Penjurian Lomba Keterampilan Siswa Tingkat Kabupaten Wonogiri Kelompok Teknologi Informasi & Komunikasi Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Siswa
Abstract
Penjurian Lomba Keterampilan Siswa(LKS) merupakan salah satu kegiatan yang diadakan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran siswa SMK. Proses dimulai dari tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional. Fokus kegiatan ini adalah di kabupaten Wonogiri, khususnya pada Kelompok Teknologi Informasi & Komunikasi bidang Web Technology dan IT Software Solution For Business. Peserta dalam kegiatan ini yaitu siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dari semua SMK di Kabupaten Wonogiri. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu mulai dari pendaftaran, seleksi awal, penentuan waktu pelaksanaan, penentuan kriteria penilaian, dan pelaksanaan penjurian. Capaian nilai akhir tertinggi pada bidang Web Technology yaitu 78 point, dan bidang IT Software Solution For Business yaitu 52 point. Hasil dari kegiatan ini yaitu terpilihnya peserta yang mewakili tingkat Kabupaten Wonogiri, sebagai peserta di tingkat provinsi dan nasional.
References
Dino Okta Mega Puspitasari, S. (2019). Strategi Pembinaan Kompetensi Siswa Sebagai Persiapan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Bidang Computer Numerical Control (CNC) Jurusan Teknik Pemesinan SMKN 5 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 1–12.
Helmud, E., & Sugihartono, T. (2019). Pelatihan Pembuatan Aplikasi Menggunakan Visual Studio Community 2017 Dan Android Studio Dengan Database Sql Server 2014. Jurnal Atmaluhur, 1(1), 9–13.
Muqorobin, M., Yudanto, B. W., & Ridwanullah, D. (2022). Pengabdian Sebagai Dewan Juri Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Web Technologies & IT Software Tingkat Kota Surakarta. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.29040/budimas.v4i1.4915
Oktafiandi, H., Ayuningtyas, P., Mauludin, L. A., Oktafiandi, H., Ayuningtyas, P., & Mauludin, L. A. (2022). Penjurian Lomba It Software Solution for Business Dalam Lomba Kompetensi Siswa Smk Kabupaten Purworejo Tahun 2021. Abdi Wina, 2(1), 1–9.
Pradana, A. I., Wijiyanto, & Saputro, E. P. (2022). Penggunaan Metode SAW dalam Sistem Penerimaan Beasiswa di Akper GSH Wonogiri. Prosiding Seminar Nasional Teknologi …, 249–253. http://ojs.udb.ac.id/index.php/Senatib/article/download/1895/1485
Puspresnas. (2023). Lomba Kompetensi Siswa Nasional Tahun 2023. https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/event/vokasi-dan-kewirausahaan/smk/lomba-kompetensi-siswa-nasional-tahun-2023-2023-smk
Rahman, M., & Azhari, M. (2022). Analisis Perbandingan Algoritma WP Dan TOPSIS Dalam Menentukan Kandidat Peserta Lomba Kompetensi Siswa. It (Informatic Technique) Journal, 10(1), 42. https://doi.org/10.22303/it.10.1.2022.42-55
Sitorus, J. H. P., & Tambunan, H. A. (2019). Pemilihan Peserta Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus : SMK Parbina Nusantara Pematangsiantar). Jurnal Bisantara Informatika, 3(1), 1–21. http://bisantara.amikparbinanusantara.ac.id/index.php/bisantara/article/view/6
Sopingi, Setyowati, R., & Purnomo, S. (2020). Pengembangan Web Service Digital Assessment Test of English for International Communication (TOEIC). Jurnal E-Komtek (Elektro-Komputer-Teknik), 4(1), 75–90. https://doi.org/10.37339/e-komtek.v4i1.232
Wildan Suharso, S. (2021). Pelatihan Jaringan untuk Persiapan LKS Tingkat Kabupaten dan Propinsi di SMK NUSA. BAKTIMAS, 3(4), 135–139.