekatan partisipatif dan edukatif yang melibatkan mahasiswa, masyarakat, dan pengelola wisata secara aktif dalam setiap tahap pelaksanaan. Kegiatan utama meliputi observasi lapangan, pembuatan serta pemasangan papan plang jalan sebagai media komunikasi visual bertema lingkungan, dan kegiatan pembersihan kawasan wisata melalui kerja bakti bersama. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan partisipasi masyarakat dan terbentuknya kesadaran kolektif untuk menjaga kebersihan lingkungan. Papan plang yang dipasang berfungsi efektif sebagai penunjuk arah sekaligus media edukasi yang menyampaikan pesan moral untuk mencintai alam. Selain menciptakan lingkungan yang bersih dan tertata, kegiatan ini juga menumbuhkan nilai gotong royong, tanggung jawab sosial, dan kepedulian bersama terhadap kelestarian alam. Program ini menjadi bentuk nyata implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi serta contoh praktik baik (best practice) pengabdian masyarakat berbasis lingkungan yang berkelanjutan.
References
Fadhilah, R., Hadi, A., & Noor, D. (2023). Visual Communication Strategies for Environmental Awareness in Public Spaces. Journal of Environmental Education Studies, 18(2), 55–68
Hidayat, R. , & Nuraini, S. (2021). Efektivitas media informasi visual dalam meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat perkotaan. Jurnal Pendidikan Dan Lingkungan, 12(2), 145–156.
Lestari, S. , Handayani, M., & Wibowo, T (2024). Community-Based Sustainability in Environmental Education Programs. International Journal of Community Development, , 7(1), 23–39.
Nugroho, A. , & Rahayu, S. (2023). Peran Mahasiswa dalam Gerakan Peduli Lingkungan Hidup di Masyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 101–109.
Prasetyo, & Widiatmoko. (2022). Desain Komunikasi Visual pada Media Informasi Lingkungan untuk Meningkatkan Kepedulian Masyarakat terhadap Sampah. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nusantara, 4(1), 33–44.
Putri, N. , & Kurniawan, R (2025). Sustainable Tourism and Local Empowerment: A Participatory Approach. Journal of Sustainable Development Research, 10(1), 77–91.
Rahmawati, I. , Ahmad, N., & Lestari, R (2023). Participatory Approaches in Community Empowerment for Environmental Preservation. Asian Journal of Community Research, 12(3), 145–160.
Santoso, R., & Hidayat, S. (2024). Strengthening Student Ecological Literacy through Community Service-Based Learning. Journal of Environmental Pedagogy, 9(1), 31–4, 9(1), 31–49.
Sudarmiani, S. (2022). Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Berkelanjutan Berbasis Ekologi Sosial. .Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 12(3), 145–153.
Sulastri, N., & Putra, R. (2023). Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam Pengabdian Lingkungan Berbasis Partisipasi Mahasiswa. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 5(1), 34-42.
Wulandari, E. , & Hidayah, M (2024). The Role of Community Participation in Strengthening Environmental Awareness. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 9(2) 88–99.





