Pendampingan Kegiatan Berbudidaya Ikan Sistem Akuaponik Dengan Penggunaan Pakan Mandiri Di Kampung Baru Palanro

  • Buana Basir, Mesalina Tri Hidayani, Mutemainna Karim Institut Teknologi dan Bisnis Maritim Balik Diwa
Keywords: pemeliharaan ikan, budidaya akuaponik, masyarakat mitra

Abstract

Kegiatan pemeliharaan ikan konsumsi bagi masyarakat mitra Kampung Baru Palanro belum lama digeluti. Pemeliharaan ikan yang terintegrasi dengan menanam sayur (akuaponik) dilakukan secara sederhana di atas kolam. Namun kegiatan pemeliharaan tersebut belum memberi hasil, ikan dan tanaman tidak bertumbuh dengan baik. Salah satu penyebab adalah belum adanya manajemen pemeliharaan yang baik dan teratur. Disamping itu biaya pakan juga menjadi salah satu hambatan di dalam pemeliharaan. Tujuan pelaksanaan kegiatan adalah untuk melakukan transfer teknologi ilmu pengetahuan berbudidaya ikan dan tanaman secara efektif dan efesien kepada ibu-ibu Kampung Baru Palanro. Tahapan kegiatan yang dilaksanakan sebagai solusi permasalahan, yaitu penyuluhan dan pelatihan berbudidaya sistem akuaponik dan pelatihan pembuatan pakan pellet ikan dengan memanfaatkan bahan lokal. Hasil kegiatan memberikan motivasi kepada masyarakat mitra untuk memanfaatkan pekarangan dengan berbudidaya akuaponik. Pengetahuan masyarakat mitra meningkat dari tidak tahu menjadi tahu berbudidaya system akuaponik, serta dari tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan membuat pakan pellet menjadi tahu dan terampil. Hasil budidaya ikan sebelumnya tidak menentu dari 1-3 kg ikan menjadi meningkat 5-10 kg. Kegiatan pemeliharaan ikan sudah berjalan dengan baik dan masyarakat mitra juga sudah dapat membuat pakan secara mandiri.

 

References

Agustina P.R., Nurhaenah N., Nurkholis M.S.M., Fahriantika T.F., dan Syafii A., 2022. Pentingnya Sosialisasi Pengembangan SDM dalam Mewujudkan Kemandirian Usaha di Shaza Foo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdi Laksana. Volume 3 Nomor 1: 11-20.

Elfrianto, 2016. Manajemen Pelatihan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal EduTech Vol. 2 No. 2:48-58.

Handajani H. dan Widodo W., 2010. Nutrisi Ikan. Umm Press. Malang. 265 Hal.

Nawawi, Sriwahidah, Jaya A. A., 2018. IbKIK Budidaya Ikan Nila Sistem Akuaponik. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 2 (1) : 37 – 43.

Nugroho RA, LT Pambudi, D Chilmawati dan AHC Haditomo. (2012). Aplikasi Teknologi Akuaponik pada Budidaya Ikan Air Tawar untuk Optimalisasi Kapasitas Produksi. Jurnal Saintek Perikanan 8(1) : 46 – 51. 3.

Rochdiani D., Kusumo R, A, B., Wiyono S. N., Qanti S. R., dan Sadeli A. H., 2018. Manajemen Usaha Home Industry Desa Sindangsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. Vol. 7, No. 1 : 51 – 55.

Tarigan D., Marbun P., Tarigan E. D. S., 2020. Persepsi Masyarakat dalam Pelaksanaan Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat di Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(2) : 122-127.
Published
2023-02-15
Section
Articles